Menstruasi berhenti dengan mandi air dingin, apakah benar?

Air dingin bukan satu-satunya faktor yang menyebabkan periode menstruasi anda berhenti. Selama periode sistem reproduksi wanita sedikit lebih rentan terhadap infeksi, Itulah alasannya mengapa kebersihan pribadi harus di jaga. Periode menstruasi datang dengan beberapa masalah, dari kram, kembung, berkeringat, kelelahan, lekas marah dan gugup.

Maka dari itu di sarankan untuk mandi dengan menggunakan air hangat agar tubuh bisa steril dari kuman terutama pada bagian “organ intim” wanita. Berikut di bawah ini hal-hal yang dapat menghentikan periode menstruasi selain dari air dingin yang sudah di bahas terlebih dahulu dia tas tersebut :

1. Berenang menghentikan Menstruasi

Periode menstruasi tidak akan berhenti hanya karena anda berenang. Darah saat menstruasi hanyalah dicegah mengalir keluar dari tubuh karena counter tekanan air. Lapisan rahim akan terus menumpahkan darah dan darah akan kembali mengalir dengan normal setelah anda keluar dari air.

Posisi tubuh anda sambil berenang juga memberikan kontribusi untuk memperlambat atau menghentikan aliran darah saat menstruasi. Berenang horizontal atau mengambang di air mengurangi efek dari gaya gravitasi, yang mampu menarik aliran menstruasi bawah dan keluar dari tubuh seefektif biasanya jika anda berdiri tegak. Ini adalah persis mengapa anda akan menemukan periode anda kembali menjadi aliran normal setelah anda keluar dari air.

2. Olahraga menghentikan Menstruasi

Untuk wanita jika anda sedang dalam masa menstruasi sebaiknya tidak melakukan kegiatan olahraga. Olahraga yang di maksud adalah olahraga ekstrim karena olahraga yang ekstrim akan membutuhkan banyak tenaga serta akan memperburuk masa periode menstruasi anda. Untuk itu anda harus lebih berhati-hati jika sedang dalam periode menstruasi kemudian anda melakukan serangkaian olahraga berat.

Karena selain dapat membahayakan masa periode, olahraga berat untuk wanita juga bisa menyebabkan kram atau dismenore saat menstruasi bertambah parah.

3. Infeksi menghentikan Menstruasi

Infeksi memang tidak akan berdampak pada tingkat hormonal saat anda mengalami periode menstruasi. Tetapi mengalami infeksi dapat menyebabkan perdarahan dan akan membuat anda menjadi berpikir bahwa anda mengalami periode menstruasi lebih sering dari biasanya. “Infeksi bakteri, penyakit radang panggul, dan infeksi menular seksual dapat menyebabkan bagian dalam rahim anda menjadi meradang dan berdarah” adalah beberapa infeksi yang dapat menyebabkan menstruasi anda terhenti.

4. Rokok menghentikan Menstruasi

Wanita perokok akan mengalami periode lebih buruk dari wanita yang tidak merokok, karena menurut para peneliti di University of Massachusetts di Amherst, risiko untuk terkena periode yang lebih buruk serta masa PMS yang buruk juga.

Kemudian menurut peneliti rokok juga bisa mengubah kadar esterogen, progesteron, testosteron, dan hormon lain yang terlibat dalam pengembangan PMS. Wanita yang merokok juga memiliki siklus menstruasi yang lebih pendek dan tidak teratur jika dibandingkan dengan wanita non-perokok (perokok pasif).

Sudah jelas bukan bahwa rokok itu sangat berbahaya dan memiliki dampak yang amat buruk untuk kesehatan manusia, untuk itu bagi kalian yang suka merokok khususnya kaum wanita sebaiknya berhenti mulai dari sekarang karena rokok bisa mengakibatkan gangguan pada sistem reproduksi wanita yang nantinya akan berakibat fatal.

5. Berat badan menghentikan Menstruasi

Menurut Dr Lerner sel-sel lemak berlebih dapat mengakibatkan peningkatan kadar estrogen, yang pada akhirnya dapat menghentikan ovarium anda dari pelepasan telur. Sementara itu, lapisan endometrium akan terus menebal. “Wanita yang memiliki penyakit obesitas biasanya jarang mengalami masa periode menstruasi yang lama.”

Jika anda kelebihan berat badan dan terlalu banyak memiliki estrogen maka dalam jangka waktu panjang dapat meningkatkan risiko kanker ovarium. Untuk itu sangat di sarankan untuk anda yang memiliki berat badan berlebih sebaiknya anda harus bisa lebih mengatur porsi dan kebiasaan makan anda.

6. Stres menghentikan Menstruasi

Ketika anda berada di bawah tekanan stres dalam jangka waktu yang berkelanjutan dapat mengganggu produksi estrogen dan hormon reproduksi lainnya (suatu kondisi yang disebut hipotalamus amenore). Bila anda tidak memiliki banyak hormon estrogen, maka anda tidak dapat membangun dinding rahim dengan benar, dan sebagai akibatnya anda tidak bisa mendapatkan periode menstruasi.

Mengapa hal ini terjadi? Ini terjadi karena tubuh anda tidak mendapatkan comfort yang bagus dan subur. Hormon kortisol dan adrenalin adalah hormon yang sering menyebabkan stres.

7. Sakit menghentikan Menstruasi

Ketika anda sakit, tubuh anda berjalan melalui semua jenis kekacauan. Ini dapat menunda ovulasi karena tubuh anda tidak cukup baik untuk melepaskan telur. Dan ketika ovulasi anda tertunda, anda dapat mengalami periode menstruasi yang terlambat atau tidak mengalami periode menstruasi sama sekali.

Penyakit seperti flu dan pneumonia juga dapat memperlambat siklus periode menstruasi anda. Tingginya kadar stres juga dapat menekan sistem kekebalan tubuh , serta dapat meningkatkan risiko dari penyakit yang anda derita. Jika periode anda tiba-tiba berubah, tidak teratur, menjadi luar biasa berat, atau menghilang selama beberapa bulan, sebaiknya luangkan waktu untuk berbicara dengan dokter anda.

Meskipun beberapa hal yang mempengaruhi periode adalah pilihan gaya hidup atau masalah yang lainnya, karena ada medis yang lebih serius seperti sindrom polikistik ovarium (PCOS) dan endometriosis. Gangguan ini dapat mempengaruhi kehidupan sehari-hari anda, serta kesuburan masa depan anda, sehingga layak mendapatkan pemeriksaan lanjutan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *