Pengobatan Alami Dan Pencegahan Angina (Sakit Dada)

Angina atau angin duduk biasa di kaitkan dengan masalah kesehatan organ yang ada di dalam atau disekitar dada, seperti jantung, paru, hati atau lainnya. Namun kebanyakan masalah angina ini dikaitkan dengan adanya penyakit jantung. Saat mengalami hal ini tentunya kita tidak akan nyaman dan sering merasa tersiksa bukan ? Sakit yang datang tiba – tiba serasa tertusuk, diremas atau ditekan di area dada. Apalagi saat bernapas, sakit akan lebih terasa seperti ada yang meremas organ di area dada kita.

Sakit tersebut sering kali datang berulang – ulang, kondisi ini berbeda dengan serangan jantung. Serangan jantung merupakan hal yang fatal karena adanya kerusakan pada jantung, sedangkan angina merupakan gejala yang bersifat sementara. Namun perlu diketahui, gejala angina bisa mirip dengan masuk angin biasa, dan terkadang tidak terdeteksi penyakitnya. Bahkan ada yang sampai meninggal karena penyakit ini. Untuk itu, kita harus tetap waspada dan sensitif terhadap kesehatan tubuh kita. Setelah mengetahui penyebab dan gejala lain yang menyertai angina, sekarang kita akan membahas cara penuntasannya.

Apakah Angina Bisa Sembuh ?

Jawabannya, bisa. Why not ? Selama masih ada kemauan dan usaha tidak ada yang tidak mungkin. Lalu bagaimana menyembuhkannya ? Berikut pilihannya :

1). Kunyit dan Jahe adalah obat herbal yang bisa mengatasi peradangan. Antioksidan dari kunyit mampu menghambat pertumbuhan kanker, menjaga pembuluh darah, mengurangi oksidasi kolesterol, penumpukan plak dan pembentukan bekuan darah. Biasanya saya mengolah kunyit di campur jahe kemudian di blender dengan gula merah. Bisa juga diparut atau direbus. Tidak perlu mengkonsumsi keduanya, bisa jahe saja atau hanya kunyit.

2). Alfafa dan Biji Fanugreek adalah tanaman yang bermanfaat untuk menurunkan kolesterol, melancarkan aliran darah, melindungi pembuluh darah. Caranya seduh Alfafa atau Biji fanugreek dan minum, insyaalloh cepat sembuh.

3). Bawang putih dapat menjaga dan mencegah penyakit berbahaya seperti kanker, atau penyakit oleh mikroba. Mengkonsumsi bawang putih bisa melancarkan peredaran darah, menjaga fungsi organ, menurunkan kadar kolesterol jahat dsb. Dengan manfaat tersebut anda bisa mengatasi nyeri dada yang anda derita, bonusnya anda terhindar dari penyakit kronis berbahaya mematikan. Caranya telan 1 atau ½ siung bawang putih, jangan kebanyakan karena bisa menyebabkan darah encer, dan jangan kunyah karena bisa berefek panas atau tidak enak pada mulut.

4). Kemangi mengandung senyawa magnesium (bukan maknae sium :D) yang membantu meningkatkan aliran darah dan membantu pembuluh darah lebih rileks. Antioksidan dan vitamin A nya, mampu mencegah penumpukan lemak di pembuluh darah dan membuangnya jauh – jauh dari tubuh.

5). Kacang – kacangan merupakan makanan ringan yang keren karena membantu mengurangi kolesterol dalam darah, juga membantu kesehatan jantung. Anda bisa mengkonsumsi salah satu dari sekian kacang – kacangan, namun jangan digoreng, direbus lebih baik. Selain itu, oat dan ikan salmon juga bisa mengurangi penyakit jantung karena mengandung omega 3.

Apa Yang Harus Dilakukan Saat Terjadi Sakit Dada ?

Jangan panik ! Jika anda merasakan sakit dada dimana saja, maka pertolongan pertama yang harus dilakukan adalah minum air putih. Itu bisa langsung meredakan sakit dada anda (menurut pengalaman saya). Jika anda sedang di luar rumah maka anda harus mencari tempat duduk dan atur pernafasan anda sedikit – sedikit setelah minum. Namun jika anda sedang di rumah akan lebih baik jika anda berbaring dan beristirahat sejenak untuk membuat jantung kembali rileks.

Bagaimana Mencegah Angina ?

Hindari pemicunya ! ah tidak itu terlalu singkat ! Berikut langkah – langkahnya :

1. Perbaiki gaya hidup. Jika sebelumnya anda merokok maka hentikanlah aktivitas tersebut karena sesungguhnya kemerdekaan ialah hak segala bangsa. Dengan tidak merokok, anda bisa bebas dari penyakit dan orang – orang disekitar anda bisa bebas menghirup udara segar, sehingga tidak terganggu. Juga, anda tidak boleh mengkonsumsi alkohol dan narkoba karena itu berbahaya, tidak untuk di konsumsi.

2. Jangan melupakan olahraga, ini penting ! Olahraga merupakan kegiatan yang harus dilakukan dan menjadi aktivitas rutin anda. Pastikan anda berolahraga ringan setidaknya 10 menit perhari. Itu lebih baik dari pada anda berolahraga berlebihan untuk membooster 1 minggu penumpukan lemak dan racun di tubuh anda, yang hasilnya akan menjadi percuma. Salah – salah anda mengalami hal yang tidak diinginkan.

3. Cukupi kebutuhan nutrisi harian anda. Anda mempunyai kewajiban untuk memenuhi kebutuhan jasmani, dan rohani. Saat anda lapar tentunya anda akan makan apa saja asal kenyang, tapi itu tidak benar. Anda harus memikirkan organ tubuh dan sel – sel tubuh anda yang juga memerlukan makanan, dan makanan kesukaan mereka adalah makanan alami dengan pemenuhan nutrisi. Dengan begitu organ dan sel tubuh anda tidak akan menghianati anda.

4. Kebutuhan rohani juga penting, yaitu dengan menghindari stres, tetap berfikir positif dan ceria. Bahagia bisa melepaskan hormon – hormon yang baik bagi tubuh, dan mengurangi hormon yang merugikan tubuh. Oleh karenanya anda harus mengelola emosi anda dengan meditasi, olahraga, mengkonsumsi makanan sehat dan bersosialisasi atau melakukan hobi.

Nah mudahkan ? Terimakasih atas kunjungan anda ke website kami, semoga bermanfaat 🙂

 

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *