Pengaruh dari penyakit Diabetes Pada Tubuh

Setelah anda makan atau minum, tubuh anda mengubah gula dalam darah menjadi glukosa. Glukosa yang terdapat pada aliran darah anda mengubahnya menjadi energi. Untuk melalui proses ini, pankreas perlu menghasilkan hormon yang disebut dengan insulin.

Pada orang yang menderita penyakit diabetes, biasanya mereka hanya sedikit menghasilkan insulin atau sama sekali tidak menghasilkan insulin dan tidak dapat di gunakan secara efektif. Hal tersebut dapat meningkatkan kadar glukosa darah meningkat sementara sel-sel dalam tubuh anda akan diambil oleh energi yang sangat dibutuhkan tubuh. Berikut di bawah ini adalah pengaruh yang di sebabkan oleh penyakit diabetes pada tubuh anda.

Sistem Sirkulasi

Kurangnya aliran darah dapat mempengaruhi tangan dan kaki. Sirkulasi yang buruk dapat menyebabkan nyeri pada betis ketika anda sedang berjalan. Orang dengan penyakit diabetes sangat rentan dengan penyakit pada kaki karena pembuluh darah menyempit di kaki dan tangan.

Kaki anda mungkin akan terasa dingin karena tidak adanya sensasi untuk merasakan panas. Diabetes dapat meningkatkan risiko anda untuk terkena penyakit hipertensi dan memberikan tekanan pada jantung sehingga menyebabkan anda untuk terkena penyakit jantung.

Diabetes juga meningkatkan risiko mengembangkan infeksi atau ulkus kaki. Aliran darah yang buruk dan kerusakan saraf dapat meningkatkan kemungkinan terjadinya amputasi kaki. Jika anda memiliki diabetes, sangat penting untuk anda bisa memeriksa dan merawat kaki.

Ketika penderita diabetes mengalami kerusakan di kaki maka hal tersebut sangat berbahaya karena dapat menyebabkan kaki harus di amputasi. Oleh sebab itu, untuk penderita diabetes sebaiknya harus lebih berhati-hati dan lebih mengetahui berbagai informasi yang berkaitan dengan diabetes,seperti perbedaan diabetes dan penyakit diabetes tipe 2 atau bahkan ada fakta yang tidak kamu ketahui tentang diabetes sebelumnya.

Sistem saraf pusat

Penyakit diabetes dapat menyebabkan terjadinya kerusakan saraf yang dapat mempengaruhi presepsi anda dari panas, dingin dan rasa sakit sehingga membuat anda lebih rentan untuk terkena cedera.

Cedera yang di akibatkan oleh penyakit diabetes biasanya terjadi pada tumit, jari-jari kaki dan bagian bawah kaki. Pembuluh darah yang bocor akibat penyakit diabetes juga dapat merusak penglihatan bahkan bisa menyebabkan kebutaan pada mata anda.

Penyakit diabetes juga dapat berkembang menjadi glaukoma yang gejala awalnya cenderung lebih ringan. Gejala yang biasanya terjadi adalah bintik-bintik pada bagian visi. Kerusakan saraf yang terjadi akibat penyakit diabetes sering kita kenal dengan neuropati diabetes.

Sistem Pencernaan

Pankreas memproduksi dan melepaskan insulin untuk membantu membuat energi dari gula. Jika pankreas anda menghasilkan insulin sedikit atau tidak menghasilkan insulin sama sekali, bahkan tubuh anda tidak dapat menggunakan hormon yang digunakan untuk mengubah lemak menjadi energi.

Hal ini dapat menciptakan tingkat tinggi bahan kimia beracun, termasuk asam dan badan keton, yang dapat menyebabkan kondisi yang disebut ketoasidosis diabetikum. Ini merupakan komplikasi serius dari penyakit diabetes.

Gejala yang termasuk yaitu haus yang ekstrim, buang air kecil yang berlebihan, dan kelelahan. Napas anda mungkin memiliki aroma manis yang disebabkan oleh peningkatan kadar badan keton dalam darah. Kadar gula darah tinggi dan kelebihan keton dalam urine juga dapat mengkonfirmasi ketoasidosis diabetikum. Jika tidak diobati bahkan diobati dengan cara yang salah, kondisi ini dapat menyebabkan hilangnya kesadaran atau bahkan kematian.

Sistem Integumen

Diabetes juga dapat mempengaruhi kulit anda, kurangnya kelembapan pada kulit anda maka kulit kaki dan tangan biasanya akan kering dan retak. Sebuah kondisi yang disebut dermopathy diabetes dapat menyebabkan bercak coklat pada kulit.

Tidak ada alasan untuk kekhawatiran tersebut dan tidak diperlukan perawatan. Xanthomatosis yang terjadi pada kulit yang terkena dermopathy diabetes dapat menyebabkan benjolan kuning keras dengan bentuk bulat seperti cincin dan berwarna merah.

Digital sclerosis menyebabkan kulit tebal, paling sering pada tangan atau kaki. Kedua kondisi kulit ini adalah tanda-tanda diabetes unmanaged. Keduanya dapat dibersihkan ketika anda mengontrol gula darah. Ketika anda mengalami dermopathy diabetes kemungkinan besar anda akan mengalami infeksi mengembangkan infeksi tersebut, biasanya sering terjadi pada ketiak, paha, kaki, dan sudut-sudut mulut yang biasanya mengalami gejala gatal-gatal, terik dan kemerahan.

Sistem Reproduksi

Hormon-hormon yang mengalami perubahan pada saat kehamilan dapat menimbulkan terjadinya penyakit gestational diabetes. Selain itu juga dapat meningkatkan risiko penyakit precclampsia dan hipertensi. Untuk lebih jelas mengetahui penyakit gestational diabetes sebaiknya anda harus lebih memahami tanda dan gejala dari gestational diabetes.

Karena dari kebanyakan kasus gula darah pada saat gestational diabetes akan kembali turun setelah anda melahirkan. Namun, dapat menyebabkan infeksi yang berulang pada vagina dan kantung kemih. Ketika wanita di diagnosa memiliki penyakit gestational diabetes sebaiknya harus selalu di pantau karena dapat mengembangkan penyakit menjadi penyakit diabetes tipe 2 pada waktu sepuluh tahun mendatang.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *