Penyakit Degenerasi makular pada mata

Degenerasi makular adalah sebuah penyakit mata yang progresif menghancurkan makular, bagian tengah retina, dan merusak penglihatan sentral. Degenerasi makular jarang menyebabkan kebutaan total karena hanya pusat penglihatan yang terpengaruh.

Makular berada di pusat retina di belakang mata. Seperti yang kita ketahui bahwa cahaya yang difokuskan ke makular akan mengubah cahaya itu sendiri menjadi sinyal saraf yang melakukan perjalanan ke otak dan mengirim apa yang kita lihat. Dengan penglihatan sentral normal, kita bisa membaca, mendorong, dan melakukan aktivitas lain yang membutuhkan baik, tajam, visi lurus ke depan.

Faktor Degenerasi makular

Degenerasi makular terjadi akibat dari kerusakan pada epitel pigmen retina. Epitel pigmen retina adalah lapisan pemisah antara retina dan koroid (lapisan pembuluh darah di belakang retina). Terjadi penipisan pada retina sehingga memungkinkan masuknya bahan yang berbahaya dari darah ke dalam retina dan menyebabkan kerusakan pada mata.

Tidak ada yang tahu persis apa yang menyebabkan degenerasi makular. Tetapi penelitian menunjukkan hal itu mungkin berkaitan dengan kombinasi faktor keturunan dan faktor lingkungan, termasuk merokok dan diet.

  • Riwayat keluarga dan genetik. Penyakit ini memiliki komponen turun-temurun. Para peneliti telah mengidentifikasi beberapa gen yang terkait dengan pengembangan kondisi.
  • Ras. Degenerasi makular lebih sering terjadi pada orang kulit putih daripada pada orang lain.
  • Merokok. Merokok atau yang secara teratur terpapar asap rokok dengan tidak langsung meningkatkan risiko terjadinya degenerasi makular.
  • Kegemukan. Penelitian menunjukkan bahwa obesitas dapat meningkatkan kesempatan anda untuk memicu terjadinya penyakit degenerasi makular dan akan maju ke bentuk yang lebih parah dari penyakit.
  • Penyakit kardiovaskular. Ini adalah penyakit yang memengaruhi jantung dan darah, anda mungkin berada pada risiko yang lebih tinggi dari degenerasi makular.

Orang-orang yang  mengidap penyakit degenerasi makular yang sudah berkembang bisa menimbulkan hilangnya penglihatan sentral mungkin mengalami depresi atau halusinasi visual. Dan degenerasi makular dapat berkembang menjadi degenerasi makular kering, yang dapat menyebabkan kehilangan penglihatan yang sangat cepat jika tidak diobati.

Gejala Degenerasi makular

  • Foto yang menggambarkan penglihatan normal dan visi dengan degenerasi makular
  • Visi dengan degenerasi makular yang memengaruhi visual seperti garis lurus tampak bengkok
  • Berkurangnya penglihatan sentral dalam satu atau kedua mata
  • Kebutuhan cahaya yang lebih terang saat membaca atau melakukan pekerjaan dekat
  • Peningkatan kesulitan beradaptasi dengan tingkat cahaya yang rendah, seperti ketika memasuki restoran remang-remang
  • Peningkatan kabur dari kata-kata yang dicetak
  • Penurunan intensitas atau kecerahan wajah
  • Kesulitan mengenali wajah

Cara mengatasi Degenerasi makular

Diet yang sehat

Vitamin antioksidan dalam buah-buahan dan sayuran memberikan gizi yang sangat bermanfaat untuk kesehatan mata. Kangkung, bayam, brokoli, kacang polong dan sayuran lainnya memiliki tingkat antioksidan yang tinggi, termasuk lutein dan zeaxanthin, yang mungkin menguntungkan orang-orang yang menderita penyakit degenerasi makular.

Makanan yang mengandung tingkat tinggi seng juga dapat menjadi nilai tertentu pada penderita degenerasi makular. Ini termasuk makanan tinggi protein, seperti daging sapi, babi dan domba. Termasuk susu, keju, yogurt, sereal gandum dan roti gandum.

Memeriksa mata secara rutin

Memiliki pemeriksaan mata secara rutin. Tanyakan kepada dokter mata anda tentang jadwal yang disarankan untuk ujian tindak lanjut. Di antara pemeriksaan, langkah-langkah ini akan membantu mengidentifikasi jika kondisi anda berkembang menjadi degenerasi makular basah atau tidak.

Makanan yang mengandung Lutein

Lutein dan zeaxanthin adalah dua karotenoid yang membentuk pigmen makula, dan ini sangat bagus untuk mengobati penderita degenerasi makula karena bisa melindungi mata dari kerusakan yang memengaruhi sinar ultra violet.

Mengubah tampilan komputer

Mengubah tampilan komputer yang anda gunakan dan menambahkan sistem audio. Sesuaikan ukuran font dalam pengaturan komputer anda. Dan mengatur monitor anda untuk menunjukkan lebih kontras. Anda juga dapat menambahkan sistem teknologi lainnya ke komputer anda untuk menjaga mata anda agar tidak terkena penyakit mata apapun.

Memilih alat transportasi

Pertimbangkan pilihan transportasi anda. Jika anda berkendara, periksa terlebih dahulu apakah itu aman untuk terus melakukannya atau malah memperburuk degenerasi makular anda. Ekstra hati-hati dalam situasi tertentu, seperti mengemudi di malam hari, di lalu lintas berat atau cuaca buruk. Menggunakan transportasi umum atau meminta anggota keluarga untuk membantu, terutama dengan mengemudi malam hari itu jauh lebih aman.

Support dari keluarga

Mendapatkan dukungan. Memiliki degenerasi makular bisa sulit, dan anda mungkin perlu membuat perubahan dalam hidup anda. Anda dapat pergi melalui banyak emosi yang anda sesuaikan. Menghabiskan waktu dengan anggota keluarga mendukung dan teman-teman.

Peralatan khusus

Pilih peralatan khusus dibuat untuk low vision (Penglihatan rendah). Beberapa jam, radio, telepon dan peralatan lainnya yang memiliki nomor ekstra besar. Anda mungkin merasa lebih mudah untuk menonton televisi dengan layar definisi tinggi yang lebih besar, atau Anda mungkin ingin duduk lebih dekat ke layar.

Tidak hanya itu yang penting, anda juga harus memasukkan makanan yang menyediakan asam lemak esensial untuk kesehatan mata, tetapi anda juga tidak boleh mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak yang tidak sehat agar manfaat dari lemakesensial yang baik dapat di terima oleh tubuh terutama mata.

“Hampir setiap satu dari faktor-faktor risiko yang kita miliki untuk degenerasi makular dapat dihubungkan dengan radikal bebas,” menurut Dr. Lylas Mogk, beliau adalah seorang Peneliti sistem kesehatan Henry Ford. Banyak penelitian degenerasi makular yang difokuskan pada anti oksidan dan efek terhadap kerusakan radikal bebas untuk makular dan pigmen makular.

Pastikan untuk menyertakan makanan tinggi anti oksidan dalam diet degenerasi makular anda. Demikian artikel ini di buat, semoga anda yang menderita penyakit degenerasi makular bisa cepat sembuh kembali.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *