Pengobatan tradisional untuk mengobati asam urat

Asam urat adalah salah satu penyakit yang terdapat pada  bagian persendian. Dan persendian yang biasanya mengalami penyakit asam urat yaitu bagian tangan, kaki, lutut, jari kaki dan tangan serta pergelangan kaki.

Penyakit asam urat ini lebih rawan terjadi pada laki-laki di bandingkan perempuan meski pun perempuan juga banyak yang memiliki penyakit asam urat. Asam urat itu sendiri berasal dari pemecah zat yang di sebut purin. Purin yang terdapat dalam tubuh juga terdapat pada makanan seperti ikan asin, dan kacang.

Normalnya, asam urat larut dalam darah dan melewati ginjal kemudian keluar dari tubuh melalui air kencing atau urine. Tetapi kadang-kadang asam urat juga dapat berbentuk seperti jarum. Ketika asam urat itu terbentuk di sendi anda, maka hal itu akan menjadi sesuatu yang terasa sangat menyakitkan.

Penyebab asam urat

Penyebab atau gejala dari asam urat akan terjadi jika bentuk dari proses metabolisme di simpan dalam bentuk jarum di jaringan dan cairan di dalam tubuh. Asam urat juga dapat menyebabkan benjolan yang terdapat di sekitar sendi dan itu akan menyebabkan kerusakan yang permanen pada sendi dan ginjal. Berikut adalah beberapa penyebab yang dapat memicu terjadinya asam urat pada tubuh anda :

  1. Mengkonsumsi makanan yang mengandung asam urat yang tinggi
  2. Faktor usia dan genetika
  3. Mandi pada malam hari
  4. Mengkonsumsi minuman yang terlalu manis
  5. Faktor kesehatan yang lainnya. (karena orang yang memiliki penyakit diabetes, obesitas, hipertensi dan penyakit ginjal)

Tingkat asam urat yang tinggi juga dapat menyebabkan komplikasi, komplikasi yang terjadi di sebabkan karena si penderita asam urat memiliki penyakit kesehatan yang lainnya, seperti batu ginjal yang di sebabkan oleh pengendapan asam urat yang bercampur dengan kalsium yang terdapat di ginjal. Meski sebenarnya asam urat tidak menimbulkan komplikasi tetapi anda tetap harus waspada agar tidak berakibat fatal bagi kesehatan tubuh anda.

Makanan yang tidak di anjurkan bagi penderita asam urat :

  • Jeroan seperti otak,babat,usus dan paru paru
  • Daging merah seperti daging sapi, daging domba, dan daging kuda
  • Hidangan laut seperti udang, cumi-cumi, kerang, remis, tiram, kepiting, ikan sarden dan ikan teri atau ikan asin
  • Kacang-kacangan seperti kacang kedelai, kacang hijau, kacang tanah, tauge, dan emping
  • Makanan tinggi protein dan lemak
  • Buah buahan tertentu seperti durian, nanas dan air kelapa

Makanan yang di anjurkan bagi penderita asam urat :

  • Mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan potasium yang tinggi
  • Mengkonsumsi buah-buahan yang kaya dengan vitamin C
  • Mengkonsumsi sayuran
  • Mengkonsumsi karbohidrat yang kompleks seperti nasi, dan singkong
  • Mengurangi karbohidrat sederhana seperti sirup, gula, dan permen
  • Sesuaikan kebutuhan tubuh dan energi berdasarkan tinggi dan berat badan

Gejala asam urat

Gejala umum yang biasa terjadi pada penderita asam urat adalah :

  1. Persendian terasa nyeri, linu, kesemutan dan bengkak
  2. Rasa nyeri di bagian persendian akan terjadi berulang-ulang
  3. Bagian persendian akan terasa sakit dan sulit untuk bergerak
  4. Persendian akan terasa nyeri di waktu tertentu (seperti pagi hari saat bangun tidur dan malam hari saat akan tertidur)
  5. Persendian yang biasanya di serang adalah bagian tangan, kaki, lutut, jari kaki dan tangan serta pergelangan kaki

Gejala asam urat bisa terjadi kapan saja untuk itu anda harus benar benar menjaga kesehatan anda jika ingin terhindar dari berbagi penyakit. Anda juga bisa berkonsultasi dengan dokter anda untuk mengetahui obat yang baik untuk mengatasi asam lambung anda. Tetapi saya sarankan sebelum anda pergi ke dokter lebih baik di obati di rumah terlebih dahulu dengan menggunakan bahan alami agar anda terjaga dari buruknya efek samping zat kimia yang terdapat di dalam obat-obatan modern.

Pilihan pengobatan untuk asam urat

  1. Daun sirsak. Kandungan yang terdapat pada daun sirsak mampu mengobati asam urat anda, karena di dalam daun sirsak terdapat kandungan yang baik untuk persendian anda dan mengeluarkan racun yang adad di dalam tubuh anda termasuk pada benjolan yang anda miliki akibat asam urat, untuk itu anda bisa mengkonsumsi daun sirsak dengan cara merebus sedikitnya 5 lembar daun sirsak yang sudah di bersihkan sampai mendidih kemudian biarkan beberapa saat agar air rebusan dingin lalu anda bisa meminum air rebusan tersebut. Dan anda bisa mengkonsumsi nya setiap hari.
  2. Daun seledri. Daun seledri ini mengandung banyak zat yang di perlukan oleh tubuh, seperti klorin, asam lemak esensial, inositol, sulfur, folat, potasium , mangan , fosfor , selenium, seng. vitamin B1 dan vitamin A. Kandungan tersebut sangat baik untuk kesehatan dan sangat berkhasiat untuk mengobati asam urat.
  3. Jahe. Banyak orang yang memanfaatkan tanaman yang satu ini, karena jahe memiliki khasiat untuk berbagai penyakit. Anda bisa mengkonsumsi jahe dengan cara merebus akar jahe sehingga menjadi teh, kemudian anda bisa mengkonsumsi nya setiap hari, jahe efektif untuk membantu penyembuhan asam urat jika anda mengkonsumsi nya secara rutin.
  4. Daun salam. Daun salam juga bisa dijadikan obat untuk mengobati asam urat, daun salam memiliki kandungan flavonoid yang baik untuk persedian anda. Caranya rebus 10 lembar daun salam yang sudah di bersihkan menggunakan air bersih, kemudian tunggu hingga mendidih setelah itu tuangkan air rebusan tersebut ke dalam gelas lalu anda bisa meminum nya selagi hangat, itu sangat di anjurkan karena baik untuk kesehatan.
  5. Kumis kucing. Anda tentu tidak asing lagi dengan tanaman yang satu ini karena selain mudah di temukan di lingkungan sekitar rumah, kumis kucing juga bisa membantu anda untuk membantu mengobati asam urat dengan cara mengeluarkan asam nya melalui urine. Sama seperti ke empat cara di atas, kumis kucing yang sudah di keringkan harus di rebus setelah di bersihkan, menggunakan air yang bersih, kemudian tunggu hingga mendidih, setelah itu diamkan hingga air rebusan dingin dan anda dapat mengkonsumsi nya setiap hari secara rutin.

Selain dari ke-5 pengobatan tradisional di atas, anda juga bisa mengobati penyakit asam urat dengan cara yang lebih efektif. Yakni dengan menggunakan Qnc Jelly Gamat. Ini adalah produk herbal alami yang terbuat dari ekstrak teripang emas dengan bahan campuran alami lainnya. Sehingga akan sangat aman jika di konsumsi jangka panjang. Tentunya tanpa efek samping dan ketergantungan.


 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *