Menstruasi 2 Kali Sebulan ? Waspadai Gangguan Haid Polimenorea

Setiap wanita mengalami siklus dan periode haidnya masing-masing dan itu bisa berbeda. Namun siklus alami tersebut normalnya datang setiap 21 sampai 35 hari sekali dengan lama menstruasi yaitu 2 sampai 8 hari. Hal itu terjadi jika rahim tidak dibuahi sehingga mengharuskan lapisan endometrium rahim dilepaskan untuk diperbaharui. Bantuan menstruasi biasanya oleh hormon estrogen dan progesteron pada wanita. Gangguan haid biasanya terjadi jika ada penyebab tertentu seperti penyakit.

Polimenore merupakan gangguan haid yang terjadi pada wanita, dimana haid menjadi lebih sering terjadi, yaitu kurang dari 21 hari per-periodenya. Hal tersebut bisa menyebabkan wanita mengalami 2x menstruasi setiap 1 bulannya. Berbeda dengan oligeomenore, dimana siklus haid menjadi lebih jarang terjadi dan amenore dimana menstruasi berhenti selama beberapa bulan. Beda lagi dengan metrotragia yaitu pendarahan yang bukan menstruasi dan bisa jadi gejala dari suatu penyakit pada rahim.

Apa Saja Gejala Polimenore ?

Gejala dari polimenore mudah dikenali, jika anda mengalami gejala di bawah ini maka anda harus waspada dan segera periksakan diri anda ke dokter untuk mengetahui penyebabnya.

  • Menstruasi lebih dari 2 kali sebulan
  • Pendarahan selama menstruasi sangat banyak

Mungkin salah satu dari anda ada yang senang dengan kehadiran menstruasi polimenore karena anda menganggap hal ini berarti anda sangat subur. Namun sebenarnya tidak, pemikiran itu adalah salah. Gangguan haid seperti polimenore bisa memengaruhi kondisi kesehatan anda.

Apa Penyebab Polimenore ?

Biasanya hal ini karena adanya gangguan dari rahim wanita itu sendiri. Indung telur rahim (ovarium) kita memproduksi hormon progesteron dan hormon estrogen yang mana kedua hormon tersebut berperan penting bagi kesehatan rahim, janin, tubuh termasuk memancing siklus haid. Jumlah hormon tersebut haruslah seimbang. Pada saat jumlah hormon tersebut tidak seimbang, maka tentu saja akan memengaruhi keseimbangan tubuh anda.

Saat anda kekurangan hormon estrogen dan kelebihan hormon progesteron maka siklus haid bisa menjadi lebih sering (polimenore). Sedangkan jika anda kekurangan progesteron dan kelebihan estrogen anda bisa mengalami siklus haid yang jarang (oligomenore). Selain itu ketidak seimbangan hormon bisa menjadi penyebab beberapa penyakit berbahaya pada wanita.

Ketidak seimbangan hormon biasanya wajar dialami oleh wanita yang memasuki masa menopause, namun ini juga bisa terjadi pada wanita dalam masa produkif. Penyebab ketidak seimbangan hormon tersebut bisa terjadi karena :

  • Adanya masalah pada indung telur
  • Depresi atau stres
  • Mengalami penurunan badan drastis
  • Obesitas
  • Pemakaian obat – obatan
  • Akan mencapai masa menopause
  • Olahraga berlebihan

Namun polimenore juga bisa terjadi diluar ketidak seimbangan hormon misalkan karena penyakit kronis atau lebarnya banyak pembuluh darah yang terbuka pada saat haid dan tekanan intravaskular. Untuk mengetahui penyebabnya maka diperlukan diagnosis terlebih dahulu sebelum melakukan pengobatan.

Bagaimana Pengobatan Polimenore ?

Jika penyebab polimenore merupakan gangguan hormonal, maka dokter mungkin akan memberikan anda obat-obatan untuk menyeimbangkan kembali hormon anda. Sehingga bisa mengontrol pendarahan, gejala, komplikasi dan sebagainya.

Pengobatan polimenore biasanya di sesuaikan dengan usia dan kondisi pasien. Misalkan untuk wanita yang sudah menikah akan diberikan kontrasepsi kombinasi yaitu pil KB yang mengandung hormon estrogen dan progesteron.

Namun jika polimenore disebabkan oleh penyakit, maka dokter akan menghilangkan penyakit itu sendiri dengan pemberian obat, terapi, bahkan operasi. Setelah itu, mungkin siklus haid anda akan menjadi normal kembali.

Tetapi meski haid kembali lancar, biasanya obat kimia seringkali menimbulkan efek samping, yang mana efek tersebut akhirnya akan berimbas juga pada kesehatan anda yang tidak jarang menimbulkan munculnya penyakit lain pada tubuh.

Untuk mengantisipasi terjadinya hal tersebut, anda bisa menggunakan solusi lain yang lebih alami serta lebih efektif agar haid anda menjadi lebih lancar dan lebih teratur. Yakni dengan mengkonsumsi ramuan tradisional atau anda juga bisa mencari informasi mengenai bagaimana cara mengatasi haid yang tidak lancar dengan herbal.

Apa Komplikasi Yang Mungkin Terjadi ?

Karena banyak darah yang keluar bahkan bisa sampai dua kali terjadinya menstruasi, mungkin anda akan kehilangan banyak darah. Kehilangan banyak darah akan menyebabkan anda terkena anemia, bahkan anemia tidak bisa dianggap enteng. Kekurangan darah bisa menyebabkan organ lain seperti jantung atau paru meradang. Untuk itu, anda sebisa mungkin harus mencukupi kebutuhan zat besi anda agar kadar darah dalam tubuh bias tetap seimbang.

Kehilangan banyak darah juga bisa menyebabkan anda kesulitan untuk hamil atau beresiko tinggi keguguran. Gangguan hormon bisa sangat mempengaruhi rahim, akibatnya penyakit lain bermunculan.

Bagaimana Cara Menyeimbangkan Hormon ?

  • Sebaiknya kelola stres karena dapat membuat kerja jantung meningkat, memacu  adrenalin sehingga meningkatkan jumlah hormon kortisol yang dapat menyebabkan hipertensi, gangguan tiroid, dan penyakit lainnya bahkan stroke.
  • Olahraga sangat diperlukan untuik menyeimbangkan hormon. Olahraga harus dilakukan secara rutin, jangan sampai anda melakukan olahraga 1 kali dalam seminggu secara berlebihan. Ada baiknya jika anda melakukan olahraga setiap hari meskipun selama 10 menit sekali.
  • Istirahat 9 jam sehari sangat baik bagi tubuh, pastikan anda mendapatkan istirahat yang cukup agar tidak memancing reaksi tubuh. Istirahat juga membantu menormalkan detak jantung, menghilangkan stres dan menjaga keseimbangan tubuh.
  • Kurangi konsumsi kopi karena mengandung kafein yang dapat menstimulan hormon. Akan lebih jika anda mengurangi asupan kafein.
  • Diet bukan berarti tidak makan, tapi mengelola asupan nutrisi dan melengkapi kebutuhan tubuh dari makanan yang sehat seperti buah dan sayur. Hindari makanan olahan pabrik, dan makanan berkolesterol tinggi.

Terimakasih telah mengunjungi website kami, semoga bermanfaat đŸ™‚

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *