Penyakit-Penyakit Dibalik Nyeri Dada sebelah Kiri

Ketika anda mengalami nyeri dada maka hal pertama yang anda pikirkan adalah bahwa anda mengalami serangan jantung.

Nyeri dada tentu bukanlah sesuatu yang baik jika diabaikan, tetapi anda juga harus tahu bahwa ada berbagai kemungkinan yang dapat menyebabkan dada sebelah kiri anda menjadi kesakitan.

Bahkan, seperempat dari penduduk Amerika mengalami nyeri dada yang tidak memiliki hubungan dengan jantung.

Nyeri dada bisa saja disebabkan oleh paru-paru, kerongkongan, otot, tulang rusuk atau bahkan saraf anda. Misalnya saja beberapa kondisi serius ini yang dapat mengancam nyawa anda. Jika anda memiliki nyeri dada yang tidak bisa dijelaskan maka satu-satunya cara untuk mengetahui penyebabnya adalah menemui dokter anda.

Anda mungkin saja akan mengalami nyeri dada tetapi itu tidak bisa dikatakan sepenuhnya bahwa anda mengalami serangan jantung sebab anda tidak mengetahui penyebab dari rasa sakit di dada yang anda alami. Berikut adalah beberapa penyebab umum dari nyeri dada.

Nyeri dada yang disebabkan masalah Jantung

1. Penyakit arteri koroner

Sumbatan yang terjadi pada pembuluh darah di jantung dapat mengurangi aliran darah dan oksigen ke otot jantung itu sendiri.

Hal ini dapat menyebabkan rasa sakit yang sering dikenal dengan angina. Angina merupakan salah satu gejala dari penyakit jantung tetapi biasanya tidak menyebabkan kerusakan yang permanen pada jantung. Nyeri dada yang dirasakan dapat menyebar ke lengan, bahu, dan rahang anda.

2. Serangan jantung

Ini menyebabkan terjadinya penurunan aliran dalam darah melalui pembuluh darah di jantung yang pada akhirnya akan menyebabkan kematian pada sel-sel otot pada jantung anda.

Meski sangat mirip dengan nyeri dada yang timbulkan angina tetapi nyeri dada yang timbul akibat serangan jantung biasanya lebih parah dan dapat menghancurkan dada sebelah kiri sehingga tidak bisa hilang meski anda sudah beristirahat.

3. Hypertrophic cardiomyopathy

Ini merupakan penyakit genetika yang menyebabkan otot di jantung tumbuh tebal secara tidak normal. Terkadang penyakit ini menyebabkan masalah dengan aliran darah yang keluar dari jantung.

Nyeri dada dan sesak napas akan sering terjadi pada mereka yang menderita penyakit ini. Dengan berjalannya waktu, maka anda dapat memiliki gagal jantung yang disebabkan oleh penyakit ini.

4. Perikarditis

Ini merupakan peradangan atau infeksi yang terjadi pada kantung di sekitar jantung. Penyakit ini dapat menyebabkan rasa sakit yang mirip dengan angina. Tetapi seringkali rasa sakit yang ditimbulkan oleh perikarditis ini lebih parah bahkan sampai ke leher dan otot bagian atas.

Nyeri dada yang disebabkan masalah paru

1. Pneumonia

Infeksi paru-paru ini dapat menyebabkan pleuritik seperti sakit dada sebelah kiri yang begitu mendalam. Pneumonia sering datang secara tiba-tiba sehingga menyebabkan tubuh menjadi demam, mengigil, batuk, dan batuk yang bernanah akibat dari saluran pernapasan.

2. Radang selaput dada

Penyakit ini juga dikenal dengan pleuritis yang merupakan suatu kondisi peradangan atau iritasi pada lapisan dada dan paru-paru anda. Anda mungkin saja akan mengalami nyeri di dada ketika bernapas, batuk atau bahkan bersin. Penyebab paling umum dari nyeri dada pleuritis ini adalah bakteri, infeksi virus, atau emboli paru.

3. Hipertensi plomonal

Ini terjadi akibat adanya tekanan darah tinggi di paru-paru sehingga akan membuat sisi arteri paru-paru sebelah kiri anda bekerja lebih keras dan menyebabkan otot pada jantung anda memompa lebih sering dan lebih keras daripada biasanya.

Nyeri dada yang disebabkan masalah saluran pencernaan

1. Gastroesophageal reflux disease (GERD)

GERD akan terjadi ketika isi perut anda kembali ke tenggorokan. Hal ini dapat menyebabkan rasa asam di mulut serta sensasi terbakar di dada atau tenggorokan yang biasa disebut dengan mulas. Faktor-faktor yang dapat memicu refluks ini termasuk obesitas, kehamilan, merokok, dan makanan pedas serta berlemak.

2. Tukak lambung

Penyakit ini terjadi akibat dari luka yang menyakitkan pada bagian lapisan perut atau bagian pertama dari usus kecil. Biasanya tukak lambung ini terjadi pada mereka yang sering merokok, minum banyak alkohol, atau mengkonsumsi obat penghilang rasa nyeri seperti aspirin dan rasa sakit di dada anda akan bertambah parah jika anda sering mengkonsumsi antasida.

3. Hernia hiatus

Masalah umum ini akan terjadi ketika perut bagian atas mendorong dada setelah makan. Ini dapat menyebabkan gejala refluks termasuk mulas dan nyeri dada bagian kiri.

Nyeri akan cenderung memburuk dan lebih buruk ketika anda berbaring. Oleh sebab itu, jika anda mengalami penyakit ini kemudian mendapatkan nyeri dada sebaiknya anda tidak berbaring karena dapat memperburuk rasa sakit.

Nyeri dada yang disebabkan tulang, saraf dan otot

Terkadang nyeri dada yang dihasilkan bisa saja dari penggunaan alat latihan yang berlebihan atau cedera disekitar dada akibat jatuh atau kecelakaan. Selain itu, virus juga dapat menjadi penyebab rasa sakit di dada sebelah kiri anda. Dan penyebab lain dari nyeri dada sebelah kiri yang termasuk adalah sebagai berikut ini:

1. Tulang rusuk

Nyeri akibat patah tulang rusuk dapat memburuk ketika anda batuk dan bernapas. Hal ini dapat menyebabkan anda merasa sakit di dada dimana tulang rusuk bergabung dengan dada yang sewaktu waktu dapat menimbulkan peradangan dalam dada anda.

2. Ketegangan otot

Batuk yang sangat keras dapat menyebabkan kerusakan otot dan tendon antara tulang rusuk sehingga menyebabkan nyeri di dada anda. Nyeri di dada yang anda alami lebih cenderung bertahan dan bersifat permanen bahkan memburuk ketika anda melakukan aktivitas.

Selain tulang rusuk dan ketegangan otot, anda juga bisa merasakan rasa sakit di dada jika anda memiliki penyakit sinanaga yang disebabkan oleh virus herpes dan menimbulkan ruam yang akan muncul di kemudian hari.

Penyebab lain dari nyeri dada

Penyebab yang sangat potensial dari nyeri dada adalah kecemasan dan panik sehingga dapat menimbulkan serangan di dada yang hampir mirip dengan serangan jantung. Beberapa gejala yang terkait adalah pusing, sesak napas, jantung berdebar, kesemutan serta gemetar.

Sebenarnya masih banyak kondisi lain yang bisa menyebabkan sakit dada bagian kiri. Seperti infeksi batu ginjal, sakit di limpa, dan gastritis. Rasa sakit ini bahkan akan memburuk ketika anda makan, setelah makan atau bahkan ketika anda bernapas. Pelajari juga tentang bagaimana cara mengatasi nyeri dada sebelah kiri agar anda tidak mengalami nyeri dada lagi.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *