Pengobatan Alami untuk PMS (Premenstrual Syndrom)

PMS adalah kondisi umum yang dapat diobati dengan obat tradisional. Premenstrual syndrom terjadi dalam 7 sampai 10 hari sebelum menstruasi. Hal ini dapat terjadi karena disebabkan oleh fluktuasi dalam keseimbangan hormon esterogen dan progesteron.

Gejalanya sering kali meliputi gugup, lekas marah, turunnya emosi, depresi dan rasa sakit di dada. Faktor lainnya seperti makanan yang buruk, stress, indeks massa tubuh yang tinggi dan faktor keturunan juga berkontribusi terhadap masalah ini.

Meski tidak ada obat yang nyata untuk mengatasi PMS, tetapi anda dapat mengikuti beberapa pengobatan rumah alami ini. Selain sangat mudah sekali untuk dilakukan, anda juga dapat mengurangi rasa sakit yang timbul ketika PMS menghampiri tubuh anda. Berikut adalah pengobatan alami untuk PMS (Premenstrual Syndrom).

Pengobatan alami Premenstrual Syndrom

Gunakan Jahe

Jahe adalah ramuan alami untuk mengatasi masalah haid termasuk kram, PMS, dan menstruasi yang tidak teratur. Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal Internasional Ilmiah menemukan bahwa jahe mengandung bahan yang efketif untuk mengurangi keparahan dari gejala PMS.

  • Tambahkan 1 sedok teh, jahe yang sudah di parut ke dalam satu cangkir air mendidih.
  • Biarkan selama beberapa menit.
  • Saring dan tambahkan campuran madu secukupnya.
  • Minum 2 sampai 3 cangkir, teh jahe ini. Setidaknya selama satu minggu sebelum haid setiap hari.

Jika anda memiliki masalah dengan batu empedu, sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu. Sebelum anda menggunakan jahe untuk mengatasi PMS anda.

Gunakan Kayu manis

Kayu manis atau cinnamon ini memiliki sifat anti inflamasi dan antipasmodic kuat yang dapat membantu meringankan gejala PMS seperti kram. Selain itu, kayu manis juga mengandung nutrisi seperti kalsium, mangan dan juga zat besi. Cinnamon juga sangat baik untuk pencernaan serta untuk mengontrol gula darah.

  • Tambahkan 1/2 sampai 1 sendok teh bubuk kayu manis untuk secangkir air mendidih. Kemudian, tambahkan campuran susu dan sedikit madu. Biarkan mendidih selama beberapa menit. Lalu anda bisa langsung meminumnya dan jangan lupa untuk rutin meminumnya.
  • Anda juga bis memasukkan kayu manis dalam diet, dengan menambahkan kayu manis ke berbagai masakan dan makanan yang anda konsumsi.

Gunakan Ginkgo biloba

Ginkgo biloba telah dikenal dan dipelajari untuk meningkatkan sirkulasi darah dan memori otak manusia. Hal terbaik lainnya adalah bahwa ginkgo biloba juga telah ditunjuk untuk mengatasi gejala dari PMS. Terutama ketika nyeri payudara datang menghampiri tubuh anda.

Gunakan 40 miligram ekstrak ginkgo biloba dan nikmati 3 kali sehari, dalam waktu 16 hari ketika PMS dan 5 hari setelah melewati masa PMS. Secara keseluruhan ginkgo biloba dan plasebo dapat mengurangi gejala dari PMS, tetapi ginkgo biloba lebih besar pengaruhnya dibandingkan dengan penggunaan plasebo.

Gunakan Cuka sari apel

Cuka sari apel dapat membantu dalam mengatasi dan mengobati berbagai macam penyakit. Hal ini juga sangat baik untuk mengurangi gejala dari PMS. Seperti kembung, kram, sakit kepala, mudah marah dan rasa kelelahan yang berlebihan ketika premenstrual syndrom. Cara yang dapat anda lakukan untuk menggunakan cuka sari apel ini sangat mudah, berikut adalah cara yang dapat anda gunakan.

  • Campurkan 1 sampai 2 sendok teh, cuka sari apel yang mentah tanpa filter ke dalam satu gelas air.
  • Kemudian, jangan lupa tambahkan juga madu organik sedikit (madu yang masih asli tanpa campuran)
  • Jika keduanya sudah dicampurkan, maka anda bisa langsung untuk meminumnya.
  • Lakukan kegiatan ini 1 sampa 2 kali dalam sehari.

Gunakan Teh Hijau

Mengkonsumsi teh herbal dapat sangat bekerja untuk mengatasi gejala dari PMS. Anda bisa meminum teh hijau sebelum anda tidur. Minum 2 cangkir teh hijau tidak akan menyebabkan timbulnya komplikasi kesehatan bahkan selama menstruasi. Teh hijau berfungsi untuk menjaga kadar zat besi darah dan kadar hemoglobin dalam batas normal.

  • Anda dapat meminum 3 cangkir teh hijau setiap hari. Tetapi, sebaiknya batasi diri anda hanya dengan 2 cangkir sehari selama menstruasi anda.
  • Minum teh hijau juga dapat meningkatkan metabolisme anda secara keseluruhan dan membuat anda menjadi lebih aktif.
  • Teh hijau memiliki kafein yang sedikit jika dibandingkan dengan teh biasa atau teh herbal lainnya.

Pernyataan-pernyataan tersebut telah membuktikan bahwa memang teh hijau dapat dijadikan teh herbal sebagai pengobatan alami untuk PMS. Tidak hanya PMS, anda juga bisa mengatasi masalah berat badan dengan teh hijau.

Saran tambahan yang direkomendasikan

  1. Batasi asupan garam karena dapat berkontribusi untuk retensi air dalam tubuh
  2. Kurangi asupan makanan olahan dan gula halus
  3. Ikuti diet rendah lemak
  4. Makan makanan yang kaya dengan vitamin B. Karena banyak penelitian yang menunjukan bahwa makanan yang kaya dengan vitamin B dapat mengatasi gejala dari PMS.
  5. Sertakan lebih banyak serat dalam makanan yang anda konsumsi. Karena dapat mempromosikan esterogen, wortel mentah akan sangat bermanfaat untuk anda.
  6. Hindari minuman beralkohol dan kafein. Lebih baik perbanyak minum air mineral
  7. Olahraga teratur dan hindari stress. Karena keduanya dapat mengurangi gejala dari premenstrual syndrom.

Caritahu juga penyebab dari premenstrual syndrom agar anda dapat mencegah faktor-faktor dari penyebab tersebut. Yakinkan juga diri anda bahwa olahraga akan sangat baik bagi tubuh, bahkan selama masa periode dan hari-hari sebelum anda menstruasi. Tetapi perlu diingat bahwa anda jangan sesekali terlibat dalam olahraga yang berlebihan apalagi ketika sedang menstruasi.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *