Penyebab dan Cara Mengatasi Haid Berkepanjangan

Pada dasarnya, semua wanita pasti akan mengalami siklus haid. Namun, dalam periode menstruasi ini, tidak semua perempuan memiliki durasi dan jumlah pendarahan yang sama. Haid yang normal umumnya berkisar antara 3 sampai 7 hari rata-rata setiap 28 hari. Pendarahan haid yang berat, berkepanjangan, atau tidak teratur disebut dengan menorrhagia. Sedangkan haid berkepanjangan sendiri di definisikn sebagai pendarahan yang melampaui durasi satu minggu. Berikut adalah penyebab dari haid berkepanjangan yang patut untuk diketahui.

Penyebab Haid Berkepanjangan

Permasalahan berat badan

Apabila dalam beberapa bulan terakhir anda mengalami kenaikan berat badan, maka pertumbuhan berat badan ini dapat memengaruhi siklus haid. Perempuan, secara alami memiliki esterogen yang membantu rahim agar tetap dalam lingkungan nyaman dan menguntungkan bagi pertumbuhan janin. Jika anda mengalami kelebihan berat badan atau obesitas, tidak menutup kemungkinan apabila anda memiliki sejumlah tambahan sel-sel lemak yang menghasilkan estrogen yang disebut estron.

Pertumbuhan tidak normal pada sel jinak

Fibroid, polip dan kista rahim merupakan pertumbuhan-pertumbuhan sel tidak normal non kanker dari jaringan otot rahim. Pertumbuhan sel-sel ini terdapat dalam jumlah dan ukurannya, mulai dari pertumbuhan tunggal hingga berkelompok atau menyebar dari kecil, sedang sampai tumbuh menjadi besar.

Hiperplasia endometrium

Yaitu suatu kondisi penebalan dinding rahim tidak normal (biasanya mudah robek dan tipis). Alasan paling umum dari kondisi ini adalah ketimpangan antara produksi estrogen yang berlebihan dan progesteron yang tidak cukup untuk mengimbanginya.

Sering gonta-ganti pil KB

Jika anda seorang wanita yang sudah berkeluarga, kemudian sering mengalami haid yang berkepanjangan. Ini adalah salah satu penyebabnya. Pil KB dapat mengubah durasi, frekuensi, dan keparahan pendarahan pada siklus haid dan berganti pil KB juga akan berdampak langsung pada siklus menstruasi anda.

Pendarahan Uterus disfungsional (DUB)

Ini adalah penyebab paling umum dari siklus haid berkepanjangan. Kondisi DUB ini menunjukkan disfungsi hormon yang dapat memengaruhi stabilitas lapisan rahim dan menyebabkan bercak saat anda tidak sedang haid, pendarahan berat dan durasi yang lebih lama dari seminggu.

Cara Mengatasi Haid Berkepanjangan

Mengalami siklus menstruasi yang tidak kunjung berhenti tentu dapat membuat diri anda menjadi khawatir. Untuk mengatasinya, anda bisa mencoba menggunakan beberapa alternatif di bawah ini.

  • Konsumsi raspberry merah – Dalam buah ini terdapat senyawa alami yang bisa menghentikan siklus haid berkepanjangan. Anda bisa mencampurkan buah raspberry merah ke dalam satu gelas air dan biarkan satu setengah jam. Jika sudah, anda bisa meminumnya secara rutin untuk hasil terbaik.
  • Coba dengan campuran kayu manis – Kayu manis memiliki sifat astrigen yang dapat membantu menutup pembuluh darah dan menghentikan siklus haid berkepanjangan. Anda bisa mencoba mencampurkan satu cangkir air panas dengan 3 sendok makan bubuk kayu manis. Kemudian minum setiap 30 menit selama siklus haid.
  • Rubah pola makan – Pastikan anda mengkonsumsi gizi yang sesuai untuk kesehatan. Pilih makan sehat dan kaya gizi seperti kacang-kacangan, sayuran berdaun hijau serta produk susu seperti yoghurt atau keju sebagai sumber magnesium. Pertimbangkan juga minyak dan biji-bijian sehat seperti minyak zaitun dan biji rami untuk membantu meredakan haid berkepanjangan.
  • Nikmati makanan kaya magnesium – Kekurangan magnesium ternyata juga dapat berpengaruh pada siklus haid yang berkepanjangan. Jadi, apabila kondisi ingin kembali normal, anda bisa mencoba untuk menikmati makanan yang kaya akan kandungan magnesium. Kandungan magnesium tersebut bisa anda dapatkan dari semangka, labu, kedelai, alpukat dan oatmeal.
  • Rutin makan ikan – Ikan memberikan banyak protein dan lemak sehat yang sangat penting untuk menjaga keseimbangan hormon serta memiliki periode menstruasi normal. Selain itu, ikan juga mampu mengurangi peradangan, haid berkepanjangan, kram dan perut kembung yang sering terjadi pada siklus haid. Hal ini disebabkan karena ikan mengandung omega-3 yang cukup tinggi.
  • Coba peterseli – Peterseli tidak hanya bermanfaat untuk menghentikan siklus haid berkepanjangan melainkan permasalahan menstruasi yang lainnya seperti kram. Ini sangat efektif untuk menjamin siklus haid yang teratur setiap bulannya. Untuk mengatasi siklus haid berkepanjangan dengan peterseli, anda cukup membuatnya menjadi satu gelas jus segar. Kosumsi jus tersebut setiap hari untuk menghentikan pendarahan.
  • Konsultasi dengan dokter – Sebelum anda memutuskan untuk membeli obat-obatan. Ada baiknya, konsultasi terlebih dahulu dengan dokter kepercayaan anda. Selain dokter dapat membantu mendiagnosis penyebab pasti dari siklus haid berkepanjangan yang anda alami, dokter juga dapat memberikan saran terbaik untuk kebutuhan kesehatan anda.

Menstruasi berkepanjangan dapat menyebabkan komplikasi berupa anemia apabila tidak segera diatasi. Anemia yang dibiarkan akan memengaruhi fungsi organ tubuh lain seperti otak, jantung dan lain sebagainya. Bahaya lainnya dari siklus haid berkepanjangan yang tidak segera ditangani dengan benar yaitu adanya penyakit kanker rahim dan kondisi serius lainnya yang memerlukan penanganan medis. – TokoAcep.Info


 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *