Menurunkan Hipertensi (Darah Tinggi) Tanpa Obat

Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah kondisi dimana tubuh terlalu banyak menghasilkan sel darah merah. Saat tubuh terlalu banyak mendapatkan darah merah maka akan berakibat buruk bagi organ. Seperti halnya anemia yang bisa menyebabkan jantung lemah, hipertrensi akan menyebabkan jantung bekerja dengan keras. Jika kita saja lelah bekerja keras, apalagi jantung. Jantung akan berdetak cepat untuk menyesuaikan dengan jumlah darah dalam tubuh. Jika hal ini terus dibiarkan maka sewaktu-waktu akan menyebabkan listrik jantung menjadi rusak (koslet). Mungkin dalam listrik rumah koslet ini bisa di perbaiki, tapi jika jantung kita yang koslet maka 1 detik saja tidak berdetak akan menyebabkan kematian.

Terlalu banyak darah akan menyebabkan organ kewalahan dalam melakukan tugasnya dan kekurangan darah akan membuat organ tidak berdaya dalam melakukan tugasnya. Untuk itu, sebisa mungkin darah kita haruslah berada dalam tingkat normal, tidak lebih maupun tidak kurang. Jika kita tidak mau hal ini terjadi, maka kita harus selalu menjaga tekanan darah kita. Untuk itu, jika anda sudah menjadi salah satu penderita darah tinggi, saya akan memberikan tips mudah bagaiamana cara menurunkannya.

1). Timun
Dalam timun mengandung kadar mineral potassium yang tinggi. Hipertensi bisa di sebabkan oleh tingginya kadar sodium yang tersedia di dalam tubuh kita, dengan mengkonsumsi timun zat potassiumnya akan menormalkan tekanan darah dengan menetralkan sodium dalam tubuh kita. Selain itu, manfaat ketimun untuk kesehatan tubuh kita yang lainnya juga sangat banyak.

2). Tomat
Penelitian oleh Universitas Ben Gurion dengan menguji tomat sebagai penurun darah tinggi selama 16 minggu terhadap 31 orang penderita hipertensi. Hasil dari mengonsumsi ekstrak tomat selama 16 minggu menunjukkan bahwa tomat menurunkan rata-rata 10 poin tekanan darah sistolik (saat jantung berkontraksi) dan rata-rata 4 poin tekanan darah diastolik (saat jantung berelaksasi). Kadar likopen yang menjadi pewarna merah pada tomat di duga menjadi pemicu penurunan tekanan darah tinggi.

3). Jeruk
Dalam buah jeruk terkandung senyawa potassium dan serat yang tinggi. Vitamin Cnya mampu meningkatkan imun tubuh. Seperti timun, jeruk juga mampu menurunkan tekanan darah tinggi karena mengandung potassium. Selain jeruk, buah yang mampu menurunkan darah tinggi juga banyak seperti blewah, alpukat, pisang, kiwi, dan atau melon.

4). Mengkudu
Buah yang sangat pahit ini memiliki manfaat luar biasa bagi tubuh, kandungan nutrisinya seperti protein, mineral, vitamin dan seleniumnya yang tinggi mampu menyembuhkan berbagai macam penyakit dari penyakit kronis yang ganas maupun penyakit ringan.

5). Berry
Keluarga berry seperti strawberry, rasberry, blackberry, blueberry mampu memenuhi standar nutrisi harian kita. Nutrisi yang tercukupi akan menjauhkan kita dari berbagai macam penyakit. Kandungan potassium yang terdapat pada 1 mangkuk berry sangat efektif menurunkan tekanan darah tinggi.

6). Bawang Putih
Rempah ini bisa sangat membantu menyembuhkan darah tinggi. Selain itu bawang putih juga dapat mencegah terjadinya proses pembekuan darah dan mencegah komplikasi akibat hipertensi. Dalam bawang putih mengandung anti-oksidan yang tinggi dan zat alicin yang berfungsi menjaga fungsi jantung dan mencegah sel kanker.

7). Coklat murni
Dalam coklat hitam memiliki antioksidan yang tinggi dan sangat efekstif menurunkan tekanan darah tinggi. Coklat ini tidak seperti coklat yang sering kita temukan di swalayan atau toko serba ada, itu biasanya sudah dicampur dengan banyak gula.

8). Yoghurt
Minuman asam manis yang begitu menyegarkan ini mengandung banyak magnesium , kalium dan kalsium yang cukup tinggi sehingga sangat efektif menyembuhkan tekanan darah tinggi. Selain itu, yoghurt juga mengandung bakteri baik yang bisa melawan bakter jahat di usus sehingga mengurangi potensi kanker usus.

9). Ikan Salmon
Ikan yang tergolong kategori ikan mewah ini begitu diburu oleh banyak orang, mengingat rasanya yang lezat dan  tekstur yang lembut. Bukan hanya itu, ikan salmon segar mengandung banyak omega-3 dan lemak ikan yang baik akan menurunkan hipertensi dan menurunkan kolesterol jahat di dalam tubuh kita.

10). Gandum
Oatmeal dan roti gandum merupakan produk olahan yang bebahan dasar gandum. Gandum sangatlah baik karena mampu menyerap kolesterol jahat dan melancarkan pencernaan karena kaya akan serat. Selain itu, mengkonsumsi gandung juga sangat baik dan efektif dalam menurunkan tekanan darah tinggi.

11). Minyak Zaitun
Minyak zaitun merupakan minyak yang diekstrak dari buah zaitun. Dengan mengkonsumsi minyak zaitun dalam setiap menu makanan anda akan mengurangi kolesterol jahat dalam tubuh dan membantu menurunkan hipertensi. Minyak zaitun juga berguna untuk pengobatan lainnya, mengkonsumsi minyak zaitun tidak membuat anda gemuk tidak seperti minyak goreng kebanyakan.

12). Sayuran Hijau
Sayur yang berwarna hijau mengandung banyak nutrisi. Nutrisi tersebut sangat dibutuhkan oleh tubuh sehari-harinya. Nutrisi yang terdapat dalam sayuran hijau mampu menurunkan tekanan darah tinggi.

Nah untuk anda yang ingin menurunkan tekanan darah tinggi, anda bisa mengkonsumsi salah satu dari 12 alternatif obat tersebut. Ketahuilah, obat kimia merupakan obat keras yang akan berbahaya dan menimbulkan efek samping apabila di konsumsi dalam jangka waktu yang lama. Untuk itu, selalu pilih tanaman herbal untuk menyembuhkan penyakit anda. Sebelumnya terimakasih telah mengunjungi laman web kami, semoga bermanfaat 🙂

 

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *