Penyebab dan Pengobatan Nyeri Panggul

Nyeri panggul merupakan nyeri dibagian terendah dari perut dan panggul. Rasa nyeri yang dialami bisa datang secara tiba-tiba dan dapat bertahan dalam beberapa bulan, baik ringan maupun parah. Nyeri panggul sering kali dihubungkan dengan rasa nyeri yang terjadi pada organ reproduksi internal wanita. Tetapi pria juga sangat berisiko untuk mengalami nyeri pada panggul.

Sebelum anda mengetahui gejala dan penyebab dari nyeri panggul, ada baiknya jika anda mengetahui jenisnya terlebih dahulu. Nyeri panggul terbagi menjadi dua jenis. Pertama, nyeri panggul akut. Nyeri panggul akut seringkali muncul tiba-tiba dan lebih sering dialami oleh wanita saat menstruasi, pertumbuhan atau bahkan berhubungan seksual. Kedua, nyeri panggul kronis. Rasa nyeri yang ditimbulkan sangat konstan dan sering sekali kambuh, nyeri panggul kronis ini biasanya bertahan selama 6 bulan.

Penyebab Nyeri Panggul

Sebelum penyebab, pasti ada gejala, dan sesuatu yang dirasakan si penderita atau sering disebut dengan gejala biasanya sering dirasakan berbeda-beda oleh setiap orang. Tergantung dari penyebabnya, dan berikut ini adalah gejala nyeri panggul berdasarkan dari penyebabnya.

Radang Panggul

Ketika anda mengalami sakit pada saat buang air kecil dan saat berhubungan seksual, demam tinggi, mual, muntah, keputihan yang berubah warna, menstruasi yang lebih lama serta sakit hingga pendarahan setelah berhubungan seksual mungkin anda menderita penyakit radang panggul. Sebab rasa nyeri di perut bagian bawah saat bergerak atau disentuh bisa menjadi salah satu gejala dari radang panggul.

Batu Ginjal

Gejala paling umum dari batu ginjal adalah bahwa adanya nyeri yang tak tertahankan di bagian panggul. Pada awalnya batu ginjal ini tidak menimbulkan rasa sakit, tetapi pada saat batu tersebut berkembang dan membesar maka dapat menyebabkan rasa sakit yang begitu menyiksa. Ini adalah salah satu yang harus diwaspadai baik oleh wanita maupun laki-laki.

Apakah ada solusi lain selain operasi untukĀ menghancurkan batu ginjal? Ya, tentu saja ada. Satu hal lagi yang harus anda ketahui, jika anda sering buang air kecil dan mengalami nyeri pada saat buang air kecil, hal tersebut juga tidak menutup kemungkinan bahwa anda juga memiliki gejala dari batu ginjal. Jika tidak segera dihancurkan maka akan membuat anda secara terus menerus mengalami nyeri.

Fibroid

Sering buang air kecil, mengalami menstruasi yang lebih lama dari biasanya, mengalami nyeri panggul pada saat berhubungan seksual, bagian perut bawah terasa penuh serta terjadi pembengkakan pada perut. Jika anda mengalami gejala-gejala tersebut maka dapat dipastikan bahwa anda mengalami penyakit fibroid.

Keguguran

Sakit panggul, kram yang parah, demam serta kelemahan merupakan ciri dari keguguran. Jika anda mengalami sakit panggul, ada kemungkinan bahwa anda mengalami gejala dari keguguran jika anda sedang hamil. Menghubungi pelayanan kesehatan adalah hal utama yang dapat anda lakukan untuk menghindari hal yang tidak diinginkan terjadi.

Pengobatan Nyeri Panggul

Pengobatan nyeri panggul sangat bervariasi tergantung dari penyebab, dan bagaimana rasa sakit yang dirasakan. Terkadang, nyeri panggul bisa diobati dengan obat termasuk antibiotik. Salah satu langkah penanganan nyeri panggul yang biasa dilakukan dokter adalah memberikan obat-obatan sesuai dengan penyebab utama dari munculnya nyeri panggul tersebut.

Jika penyebab utama dari nyeri panggul anda adalah ginekologi, maka dokter pada umumnya akan meresepkan pil kontrasepsi untuk wanita. Solusi efektif sebaiknya menggunakan pengobatan rumah terlebih dahulu seperti berolahraga secara teratur.

Olahraga dapat meningkatkan aliran darah, meningkatkan endorfin sebagai penghilang rasa sakit alami yang dibuat oleh tubuh untuk mengurangi rasa sakit. Coba juga aktivitas berbaring dan mengangkat kaki dengan menempatkan bantal dibawah lutut anda. Atau anda juga bahkan dapat mencoba relaksasi seperti yoga, meditasi, latihan pernapasan serta relaksasi otot progresif.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *