Penyakit-penyakit Sistem Syaraf dan Pencegahannya!

Penyakit sistem saraf adalah salah satu penyakit kelainan yang dapat memengaruhi sistem saraf manusia. Sistem saraf itu sendiri adalah sekumpulan saraf dari sel-sel saraf khusus  yang di kenal dengan neuron. Sistem saraf secara struktur terbagi menjadi sistem saraf pusat da sistem saraf perifer. Menurut National Institutes of Health, sistem saraf pusat terdiri dari otak, sumsum tulang belakang dan saraf. Sedangkan sistem saraf perifer terdiri dari neuron sensorik, ganglia (kelompok neuron) dan saraf yang terhubung ke satu sama lain dan sistem saraf pusat.

Penyakit pada sistem saraf

1.Hidrosefalus

Yaitu kelainan yang terjadi akibat penumpukan cairan di dalam otak, sehingga menyebabkan terjadinya pembengkakan pada otak. Gangguan ini menyebabkan cairan bertambah banyak kemudian menekan jaringan pusat-pusat saraf vital yang terdapat di sekitar otak. Penderita hidrosefalus biasanya akan di pasangkan selang permanen untuk membantu otak, agar aliran cairan dalam otak tetap mengalir dan terhindar dari penumpukan cairan di dalam otak yang berpengaruh buruk bagi otak.

2. Alzheimer

Penyakit kelainan sistem saraf otak yang menyebabkan hilangnya daya ingat. Sehingga penderita penyakit alzheimer ini biasanya akan mengalami penurunan saat berbicara, berfikir dan perubahan perilaku pada penderitanya. Peubahan perilaku tersebut terjadi karena gangguan dalam otak yang bersifat progresif (perlahan-lahan). Gaya hidup yang tidak sehat, berusia di atas 65 tahun, faktor genetika, merupakan beberapa faktor yang dapat menimbulkan terjadinya penyakit ini.

3. Multiple sclerosis (MS)

Penyakit ini merupakan penyakit yang mengganggu sistem saraf pusat otak dan tulang belakang. Penyakit ini juga merupakan penyakit yang menyerang jaringan sistem kekebalan tubuh. Penyakit multiple sclerosis ini juga meninggalkan bekas berupa bercak atau luka pada selubung myelin yang terdapat di otak tersebut. Dan jika myelin tersebut pecah, maka itu akan menghalangi saraf-saraf yang berada di sekitarnya.

4. Stroke

Yaitu penyakit yang terjadi ketika terjadi perdarahan pada otak sehingga aliran darah ke otak terhambat. Penyakit stroke ini di tandai dengan kematian jaringan otak, dan hal tersebut terjadi karena di sebabkan oleh penyempitan, penyumbatan, atau pecahnya pembuluh darah yang menuju ke otak. Penyumbatan tersebut menimbulkan kurangnya pasokan darah dan oksigen pada otak, dan dapat mematikan sel-sel saraf otak.

5. Ataksia

Yaitu kelainan penyakit sistem saraf yang di sebabkan oleh rusaknya sel-sel kecil dalam otak dan mengalami degenerasi. Dan akibat yang di timbulkan oleh penderita ataksia ini biasanya mengalami kesulitan dalam berbicara, menelan, menggerakkan mata dan kesulitan dalam melakukan berbagai gerakan.

6. Afasia

Afasia adalah suatu penyakit yang merupakan kelainan pada fungsi berbicara dan mengerti bahasa lisan. Penyakit afasia ini di sebabkan oleh lobus frontal dan temporal yang terdapat dalam otak, khususnya pada sisi kiri otak, yang mengalami penyusutan. Dan jika hal tersebut terjadi maka itu akan memengaruhi pusat bahasa di dalam otak. Selain itu, penyakit afasia ini bisa terjadi karena di sebabkan oleh cedera pada otak, sehingga pasokan darah ke otak akan terganggu dan menyebabkan sel otak menjadi mati.

7. Parkison

Penyakit parkison adalah penyakit kelainan sistem saraf yang terjadi karena kekurangan neurotransmiter dopamine pada dasar ganglion. Biasanya penderita parkison sering mengalami gemetar pada tangan, susah untuk bergerak, sulit untuk mngedipkan mata, dan kaku saat berjalan.

8. Demensia

Penyakit demensia ini adalah penyakit yang di tandai dengan terganggu nya mental seseorang yang dapat menyebabkan gangguan pikiran, dan hilangnya daya ingat. Penyebab dari penyakit dimensia ini adalah penyalahgunaan konsumsi zat terlarang dalam jangka panjang. Dimensia jika tidak di obati maka lama kelamaan akan menjadi lebih buruk karena fungsi ingatan yang semakin berkurang.

9. Sindrom reye

Penyakit sindrom reye ini merupakan salah satu penyakit langka, untuk tidak salah jika anda asing mendengarnya. Penyakit sindrom reye ini adalah penyakit yang terjadi akibat adanya pembengkakan di otak dan kerusakan pada hati. Penyakit sindrom ini biasanya terjadi pada anak-anak, dan penyebabnya juga belum diketahui pasti karena ini merupakan penyakit yang langka namunserius.

10. Amnesia

Tentu anda sudah tidak asing lagi dengan penyakit ini, amnesia atau hilang ingatan adalah istilah yang di gunakan untuk seseorang yang mengalami atau tidak bisa mengingat informasi, pengalaman atau kejadian tertentu lainnya. Dan jika penyakit ini tidak segera di atasi biasanya akan menimbulkan kerusakan yang lebih parah dalam otak, dan orang yang mengidap penyakit amnesia akan memiliki kesulitan untuk mengingat informasi baru atau membentuk lagi ingatan yang baru.

Cara menjaga sistem saraf agar terhindar dari berbagai penyakit

Sistem saraf manusia merupakan salah satu organ tubuh manusia yang sangat penting fungsi nya, untuk itu agar sistem saraf anda tetap aman dan terhindar dari berbagai penyakit, anda juga harus menjaga nya dan memberikan asupan yang baik untuk perkembangan otak dan sel-sel saraf yang terdapat dalam tubuh anda. Otak anda juga akan memberikan kemampuan untuk melihat, mendengar, merasakan, menyentuh dan bau. Otak akan bekerja sama dengan tulang sumsum belakang untuk membantu anda bergerak. Untuk melindungi sistem saraf tentu anda harus melakukan hal-hal berikut di bawah ini.

Berikut adalah makanan dan hal-hal yang harus di lakukan untuk menjaga kesehatan sistem saraf anda :

  1. Makan yang teratur dan seimbang
  2. Olahraga teratur
  3. Mengkonsumsi lemak omega-3
  4. Istirahat yang cukup
  5. Menjaga kepala dari cedera atau benturan
  6. Mengkonsumsi bayam
  7. Mengkonsumsi buah dan sayuran hijau
  8. Mengkonsumsi teh herbal
  9. Mengkonsumsi minyak zaitun
  10. Mengkonsumsi bawang putih
  11. Konsumsi Lecithine Softgel

Berikut adalah hal-hal buruk yang harus di hindari untuk menjaga kesehatan sistem saraf anda :

1. Kurang tidur

Dengan kurang tidur, kita tidak memberikan kesempatan pada otak untuk beristirahat, sehingga hal tersebut akan membuat sel-sel otak mati karena kelelahan.

2. Merokok

Hindari atau hentikan kebiasaan anda yang suka merokok karena rokok dapat mengurangi atau menyebabkan terjadinya penyusutan volume otak kita yang akhirnya akan kehilangan fungsi dan perkembangan otak yang akan terganggu.

3. Makan berlebihan

Makan yang berlebihan juga tidak baik untuk fungsi pada sistem saraf, apalagi jika anda sering mengkonsumsi makanan yang mengandung kadar glaukosa tinggi, itu akan menyebabkan kerasnya pembuluh darah dan dapat menghambat penyerapan gizi dan protein yang lainnya dalam otak.

4. Hindari makanan yang mengandung protein olahan

Protein olahan tidak sama fungsinya dengan protein alami yang sangat bermanfaat untuk tubuh jika di konsumsi. Mengkonsumsi protein olahan seperti hot dog, salami, sosis, dan yang lainnya.

5. Hindari pemanis buatan

Pemanis buatan memang memiliki sedikit kalori, namun jika di konsumsi dalam jangka waktu panjang, ini akan sangat berbahaya karena pemanis buatan dapat menyebabkan kerusakan otak dan mengganggu kegiatan koognitif anda. Selain itu pemanis buatan dapat menimbulkan penyakit diabetes yang dapat menyebabkan komplikasi penyakit jantung.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *