Pentingnya sel darah putih bagi kesehatan

Leukosit adalah sel darah putih yang merupakan bagian dari imun atau daya tahan tubuh manusia. Sel darah putih yang terdapat di dalam tubuh bekerja dengan cara memakan penyakit dan patogen. Sel darah putih juga memiliki nukleus yang tidak di miliki oleh sel darah merah, dan itu adalah salah satu ciri yang membedakan sel darah putih dengan sel darah merah.

Setiap satu mikroliter darah mengandung 4.000 hingga 11.000 sel darah putih di dalam tubuh. Sel darah putih juga berfungsi sebagai sistem kekebalan tubuh manusia yang dapat melindungi kita dari berbagai penyakit dengan cara memakan patogen yaitu sumber dari suatu penyakit serta menjaga area tubuh yang terluka agar tidak terjadi infeksi pada luka tersebut.

Ciri-Ciri dari Sel Darah Putih

  • Memiliki bentuk yang tidak beraturan
  • Memiliki inti sel dalam darah
  • Tidak memiliki warna, meski sel darah tersebut di sebut dengan sel darah putih
  • Mampu memakan sel darah merah dalam jumlah yang besar

Selain sel darah putih memiliki ciri-ciri, sel darah putih juga memiliki jenis, ada lima jenis sel darah putih yang terdapat di dalam tubuh kita. ke-5 diantaranya adalah sebagai berikut.

Jenis-Jenis Sel Darah Putih

1. Monosit

Monosit adalah sel darah putih yang berfungsi memecah dan melawan semua bakteri yang terdapat di dalam tubuh serta memiliki pertumbuhan yang paling panjang diantara sel darah putih yang lainnya.

2. Neutrofil

Neutrofil adalah sel darah putih yang berfungsi untuk membentuk perlawanan pertama pada tubuh yang terinfeksi dan mampu membunuh jamur sekaligus memakan bakteri yang terdapat di dalam tubuh. Neutrofil sendiri adalah jenis sel darah putih yang memiliki jumlah yang paling banyak diantara sel darah putih yang lainnya.

3. Eosinofil

Sel darah putih yang satu ini mampu membantu tubuh untuk melawan semua bakteri yang masuk ke dalam tubuh dan sel darah putih ini dapat membunuh sel kanker dan membantu tubuh untuk mengeluarkan penyakit alergi dari dalam tubuh.

4. Limposit

Yaitu sel darah putih yang bertugas untuk membentuk anti-body untuk tubuh dan dapat berguna untuk melawan bakteri dari infeksi luka dan melawan semua jenis zat yang berbahaya bagi tubuh.

5. Basofil

Ini adalah sel darah putih yang bertugas untuk memberitahukan jika ada zat asing atau infeksi yang menyerang langsung pada darah, dan sel darah putih ini juga mengeluarkan senyawa histamin, yaitu sistem yang merespon terhadap kekebalan tubuh dan memberikan tanda jika terjadi reaksi alergi.

Jika anda tidak menjaga kesehatan sel darah putih yang terdapat di dalam tubuh, kemungkinan anda akan berisiko tinggi terkena penyakit yang di sebabkan oleh tingginya jumlah sel darah putih yang terdapat di dalam tubuh, penyakit-penyakit tersebut diantaranya adalah Leukimia, Mielofibrosis, Radang sendi, Tbc, dan batuk rejan. Dan jika sel darah putih di dalam tubuh anda rendah atau tinggi anda harus bisa mengembalikan sel darah putih tersebut agar bisa stabil kembali karena sel darah putih sangat berperan penting untuk melindungi tubuh kita dari berbagai penyakit.

Makanan untuk meningkatkan Sel Darah Putih

Sel darah putih yang rendah dapat menyebabkan perunuran daya tahan tubuh kita sehingga kita bisa mudah terkena kuman, virus dan berbagai penyakit yang lainnya. Nah, di bawah ini adalah makanan yang dapat meningkatkan sel darah putih dalam tubuh anda.

  • Mengkonsumsi buah-buahan yang sehat dan semua sayuran hijau
  • Mengkonsumsi teh hijau di pagi dan sore hari
  • Mengkonsumsi air putih secukupnya
  • Memperbaiki pola makan agar teratur
  • Memperhatikan asupan gizi dan nutrisi yang di perlukan tubuh
  • Mengkonsumsi daging sapi secukupnya karena jika terlalu berlebihan bisa menimbulkan sel darah putih menjadi tinggi

Makanan untuk menurunkan Sel Darah Putih yang tinggi

Selain ada makanan yang dapat meningkatkan sel darah putih di dalam tubuh anda, anda juga dapat menurunkan sel darah putih di dalam tubuh anda, jika anda memiliki kelebihan sel darah putih dalam tubuh, berikut diantaranya :

  • Mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi
  • Hindari terjadinya dehidrasi
  • Makan tepat waktu
  • Hentikan kebiasaan merokok jika anda seorang perokok
  • Mengkonsumsi makanan yang mengandung asam lemak omega-3
  • Mengkonsumsi bayam,ubi jalar, dan kacang polong hijau

Buah-buahan untuk menstabilkan Sel Darah Putih

Beberapa buah-buahan di bawah ini sangat baik di konsumsi agar sel darah putih di dalam tubuh tetap stabil dan tidak mengalami penurunan sel darah serta sel darah putih yang tinggi .

  • Apel. Kandungan flavonoid, polifenol, serta vitamin C pada apel dapat menstabilkan sel darah putih dalam tubuh anda, jika anda mengkonsumsi buah apel setiap hari, maka anda secara tidak langsung telah melindungi tubuh dari bahaya virus dan bakteri.
  • Melon. Melon ini adalah buah yang kaya akan kandungan likopen di dalamnya. Jika anda ingin sel darah putih anda tetap stabil maka anda harus mengkonsumsi nya secara rutin, karena kandungan di dalam buah melon ini tidak hanya menstabikan sel darah, tetapi juga bisa melindungi jantung.
  • Anggur. Anggur mengandung anti-virus serta anti-bakteri di dalamnya, anggur juga bisa melindungi tubuh dari infeksi. Untuk itu penting bagi anda mengkonsumsi buah yang satu ini karena kandungan yang terdapat di dalamnya sangat bermanfaat sekali untuk kesehatan tubuh kita meski di konsumsi dalam jangka panjang.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *