Menjaga daya tahan tubuh di musim hujan

Di tahun-tahun seperti sekarang ini biasanya cuaca atau iklim di indonesia akan terasa dingin, hujan yang setiap harinya mengguyur  hingga malam hari mau tidak mau akan menjadi rutinitas baru kita yang harus dihadapi setiap tahunnya. Di musim hujan seperti ini biasanya akan menjadi pemicu datangnya berbagai penyakit.

Hal ini disebabkan karena tubuh dipaksa untuk beradaptasi dengan lingkungan yang dingin dan kelembapan udara yang berbeda dari biasanya. Penyakit yang menjangkit di musim penghujan ini tidak hanya menyerang orang dewasa, anak anak juga justru menjadi yang sangat beresiko.

Jika sudah seperti ini maka akan ada banyak penyakit yang rentan menyerang tubuh saat musim penghujan seperti flu, batuk, sesak napas, pilek, masuk angin, penyakit kulit hingga demam berdarah juga tak kalah menjadi daftar penyakit yang banyak dijumpai saat musim penghujan seperti ini.

Lalu hal apa yang harus kita lakukan untuk menjaga kekebalan tubuh agar tetap terjaga di musim penghujan ini?Di bawah ini adalah beberapa cara untuk menjaga kesehatan anda di musim penghujan seperti sekarang ini.

Cara menjaga kesehatan saat hujan

Mengkonsumsi Vitamin

Saat pergantian musim biasanya tubuh manusia harus beradaptasi lagi dengan cuaca yang baru,dan ini membutuhkan proses terlebih dahulu dan proses yang dijalani tersebut akan mempengaruhi kekebalan tubuh manusia. Untuk itu sangat di anjurkan mengkonsumsi vitamin terutama vitamin C.

Kandungan vitamin C ini bisa juga anda peroleh secara alami dari kandungan buah-buahan seperti buah jeruk, buah strowberry dan masih banyak lagi. Mengkonsumsi vitamin C secara rutin akan membantu kebutuhan vitamin C dalam tubuh terpenuhi, yang pada akhirnya akan meningkatkan fungsi sistem imun dalam tubuh.

Berolahraga

Di musim penghujan sebaiknya anda membiasakan diri untuk menggerakkan badan anda supaya tubuh anda bisa mengeluarkan keringat dan keringat ini membantu anda agar tubuh tetap dalam keadaan stabil. Jika anda malas berolahraga karena kedinginan maka lakukanlah olahraga yang ringan seperti lari ditempat(joging). Joging juga bisa dilakukan di dalam ruangan,walaupun anda tidak memiliki tredmill. Caranya adalah dengan lari di tempat.Karena llari di tempat adalah cara yang baik untuk pemanasan. Angkat lutut Anda lalu kembali ke lantai. Gerakan juga lengan anda seperti berlari jauh. 

Pola tidur

Pola tidur juga harus diperhatikan,karena biasanya di musim penghujan rasa kantuk sering datang meski pun pada siang hari,ini disebabkan karena udara yang begitu dingin,namun anda sebenarnya tidak perlu menghiraukan rasa kantuk tersebut. Sebaiknya ambillah waktu istirahat beberapa jam untuk mengembalikan energi anda dan tidurlah secukupnya. Karena tubuh yang mengalami porsi tidur yang berlebihan akan membuat tubuh menjadi lemas dan malas untuk melakukan aktivitas atau kegiatan yang biasa dilakukan sehari hari. Selain anda harus menjaga pola tidur anda juga dianjurkan untuk tidak begadang pada malam hari.

Memilih pakaian

Pada musim hujan sebaiknya anda menggunakan pakaian yang panjang dan tebal,fungsi dari pakaian tersebut untuk menjaga suhu tubuh agar tetap hangat dan tidak merasa kedinginan,terutama jika anda melakukan aktivitas di luar rumah. Jangan sesekali anda menggunakan baju pendek dan transparan saat musim penghujan selain baju tersebut kurang cocok baju pendek juga akan menyebabkan tubuh anda terasa lebih mudah dingin.

Minuman hangat

Di saat musim hujan tiba sebaiknya anda jangan meminum minuman dingin seperti es,karena itu akan menimbulkan penyakit pada perut anda seperti yang umum terjadi yaitu sakit perut.Lebih baik anda mengkonsumsi minuman hangat seperti teh,susu jahe,bajigur dan minuman hangat lainnya. Minuman minuman hangat alami tersebut jauh lebih baik dan dianjurkan karena akan menjaga suhu tubuh tetap hangat dan dapat membantu anda menghidari angin,batuk,pilek,dan menyegarkan tubuh karena mengandung bahan rempah alami.

Mencuci tangan

Meski musim hujan kita juga harus tetap menjaga kebersihan tangan dengan cara selalu mencuci tangan dengan sabun setelah beraktifitas atau memegang suatu barang.  Ini disarankan supaya tangan anda tetap dalam keadaan yang bersih dan jauh dari kuman atau bakteri,apalagi di musim hujan biasanya bakteri lebih banyak dan gampang ditemui.

Penyakit yang timbul saat musim hujan

Pada musim hujan pasti banyak penyakit yang ditimbulkan oleh bakteri atau faktor cuaca itu sendiri,dan penyakit pada musim hujan tidak dialami oleh orang orang dewasa saja,termasuk juga anak anak,karena saat musim hujan kesehatan semua orang bisa saja terganggu apabila daya tahan tubuh orang tersebut lemah terhadap cuaca,berikut adalah beberapa penyakit yang timbul saat musim hujan.

  • Diare

Pada curah hujan yang tinggi apalagi disertai dengan debu yang begitu banyak dan kotor akan membuat banjir dan tercemarnya lingkungan,makanan dan minuman sehingga makanan yang kita makan tercampur dengan kuman dan debu yang memicu timbulnya penyakit diare.

  • Flu

Ketika kita sering mengalami kelelahan dan mempunyai gejala seperti demam, kedinginan, nyeri otot, batuk dan disertai dengan nafsu makan yang menurun merupakan gejala bahwa anda mengalami infeksi virus influenza, untuk dapat menghindarinya anda dapat menjaga membiasakan mencuci tangan dengan baik dan benar sehingga memperkecil resiko infeksi virus pada musim hujan, hindari menyentuh mulut dan hidung terlalu sering pada musim hujan.

  • Tifus

Penyakit ini seringkali berada di dalam air yang kotor. Di dalam air kotor tersebut sangat banyak terdapat kuman salmonella typhosa, pemicu terjadinya tifus. Untuk dapat menghindarinya sebaiknya anda melakukan beberapa pencegahan diantaranya adalah memperhatikan makanan dan minuman yang di konsumsi,dan menghindari jajanan yang tidak sehat.

  • Penyakit kulit

Dapat berupa infeksi, alergi atau bentuk lain pada musim banjir maka masalah utamanya adalah kebersihan yang tidak terjaga baik. Seperti juga pada ISPA,dan tempat berkumpul orang banyak,misalnya di tempat pengungsian korban banjir, juga berperan dalam penularan infeksi kulit.

  • Demam berdarah

Pada saat musim hujan, biasanya akan terjadi peningkatan tempat perindukan nyamuk aedes aegypti yaitu nyamuk yang menular dan memicu datangnya penyakit demam berdarah.Hal ini dikarenakan pada saat musim hujan banyak sampah misalnya kaleng bekas,ban bekas serta tempat-tempat tertentu yang berisi air dan terjadi genangan untuk beberapa waktu.

Curah hujan yang meningkat akibat anomali cuaca, menyebabkan banyak lokasi rawan banjir. Sampah yang menumpuk, serta suhu udara yang cepat berubah memudahkan ketahanan tubuh menurun drastis. Berbagai penyakit pun siap mengintai, untuk itu anda harus lebih waspada dan menjaga daya tahan tubuh anda.

Jika sudah terinfeksi penyakit maka langkah yang harus dilakukan adalah mengatasinya dan lebih baik diatasi secara alami agar tubuh anda tetap terjaga dari gangguan efek samping yang sangat berbahaya bagi kesehatan anda. Di bawah ini adalah beberapa cara untuk mengatasi penyakit saat musim hujan.

Obat alami saat musim hujan

Obat alami madu

Madu yang dicampur dengan jintan hitam.Kedua paduan bahan alami ini mampu mengatasi pilek dan batuk yang diakibatkan oleh virus karena keduanya punya kemampuan untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan memperbaiki kerusakan jaringan tubuh.

Obat alami daun jambu biji

Obat herbal untuk mencret sudah banyak dimanfaatkan oleh orang indonesia sejak zaman dahulu karena memang kekayaan alam yang sangat berlimpah. Pastikan anda memilih bahan-bahan yang tepat serta disesuaikan dengan usia,karena tidak semua bahan cocok untuk segala usia

Obat alami temulawak

Mengkonsumsi temulawak sebaiknya di pagi dan sore hari. Potong satu genggam temulawak menjadi empat bagian. Lalu satu bagiannya di blender,kemudian disaring dan ditambah madu.

Di musim hujan seperti sekarang ini, daya tahan tubuh kita umumnya cenderung menurun. Akibatnya, kita jadi lebih mudah terserang penyakit. Flu, batuk, radang tenggorokan, hingga masuk angin akan mudah menyerang.

Upaya yang dilakukan agar tubuh kita tidak mudah sakit dengan cara selalu menjaga kesehatan dengan baik, demikian artikel tentang menjaga daya tahan tubuh saat hujan semoga bisa bermanfaat dan bisa menambah wawasan dan pengetahuan kita tentang berbagai macam penyakit.Terimakasih.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *