Pengobatan dan dampak penyakit katarak

Mata adalah salah satu organ tubuh manusia yang paling penting, karena fungsinya untuk melihat, dan jika mata anda mengalami katarak tentu anda akan merasakan gangguan penglihatan pada mata anda. Katarak adalah suatu penyakit yang disebabkan akibat lensa mata yang biasanya bening berubah menjadi keruh. Lensa mata yang bersifat transparan yang berada di belakang pupil berfungsi untuk memfokuskan cahaya pada lapisan retina mata. Katarak tidak menimbulkan rasa sakit dan penyakit ini merupakan penyakit umum yang biasa terjadi.

Gejala katarak

  • Mata lebih sensitif terhadap cahaya
  • Terdapat kabut pada mata sehingga mengganggu penglihatan
  • Apa pun yang dilihat oleh mata akan menjadi ganda
  • Tidak jelas untuk melihat warna
  • Lensa kacamata yang sering berubah
  • Mata terlihat kuning
  • Penglihatan kurang tajam pada malam hari
  • Saat gelap mata terasa ada yang mengganggu

Penyebab katarak yang umum terjadi belum diketahui dengan pasti. Pengertian yang lainĀ  menurut para ahli menyebutkan katarak adalah suatu keadaan patologik lensa di mana lensa menjadi keruh akibat dehidrasi cairan lensa, atau denaturasi protein lensa. Kekeruhan ini terjadi akibat gangguan metabolisme normal lensa yang dapat timbul pada berbagai usia tertentu (iwan, 2009).

Hal hal yang menjadi penyebab katarak

  1. Mata terlalu sering terpapar sinar matahari yang menyebabkan mata menjadi terasa silau dengan cahaya
  2. Memiliki suatu penyakit tertentu yang menyebabkan mata terkena dari efek samping obat yang di konsumsi
  3. Faktor keturunan
  4. Pernah memiliki suatu penyakit yang berhubungan dengan mata
  5. Sering mengkonsumsi minuman yang berakohol atau minuman keras
  6. Kebiasaan merokok setiap hari
  7. Faktor usia
  8. Radiasi ultra violet secara langsung pada mata
  9. Kurangnya asupan gizi dan vitamin untuk mata
  10. Tidak memperhatikan kesehatan mata

Di indonesia sendiri penyakit ini menjadi sorotan berbagai lembaga yang ikut berpartisipasi dalam menangani penyakit katarak. Pengobatan katarak yang ampuh juga banyak di cari oleh penderita katarak, seperti operasi mata atau menggunakan cara yang tradisional untuk tetap menjaga mata agar sehat kembali, di bawah ini adalah bagaimana langkah untuk mengobati katarak secara tradisional.

Pengobatan katarak

Salah satu pencegahan untuk penyakit katarak pada mata adalah dengan seringnya mengkonsumsi makan yang mengandung vitamin C dan vitamin E juga sangat di perlukan, karena bisa membuat penglihatan terasa lebih jelas.

Tomat

Kandungan nutrisi, tembaga dan vitamin C yang terdapat dalam buah tomat mampu membantu proses penyembuhan penyakit katarak pada mata, kandungan tembaga yang terdapat dalam buah tomat membantu untuk memproduksi melanin, dan pigmen hitam yang dibutuhkan oleh mata.

Buah Naga Putih

Manfaat dari buah naga putih tidak hanya sebatas menurunkan kolesterol saja, buah naga putih juga mampu menjaga kesehatan mata anda yang sangat mudah sekali terganggu akibat dari aktivitas harian Anda yang lebih banyak berada di depan layar komputer untuk mencegah terjadinya katarak yang bisa menjadi penyebab kebutaan pada seseorang.

Mengkonsumsi bawang putih

Bawang putih mengandung sulfur dan glukosinates yang bisa menjadi bahan anti oksidan untuk mata dan melawan radikal bebas yang sering menyerang makula dan lensa mata yang sering menjadi salah satu penyebab terjadinya katarak.

Mengkonsumsi sayur bayam

Bayam adalah sayuran hijau yang bermanfaat untuk mata, karena bayam akan mengembalikan kesehatan makula mata dan menghapus bayangan yang menjadi penyebab katarak, bayam juga mengandung anti oksidan dan mineral yang baik untuk kesehatan mata, anda bisa mengkonsumsi sayur bayam yang sudah dimasak sebentar untuk mengambil sari dan khasiatnya.

Minyak zaitun

Minyak zaitun tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan rambut dan kulit, minyak zaitun juga bisa bermanfaat untuk kesehatan mata, cukup dengan satu sendok teh minyak zaitun yang ditambahkan dengan perasan jeruk lemon untuk mengobati katrak. Minyak zaitun mengandung anti oksidan yang berfungsi untuk tidak memperburuk katarak.

Teh hijau

Teh hijau selain bisa digunakan untuk membuat masker anti jerawat juga bisa di gunakan untuk mengobati penyakit katarak pada mata. Kandungan katekin dan polifenol yang terdapat dalam teh hijau dapat meningkatkan kesehatan mata secara teratur dan lebih cepat.

Daun sirih

Daun sirih bisa dimanfaatkan untuk mengobati katarak, caranya sangat mudah sekali, cukup rebus 5 lembar daun sirih yang sudah dibersihkan menggunakan air bersih sampai mendidih, kemudian tuangkan ke dalam wadah atau baskom, tunggu sampai hangat kemudian mata atau wajah anda ke dalam baskom tersebut.

Jus Wortel

Minum jus wortel juga bisa membantu menjaga katarak agar tidak lebih buruk. Mengkonsumsi jus wortel secara rutin sangat penting untuk menjaga agar mata menjadi lebih sehat. Wortel mengandung beberapa nutrisi, beta karotin, vitamin A dan vitamin C. Zat ini sangat penting untuk menjaga agar katarak menipis secara alami.

Dampak katarak

Jika anda mengetahui bahwa anda mengalami penyakit katarak kemudian anda membiarkannya, hal yang akan terjadi adalah timbulnya komplikasi katarak. Komplikasi katarak ini terjadi biasanya dikarenakan proses pada lensa yang rusak sehingga menjadi keruh dan akhirnya lensa akan keluar dan menumpuk di sudut okuli anterior terutama di kapsul lensa.

Sebenarnya penyakit katarak sudah menjadi penyakit umum di Indonesia, dan penyakit katarak juga bisa disembuhkan dengan perawatan menggunakan bahan bahan alami, walaupun katarak masih di sembuhkan dengan cara operasi, memang hasilnya lebih cepat terlihat tetapi obat efek dari operasi bisa saja menjadi penyebab timbulnya kembali penyakit katarak tersebut. Untuk itu supaya anda tetap terhindar dari suatu penyakit, hiduplah dengan pola hidup yang sehat yang di sertai dengan mengkonsumsi makanan, buah dan sayuran yang memberikan manfaat positif bagi tubuh kita, sehingga mata dan organ tubuh yang lainnya akan tetap sehat.

Herbal alternatif untuk pengobatan mata katarak

Pengobatan mata katarak diatas tentu saja bisa kita coba. Kemudian kita buktikan keefektifannya. Namun apakah anda tidak mau mencoba yang lebih baik lagi?

Sekarang sudah hadir produk herbal yang secara khusus dibuat untuk membantu mengatasi masalah-masalah mata, seperti mata katarak, mata minus, glaukoma, bintitan, mata merah, mata kering, mata lelah, rabun, mengurangi floater, mengembalikan ketajaman penglihatan, dan masih banyak lagi.

Silahkan Anda lihat dan pahami produk herbal pengobatan mata.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *