Pentingnya Ginjal bagi Kesehatan agar terhindar dari penyakit

Ginjal adalah dua organ yang terletak di bagian tengah tubuh yang terdapat di kedua sisi tulang belakang di tengah punggung, tepat di atas pinggang. Mereka membersihkan darah, menjaga keseimbangan garam dan mineral dalam darah anda, dan membantu mengontrol tekanan darah. Bila ginjal rusak, produk limbah dan cairan dapat membangun dalam tubuh anda, hal tersebut dapat menyebabkan pembengkakan di pergelangan kaki anda, muntah, kelemahan, kurang tidur, dan sesak napas, ginjal yang sakit mungkin akhirnya berhenti bekerja sepenuhnya. Hilangnya fungsi ginjal akan berakibat fatal.

Ciri Ginjal yang sehat

  • Menjaga keseimbangan air dan mineral, seperti natrium, kalium, dan fosfor, dalam darah anda
  • Membuang sampah oleh-produk dari darah setelah pencernaan, aktivitas otot, dan paparan bahan kimia atau obat-obatan
  • Membuat renin, enzim yang membantu mengatur tekanan darah
  • Membuat erythropoietin, yang merangsang produksi sel darah merah
  • Membuat bentuk aktif dari vitamin D, yang dibutuhkan untuk kesehatan tulang

Penyakit yang terdapat di Ginjal

Penyakit di Ginjal yang paling umum adalah :

Gagal Ginjal

Penyakit gagal ginjal adalah penyakit yang di sebabkan oleh tiga faktor utama yaitu :

  1. Kurangnya aliran darah ke ginjal
  2. Kerusakan langsung pada ginjal itu sendiri
  3. Urine yang terdapat pada ginjal

Pelari maraton dan atlet lainnya yang tidak minum cukup cairan saat berlaga di jarak jauh atau acara ketahanan lainnya, mungkin dapat menjadi penyebab terjadinya penyakit gagal ginjal akut karena kerusakan yang terjadi secara tiba-tiba di jaringan otot. Karena hal tersebut melepaskan sejumlah besar protein ke dalam aliran darah yang disebut miglobin yang dapat merusak ginjal.

Ginjal Polikistik

Penyakit ginjal polikistik, adalah suatu penyakit di mana kista berisi cairan terbentuk di ginjal, ini adalah jenis yang paling umum dari penyakit ginjal yang diwariskan atau genetik (faktor keturunan).

Infeksi kantung Kemih

Infeksi saluran kemih atau yang sering kita kenal dengan kantung kemih, yang terdapat di dalam ginjal itu sendiri, yang disebut pielonefritis. Infeksi saluran kemih pada ginjal hadir pada saat lahir sering menghasilkan obstruksi saluran kemih atau malformasi yang mempengaruhi ginjal. Salah satu yang paling umum melibatkan semacam katup antara kandung kemih dan uretra.Penyakit ini kadang-kadang ditemukan saat bayi masih dalam kandungan, sering dapat diperbaiki dengan operasi oleh seorang ahli urologi.

Batu ginjal

Batu ginjal dapat disebabkan oleh banyaknya mineral dan benda-benda organik pada bagian ginjal. Batu ginjal terbentuk karena adanya pengendapan garam kalsium dalam rongga ginjal, saluran ginjal atau kantong kemih.

Penyebab dari berbagai penyakit di Ginjal

  • Penggunaan bahan kimia

Obat dan racun, termasuk penggunaan jangka panjang dari beberapa obat, seperti NSAID (obat anti-inflamasi nonsteroid), ibuprofen, naproxen dan intravena (jalan) obat secara permanen dapat merusak ginjal. Dan dapat menjadi bahan kimia di bagian sekitar ginjal yang tertentu dari waktu ke waktu.

  • Sistem kekebalan tubuh

Sistem kekebalan tubuh bisa menjadi salah satu penyebab terjadinya penyakit di ginjal. ini disebabkan oleh bakteri streptococcal. Penyakit ini pada umumnya disebabkan oleh alergi terhadap racun yang di produksi oleh bakteri tersebut sehingga mampu memberikan infeksi di bagian tubuh lainnya termasuk tenggorokan.

Penyebab lainnya adalah :

  • Infeksi
  • Kelebihan logam berat di dalam ginjal
  • Alkohol
  • Glomerulonefritis yang merupakan peradangan pada pembuluh darah kecil di ginjal
  • Gumpalan darah di sekitar ginjal

Jika anda memiliki diabetes, tekanan darah tinggi untuk waktu yang lama, akan terjadi kerusakan pada ginjal anda dalam keadaan hiper-filtrasi. Bahkan jika kreatinin anda normal. Ginjal anda bekerja lebih keras dan lebih keras lagi untuk menjaga darah bersih.

Cara menjaga Ginjal agar tetap sehat

Salah satu cara yang paling penting untuk menjalani gaya hidup yang ramah ginjal adalah memasok tubuh dengan lemak baik. Yang tepat lemak dapat melindungi ginjal dari kerusakan dan mengurangi peradangan yang terkait dengan sindrom nefrotik, membantu kita melestarikan fungsi ginjal kita. Dan jenis-jenis yang salah lemak dapat meningkatkan peradangan dan mempercepat laju kerusakan pada ginjal.

Ikan salmon

Asam lemak omega-3 telah mendapatkan reputasi untuk membantu jantung, tetapi semakin banyak kita mengakui bahwa mereka juga baik untuk ginjal. Diet tinggi asam lemak omega3 dapat meningkatkan kesehatan ginjal dan menurunkan proteinuria. Salmon adalah pilihan yang sangat baik untuk mendapatkan asam lemak omega-3 dalam makanan.

Mengurangi penggunaan garam

Pengurangan garam sangat baik untuk dilakukan karena ketegangan yang berlebihan dapat menempatkan tubuh dengan penyakit ginjal dan gagal ginjal, menambahkan garam ke tubuh membuat situasi jauh lebih sulit. Hilangnya kalium ke dalam urine berarti anda terlalu banyak mengkonsumsi garam dan itu dapat di lihat di dalam tubuh dalam hal keseimbangan yang diperlukan. Oleh karena itu, Anda harus diet rendah garam untuk memastikan keseimbangan cairan dalam tubuh agar tetap sesuai. Hindari menambahkan terlalu banyak rempah-rempah dan garam untuk hidangan daging dan makanan lainnya.

Jus Peterseli

Peterseli adalah pembersih ginjal yang sempurna dan digunakan untuk pengobatan rumah penyakit ginjal di seluruh dunia. Peterseli adalah sumber yang kaya vitamin A, B, dan C, serta thiamin, riboflavin, kalium, dan tembaga. Mencincang daun peterseli dan didihkan dalam panci air. Anda kemudian dapat minum air rebusan tersebut. Hal ini dapat meningkatkan tingkat kesehatan yang umum dalam ginjal, apakah itu sebagai tindakan pencegahan atau pengobatan untuk memperlambat perkembangan penyakit setelah dimulai. Peterseli juga zat diuretik, yang membantu membunuh racun dalam tubuh.

Teh Herbal

Ada beberapa teh herbal yang sangat baik yang sering diresepkan untuk pengobatan penyakit ginjal. Beberapa campuran paling umum adalah teh hijau, teh blueberry, teh kerikil akar, dan teh dandelion. Ini adalah beberapa varietas herbal yang paling populer dan efektif, yang telah digunakan di berbagai negara di seluruh dunia sebagai obat rumah untuk penyakit ginjal, karena teh ini di buat dengan anti oksidan dan senyawa detoksifikasi yang menjaga ginjal berfungsi dengan baik.

Berikut adalah informasi tentang pentingnya ginjal bagi kesehatan. Jika anda mengikuti pengobatan rumah ini dan memantau cara tubuh anda berfungsi, Anda dapat hidup panjang dan bahagia.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *