Minuman yang lebih baik untuk tubuh, Kopi atau Teh?

Kopi adalah obat penting untuk mengatasi sakit kepala, hanya saja kopi lebih sering terdengar dengan kecanduan pada minuman. Ini mengapa alasannya teh lebih baik dan sehat untuk tubuh anda, tetapi apakah benar teh lebih baik untuk anda ? Mungkin anda masih ragu dan bertanya-tanya. Di artikel ini anda akan mengetahui mana yang lebih baik dari keduanya!

Kafein dan Kesehatan

Kafein hadir pada keduanya. Teh dan kopi memiliki efek untuk kesehatan tubuh.  Linus Pauling Institute melaporkan bahwa 8 ons cangkir kopi mengandung kafein sebanyak 72 sampai 130 miligram. Sedangkan teh hitam memiliki kandungan 42 sampai 72 miligram kafein dan teh hijau memiliki kandungan 9 sampai 50 miligram kafein didalamnya. Kafein dapat menyebabkan perut menjadi mulas, memiliki masalah dengan tidur dan kecemasan serta dapat meningkatkan tekanan darah. Orang-orang yang sensitif dengan kafein mungkin akan sangat bereaksi meski kandungan kafein yang mereka minum dalam jumlah yang relatif sedikit.

Kopi dan Teh

Kopi dapat menurunkan risiko terkena diabetes, stroke, penyakit Alzheimer dan kanker prostat, tetapi dapat meningkatkan risiko batu empedu. Di sisi lain, Linus Pauling Institute mencatat bahwa teh dapat melindungi tubuh terhadap penyakit jantung, baik teh hijau maupun teh hitam karena keduanya sangat efektif. Teh hijau melindungi tubuh terhadap stroke dan teh hitam melindungi tubuh terhadap osteoporosis. Institut mencatat bahwa teh telah ditemukan untuk menghambat pertumbuhan bakteri yang menyebabkan kerusakan gigi. Teh hijau juga dapat berinteraksi dengan beberapa obat, terutama darah tipis Coumadin, dan teh dapat menghambat penyerapan zat besi dari sumber-sumber non daging.

Manfaat Kopi dan Teh

Kopi dan teh memiliki manfaatnya masing-masing untuk kesehatan tubuh manusia. Namun, di balik manfaat dari keduanya akan ada salah satu yang lebih baik. Para peneliti telah terfokus dengan manfaat yang di ambil dari kopi karena beberapa studi banyak menunjukkan bahwa kopi memiliki kemampuan untuk menyembuhkan penyakit dimensia, alzheimer, atau bahkan diabetes tipe 2 misalnya. Kopi memiliki kandungan yang lebih tinggi daripada teh, yang berarti kopi memiliki tingkat stimulan yang tinggi untuk menyembuhkan penyakit asthma dengan relaksasi saluran paru-paru. Kafein juga membantu dalam konstriksi pembuluh darah di otak dan mengurangi migrain. Jadi jika anda punya sakit kepala yang buruk, mengambil beberapa Advil dengan kopi dan makanan mungkin bisa membantu anda.

Disisi lain, teh memiliki antioksidan dan berpotensi dapat melawan kanker. Menurut National Cancer Institute di NIH, teh mengandung senyawa polifenol yang dapat membantu dalam pencegahan kanker. Apakah teh yang sebenarnya mengurangi risiko kanker? meskipun tidak cukup, namun telah dipelajari untuk menyimpulkan bahwa teh sering dianggap sebagai minuman terapi atau obat yang memiliki kedua sifat yaitu menenangkan dan meremajakan.

 Alasan konsumsi Kopi dan Teh

1. Kaya Antioksidan. Teh kaya akan senyawa alami tanaman yang disebut polifenol. Salah satu katekin paling kuat adalah epigallocatechin-3-gallate (EGCG), yang telah terbukti memberikan dampak positif sejumlah penyakit dan kondisi. Sementara teh hijau merupakan sumber yang kaya katekin, teh hitam merupakan sumber yang kaya tanin, yang juga memiliki sifat antioksidan kuat.

2. Berat badan. Kopi dapat membantu anda untuk menurunkan berat badan. Penelitian telah menunjukkan bahwa kandungan kafein dalam kopi dapat membuat nafsu makan anda sedikit berkurang sehingga ini menjadi kabar baik untuk mereka yang ingin menurunkan berat badan.

3. Menurunkan dimensia. Kandungan kafein dalam kopi dapat membantu menurunkan penyakit dimensia. Selain itu, kandungan kafein pada kopi dapat merangsang otak. Penelitian juga menunjukkan kafein yang terdapat pada kopi dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh pada saat cuaca dingin terutama (musim hujan).

 Pertimbangan dan Peringatan

Sementara kopi atau teh tidak akan menimbulkan masalah bagi kebanyakan orang. Namun, ada satu pengecualian. Dr. van Dam menyarankan wanita hamil tidak boleh minum lebih dari satu cangkir kopi per hari.  Karena akan berpotensi untuk terjadinya keguguran dan memiliki efek pada janin sehingga membuat kopi berisiko jika dikonsumsi dalam jumlah yang lebih tinggi. Kopi maupun teh harus dianggap sebagai obat mujarab untuk masalah kesehatan. Manfaat yang akan paling menguntungkan tergantung pada masalah kesehatan tertentu.

Seperti apapun minuman yang mengandung kafein, kopi dan teh sebenarnya dapat meningkatkan tingkat kecemasan pada seseorang. Selain itu, kopi dan teh juga dapat menyebabkan insomnia, jantung berdebar, gelisah dan rasa mual. Jumlah tinggi konsumsi kopi juga telah dikaitkan dengan meningkatnya kolesterol jahat dalam tubuh, sedangkan teh yang mengandung fluoride akan sangat baik untuk kesehatan gigi anda, namun jika di konsumsi terlalu banyak dapat menyebabkan kerapuhan pada tulang serta dapat menyebabkan terjadinya penyakit osteoporosis.

Bagaimana, apakah anda masih ragu dengan kopi yang lebih sehat dari teh ? Atau bahkan anda tidak percaya dengan manfaat kopi yang baik untuk tubuh? Anda bisa mencari tahu sendiri manfaat dari kopi. Kopi tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan, kopi juga memiliki manfaat lain, yaitu manfaat kopi untuk kecantikan bisa anda dapatkan dari kopi. Untuk kalian pencinta kopi mungkin ini adalah kabar baiknya bahwa ini adalah salah satu alasan mengapa mitos kopi yang tidak harus di percaya lagi. Karena kopi memiliki manfaat yang baik dan penting untuk tubuh.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *