Penyebab Mati Rasa Pada Tangan Selama Kehamilan

Mati rasa pada tangan selama kehamilan adalah sesuatu yang normal. Tetapi bagaimana jika berkelanjutan dan tidak kunjung berhenti? Maka anda harus waspada.

Bukan hanya waspada saja, anda juga harus bertindak dan mencari penyebab dari kebas tangan tersebut.

Setiap wanita akan mengalami perubahan fisik selama kehamilan, terutama perubahan hormon pada tubuh. Tetapi kebanyakan wanita seringkali mengeluh bahwa mereka mengalami mati rasa ditangan terutama pada pagi dan malam hari.

Penyebab mati rasa pada tangan selama kehamilan

Studi menunjukan bahwa terjadinya mati rasa ditangan selama kehamilan disebabkan oleh adanya tekanan pada saraf di pergelangan tangan. Meski itu bukan hal yang serius tetapi anda tetap harus berhati-hati, sebab terkadang mati rasa pada tangan juga bisa menjadi gejala dari anemia, linu panggul serta Carpal Tunnel Syndrome.

Jadi, jika anda merasakan mati rasa pada tangan, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter, untuk mencari solusi dari apa yang anda butuhkan. Tetapi, dokter biasanya akan menyarankan anda untuk mengkonsumsi obat-obatan, yang mana obat-obatan dengan bahan-bahan kimia didalamnya dapat menyebabkan efek samping pada kehamilan anda, apalagi jika kehamilan yang anda miliki merupakan kehamilan yang pertama.

Apakah penyebab utama dari mati rasa pada tangan selama kehamilan?

Diatas sudah dibahas bahwa kebas bisa saja menjadi gejala dari kondisi lain. Biasanya selama kehamilan, anda akan mengalami Carpal Tunnel Syndrome yang mana hal tersebut merupakan penyebab utama dari mati rasa selama kehamilan.

Apa itu Carpal Tunnel Syndrome? Suatu kondisi yang dihasilkan dari adanya pembengkakan pada carpal di pergelangan tangan melalui saraf. Kondisi ini juga dapat menyebabkan edema atau pembengkakan pada ekstremitas seperti kebocoran cairan dari pembuluh kecil dan kedalam ruang di sekitarnya.

Jika pembengkakan terjadi pada lengan dan tangan maka akan menyebabkan rasa sakit dan kebas di tangan serta jari-jari. Banyak sekali wanita hamil yang sering mengalami tidur dengan meninggikan bagian lengan dan tangan yang ditinggikan untuk mengurangi gejala.

Penyebab lain dari Mati rasa pada tangan selama kehamilan

Tekanan darah rendah

Selama bulan-bulan awal kehamilan, pembuluh darah pada rahim dan payudara akan tumbuh lebih besar dari sebelum kehamilan. Hal tersebut dapat meningkatkan kapasitas sistem vaskular serta peningkatan volume darah.

Pada kehamilan anda juga akan mengalami volume darah yang lebih rendah dari pembuluh darah. Sehingga hal tersebut menyebabkan anda memiliki tekanan darah rendah. Tekanan darah rendah dapat menimbulkan sejumlah efek, salah satunya adalah mengurangi aliran darah untuk kembali ke ekstremitas.

Mati rasa pada tangan adalah hasil potensial dari berkurangnya aliran darah tersebut. Ketika jaringan ditolak oleh aliran darah yang cukup, maka saraf akan merespon dengan sensasi mati rasa serta kesemutan. Meremas dan mengepalkan tangan dapat membantu anda untuk mengurangi mati rasa yang timbul pada tangan tersebut.

Pergeseran sendi

Dr. Raymond Poliakin mencatat bahwa hormon yang diproduksi tubuh selama kehamilan adalah salah satu cara yang dilakukan untuk melonggarkan sendi. Hormon tersebut dikenal dengan ralaxin, fungsi dari hormon relaxin adalah untuk mempersiapkan panggul pada saat melahirkan. Itu sebabnya, mengapa wanita hamil lebih fleksibel dari mereka yang tidak memiliki kehamilan.

Salah satu hasil dari melonggarkan sendi adalah terjadinya mati rasa pada tangan. Bagaimanapun, saraf akan berjalan melalui sendi sehingga tulang akan bergeser sehingga saraf yang dikompresi menyebabkan sensasi kebas.

Bukan hanya itu saja, selama kehamilan anda juga akan mengalami sendi yang bergeser pada bahu ketika tertidur. Pergeseran sendi di bahu tersebut juga dapat menimbulkan sensasi mati rasa pada tangan anda selama kehamilan.

Apa yang dapat dilakukan ketika terjadi mati rasa selama kehamilan?

Cobalah untuk mengenakan belat tangan pada malam hari menjelang tidur. Hal tersebut dapat berfungsi untuk menjaga tangan dan pergelangan tangan pada saat bergerak sehingga anda juga dapat membantu aliran darah untuk mencegah mati rasa tersebut berkembang menjadi lebih buruk.

Jika memang benar-benar mengganggu, selain anda harus menghubungi dokter alternatif lain yang dapat anda lakukan adalah mengkonsumsi Lecithine Softgel yang terbuat dari 100% bahan-bahan alami, selain itu bahan-bahan tersebut juga telah diyakini memiliki manfaat untuk menguraikan lemak, meningkatkan sirkulasi darah dan masih banyak lagi manfaat lainnya yang bisa anda dapatkan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *