Pengobatan Herbal untuk Sindrom Mata Kering

Mata kering terjadi ketika kelenjar air mata anda tidak menghasilkan cairan yang cukup untuk melembabkan mata. Kondisi ini dapat menjadi suatu kondisi yang tidak nyaman bahkan menyakitkan. Penyebabnya bisa didasari oleh faktor medis dan lingkungan.

Sindrom mata kering merupakan kondisi mata kering yang disebabkan oleh kurangnya produksi air mata. Sebelum anda menemukan cara untuk mengatasi mata kering yang diderita, tentu anda harus mengetahui terlebih dahulu dari gejala yang ditimbulkan.

Gejala dari sindrom mata kering meliputi gatal, kering dan sensasi yang menyakitkan di kedua mata. Kemudian anda merasa ada sesuatu di mata, mata lelah, sensivitas cahaya, dan penglihatan kabur. Sejumlah faktor lain yang dapat menyebabkan mata kering adalah penuaan, obat tertentu, kondisi medis tertentu, faktor lingkungan, dan alergi.

Cara Mengatasi Sindrom Mata Kering

Mengubah Lingkungan Anda

Faktor lingkungan adalah penyebab umum dari sindrom mata kering yang anda derita. Hindari asap rokok, dan tinggal di dalam rumah ketika berangin adalah cara terbaik yang dapat anda lakukan. Gunakan kacamata yang sesuai untuk melindungi mata dari angin ketik anda harus terlibat dalam kegiatan seperti naik sepeda motor.

Konsumsi makanan yang kaya Asam lemak omega-3

Penelitian telah menunjukan bahwa mengkonsumsi makanan yang tinggi dengan asam lemak omega-3 dapat meringankan gejala dari mata kering. Lemak ini dikenal dapat mengurangi peradangan dalam tubuh sehingga dapat membantu meringankan mata kering.

Selain itu asam lemak omega-3 juga dapat memproduksi lebih banyak airmata dan kualitas yang lebih tinggi. Anda dapat menggunakan suplemen omega-3 seperti minyak kelapa sawit, minyak kedelai, minyak ikan, dan telur.

Gunakan tetes mata

Ada banyak produk nonprescription untuk mata kering yang mungkin dapat memberikan bantuan sementara bagi anda. Tetapi perlu anda ingat bahwa sebagian produk dari tetes mata mengandung bahan pengawet yang dapat menimbulkan suatu penyakit yang serius pada mata anda.

Jika dokter menyarankan untuk menggunakan tetes mata dengan satu merek atau lebih pastikan anda untuk mengikuti tentang kapan dan seberapa sering anda harus menggunakan tetes mata. Menggunakan merek yang berbeda akan membuat anda menjadi sulit untuk mengatasi mata kering anda jadi akan lebih baik jika anda menggunakan satu merek saja.

Gunakan Teh

Teh yang terbuat dari bunga krisan atau ligustrum dapat membunuh racun dari aliran darah yang akan menuju ke mata. Ligustrum yang juga dikenal dengan bunga lilin dapat dicerna sebagai suplemen dengan dosis 5 miligram dua sampai tiga kali sehari. Ini telah digunakan dalam pengobatan tradisional cina bagi mereka yang menderita penyakit mata dengan gejala seperti mata kering, atau mata berlendir.

Teh hijau

Teh hijau memiliki kandungan anti inflamasi yang dapat menenangkan mata lelah dan membantu mengembalikan kelembaban dari mata kering. Ramuan ini dapat anda gunakan dengan cara menyeduh teh hijau dari herbal dengan satu gelas air panas dan diamkan sekitar 10 menit, jika sudah selesai anda dapat menyaringnya dan meminumnya langsung.

Atau anda juga dapat mencelupkan kapas kedalam teh hijau yang sudah didinginkan kemudian anda oleskan pada mata selama 15 menit. Ulangi kegiatan tersebut sampai mata kering anda kembali menjadi lembab. Anda juga dapat menurunkan berat badan dengan teh hijau karena kandungannya dapat membakar lemak dalam tubuh anda.

Bilberry

Kandungan yang terdapat dalam bilberry dapat menyehatkan mata, melembabkan mata kering, memperbaiki penglihatan dan mencegah kerusakan pada struktur mata. Dalam bukunya yang berjudul “Smart Medicine for Healthier Living,” Janet Zand merekomendasikan untuk menggunakan 40 sampai 60 miligram ekstrak bilberry untuk setiap harinya.Bilberry mengandung 25% anthocyanidins atau fitokimia yang bermanfaat bagi kesehatan mata.


Untuk bantuan lebih cepat, anda bisa membuat teh dengan menggunakan 1 sendok makan daun bilberry kering yang sudah direndam dalam 1 cangkir air mendidih selama 10 menit. Rendam kain katun dalam air tersebut kemudian peras dan menerapkan kompres langsung ke mata kering yang anda alami sampai gejala mereda. Cara efektif lainnya yaitu dengan Walatra Mata Sehat solusi ini dipercaya paling ampuh mengobati berbagai masalah mata oleh para ahli dan para pakar kesehatan – Tokoacepinfo


Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *