Penyebab, Jenis dan Cara Mengatasi Neuralgia

Apakah anda pernah mengalami neuralgia? Atau mungkin anda sama sekali baru mengetahuinya? Ingin tahu apa penyebab dan gejala dari penyakit ini?

Sebelum anda mengetahui jawaban dari pertanyaan-pertanyaan anda, sebaiknya anda pahami terlebih dahulu tentang penyakit itu sendiri, agar anda juga bisa menyimpulkan penyebab dan gejalanya.

Neuralgia adalah “sakit syaraf” yang terjadi pada bagian sistem syaraf akibat dari adanya kerusakan pada syaraf. Syaraf yang rusak bisa terjadi dimana saja pada bagian tubuh anda, tetapi yang paling sering terjadi adalah dibagian leher dan wajah.

Penyebabnya bisa saja karena anda memiliki suatu penyakit dan pengobatannya juga tergantung dari penyebab yang anda alami. Berikut adalah penjelasan yang lebih terperinci dari penyakit neuralgia yang harus anda ketahui.

Penyebab Penyakit Neuralgia

Penyebab yang mendasari penyakit neuralgia adalah kerusakan syaraf. Setiap syaraf yang terdapat dalam tubuh kita di lindungi oleh lapisan yang dinamakan dengan selubung mielin. Ketika selubung mielin dalam tubuh kita mengalami kerusakan yang begitu berat maka akan menyebabkan terjadinya neuralgia.

Ada banyak faktor yang mempengaruhi kerusakan pada mielin salah satunya adalah faktor usia. Namun, sangat disayangkan dalam kebanyakan kasus penyakit neuralgia tidak ditemukan penyebabnya.

1. Infeksi

Penyebab neuralgia adalah herpes zoster , infeksi yang disebabkan oleh virus cacar air. Kemungkinan besar orang yang memiliki infeksi ini akan meningkat dengan pertambahan usia. Orang dengan penyakit Lyme , HIV , dan sifilis juga memiliki insiden yang lebih tinggi dari neuralgia, meskipun neuralgia tidak memanifestasi dari setiap penyakit.

2. Tekanan pada syaraf

Tekanan dapat berasal dari sesuatu yang menekan syaraf seperti timor, pembuluh darah, dan tulang. Tekanan dari pembuluh darah yang bengkak merupakan penyebab umum dari trigeminal neuralgia.

3. Diabetes

Sepertinya penyakit diabetes dan kerusakan syaraf sangat berkaitan erat. Karena hampir semua penyakit syaraf memiliki penyebab atau dapat menyebabkan timbulnya penyakit diabetes. Banyak orang yang menderita penyakit diabetes akan menderita penyakit neuralgia karena kelebihan glukosa dalam aliran darah dapat menyebabkan kerusakan pada mielin.

Jenis-jenis Penyakit Neuralgia

Neuralgia Postherpetic

Ini adalah jenis neuralgia yang terjadi sebagai komplikasi dari herpes zoster dan bisa terjadi dimana saja dibagian tubuh. Herpes zoster adalah infeksi virus yang di tandai dengan ruam yang lecet dan begitu menyakitkan. Hal ini dapat terjadi ringan atau berat, terus-menerus dan intermiten sehingga dapat terjadi berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun.

Neuralgia Trigeminal

Jenis neuralgia yang dikaitkan dengan rasa sakit dari saraf trigeminal, yang bergerak dari otak ke wajah. Rasa sakit dapat disebabkan oleh pembuluh darah yang menekan saraf trigeminal dengan batang otak. Hal ini juga dapat disebabkan oleh multiple sclerosis. neuralgia trigeminal menyebabkan rasa sakit yang parah, nyeri berulang di wajah, biasanya pada satu sisi. Ini merupakan neuralgia yang paling umum dan sering terjadi pada orang tua.

Neuralgia Glossopharingeus

Sakit dari saraf glossopharyngeal, yang berada di tenggorokan, ini termasuk neuralgia yang sangat tidak umum. Jenis neuralgia yang satu ini akan menghasilkan nyeri pada leher dan tenggorokan.

Cara Mengatasi Penyakit Neuralgia

Minyak astiri

Minyak esensial yang satu ini sangat membantu anda untuk mengatasi masalah yang berkaitan dengan saraf termasuk neuralgia, saraf terjepit atau bahkan cedera yang terjadi pada tulang belakang. Caranya cukup mudah, anda harus memijat bagian tubuh yang mengalami nyeri dengan minyak astiri ini.

Lakukan pijatan yang lembut dengan cara melingkar, kemudian gosok minyak pada bagian tubuh yang mengalami nyeri. Beberapa minyak esensial lain yang bisa anda gunakan untuk mengatasi neuralgia anda adalah ecalyptus, chamomile dan pappermint. Anda juga dapat menggunakan minyak lavender untuk malam hari jika dibutuhkan.

Mandi

Anda dapat menambahkan bunga lavender pada air mandi yang anda gunakan. Hal ini dapat membantu melancarkan sirkulasi darah dan dapat menyembuhkan kejang yang ditimbulkan oleh neuralgia. Sebelum anda mencampurkan lavender pada air mandi yang anda gunakan, sebaiknya rebus terlebih dahulu bunga tersebut.

Teh herbal

Anda dapat mengkonsumsi teh herbal untuk mengatasi neuralgia yang anda derita. Minum setidaknya 2 cangkir teh herbal dalam satu hari. Anda bisa menggunakan teh chamomile atau teh hijau dengan cara menyeduh teh tersebut dalam air mendidih selama 15 menit. Jika sudah selesai, diamkan beberapa saat kemudian anda bisa meminumnya. Teh herbal dapat menyembuhkan peradangan yang di sebabkan oleh neuralgia.

Jus seledri

Ekstrak jus dari 2 sampai 3 batang daun seledri bisa anda konsumsi untuk mengatasi penyakit neuralgia yang anda derita. Jika anda suka manis anda bisa mencampurkannya dengan wortel, hindari mengkonsumsi jus yang di simpan di lemari es. Ektrak dari jus seledri memiliki kandungan enzim yang dapat menyembuhkan nyeri saraf yang di timbulkan oleh penyakit neuralgia. Selain itu, jus seledri juga sangat bermanfaat untuk mengatasi penyakit asam urat.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *