Penyebab, gejala dan cara mengobati penyakit tifus secara alami

Penyakit tifus adalah penyakit yang disebabkan oleh bakteri,penyakit tifus ini pada umumnya menyerang anak anak dan orang dewasa,biasanya bagian yang terserang penyakit tifus ini adalah saluran pencernaan karena berasal dari makanan yang kita makan.Sebenarnya penyakit tifus juga bisa menular,dan penularan ini terjadi ketika seseorang mengkonsumsi makanan atau minuman yang telah terkontaminasi sejumlah kecil tinja yang mengandung bakteri,dan urine yang tercampur dengan bakteri ,jadi anda harus tetap berhati hati.Penyakit tifus biasa muncul karena hal yang sederhana seperti kurangnya pengetahuan mengenai ciri ciri dan gejala timbulnya penyakit tifus.

Gejala penyakit tifus

Gejala awal penyakit tifus biasanya terjadi karena faktor cuaca sehingga suhu tubuh kita menurun dan tidak stabil.Pola makan yang salah dan kurangnya asupan gizi juga dapat mempengaruhi terjadinya penyakit tifus,dan anda juga harus memperhatikan jajanan yang anda beli karena jajan atau makan di sembarang tempat memungkinkan banyaknya bakteri yang muncul dan bisa dipastikan tempat tersebut tidak bersih.

  • Tubuh terasa mudah lelah dan cape
  • Nafsu makan menurun
  • Berat badan menurun
  • Terjadinya penurunan sel darah putih di dalam darah yang menyebabkan terjadinya demam tinggi
  • Urine yang berwarna ke coklatan ketika buang air kecil
  • Terdapat bercak merah di bagian perut
  • Terasa mual dan muntah
  • Dan kepala terasa pusing

Bakteri penyebab tifus akan masuk ke dalam tubuh melalui makanan dan minuman yang setiap hari kita konsumsi dan kemudian berkembang biak di saluran pencernaan.Demam tinggi,mual dan muntah akan terjadi ketika bakteri itu berkembang biak.Hal ini membuktikan bahwa penyakit tifus masih menjadi penyakit yang berbahaya yang dapat mengancam kesehatan anda.

Penyebab tifus

Penyakit tifus juga bisa disebabkan oleh penggunaan toilet secara bersamaan dengan orang yang terkena tifus,Jika penyakit tifus di biarkan dan tidak cepat di tangani maka kondisi kesehatan tubuh anda akan memburuk dan dapat terserang penyakit yang lebih fatal.

  1. Penularan bakteri
  2. Pola makan yang buruk
  3. Sering telat makan
  4. Daya tahan tubuh yang lemah akibat tidak adanya asupan gizi ke dalam tubuh
  5. Tidak pernah berolahraga
  6. Mengkonsumsi makanan yang tidak higienis
  7. Benda benda yang kotor
  8. Lingkungan yang tidak sehat

Penyakit tifus juga merupakan penyakit yang berbahaya seperti penyakit kanker karena akan mengancam kesehatan dan jiwa anda jika tidak segera ditangani dengan baik.Banyak faktor yang dapat menyebabkan terjadinya penyakit tifus ini yang mengakibatkan kesehatan menurun setelah beberapa hari anda terkena virus dari bakteri tifus ini.Nama lain dari penyakit tifus itu sendiri adalah demam tiroid.

Pengobatan penyakit tifus

Pengobatan penyakit tifus tidak hanya bisa dilakukan dengan berobat ke dokter,sebelum menggunakan bahan bahan yang mengandung bahan kimia sebaiknya diobati terlebih dahulu dengan obat obatan alami atau herbal yang tidak mengakibatkan efek samping yang buruk bagi tubuh anda.Mengingat tidak sedikit angka kematian akibat penyakit tifus ini akibat tidak adanya pegobatan secara cepat dan baik,dan biasanya jika telat diatasi akan terjadi komplikasi pada tubuh si penderita.

  • Cacing,cacing tanah dikenal sebagai bahan alami untuk mengobati penyakit tifus bahkan cacing tanah sering juga digunakan sebagai bahan campuran obat obatan modern.Meski pun terlihat sepele sebenarnya cacing tanah itu banyak memberi manfaat bagi kesehatan tubuh manusia.Bersihkan cacing tanah terlebih dahulu kemudian rebus dengan air yang mendidih setelah itu minumlah air rebusan tersebut.
  • Bawang putih,selain bermanfaat untuk bumbu dapur bawang putih juga bermanfaat sebagai obat untuk penyakit tifus.Kemampuannya untuk membunuh bakteri bakteri yang ada di dalam tubuh menjadikan bawang putih sebagai salah satu obat penyakit tifus,bawang putih juga bermanfaat untuk meningkatkan imunitas atau kekebalan untuk tubuh kita agar tidak mudah terkena penyakit termasuk penyakit tifus.Makan 2sihung bawang putih secara teratur 3kali sehari.
  • Temulawak,atau yang kita kenal dengan koneng gede dalam bahasa sunda bermanfaat juga untuk mengobati penyakit tifus,tanaman ini berasal dari pulau jawa yang kaya akan manfaat bagi kesehatan tubuh manusia.Temulawak ini dipercaya dapat meningkatkan fungsi ginjal dan anti kolesterol.Rebus temulawak yang sudah dibersihkan kemudian diamkan beberapa saat dan minumlah air rebusan temulawak tersebut ketika sudah dingin.
  • Cengkeh,manfaatnya untuk mengobati penyakit tipes adalah dengan cara direbus.Untuk satu hari cukup 8 batang cengkeh direbus ke dalam 8 gelas air.Biarkan air campuran cengkeh tersebut mendidih dan menguap hingga tersisa sedikit.Diminum sedikit demi sedikit dalam rentang satu hari. Lakukan hal ini selama beberapa hari hingga kondisi membaik.
  • Pepaya,buah pepaya bisa juga digunakan sebagai obat untuk mengatasi tifus,kupas buah pepaya kemudian parut pepaya setelah itu peras parutan pepaya tersebut hingga menghasilkan air.Minumlah air perasan tersebut setiap hari sampai penyakit tifus terseĀ  but sembuh.
  • Daun keji beling,obat alami selanjutnya adalah daun keji beling daun ini bermanfaat mengobati penyakit tifus pemanfaatannya pun cukup mudah dengan cara siapkan daun keji beling beberapa lembar kemudian bersihkan daun tersebut lalu rebus dengan air selama 20 menit,hingga mendidih.Angkat dan biarkan air rebusan menjadi hangat setelah itu anda dapat meminumnya selama 2 kali sehari sampai penyakit tifus itu sembuh.

Cara cepat untuk mengatasi penyembuhan penyakit tifus juga bisa dilakukan dengan cara mengkonsumsi makanan dan minuman yang bergizi tinggi,selama kita bisa menjaga kesehatan dan hidup di lingkungan yang sehat maka kita akan lebih terjaga dari bakteri ataupun virus virus penyakit yang berada di lingkungan sekitar kita.Pilihlah sayuran sayuran yang netral seperti wortel untuk pencernaan.

Demikian artikel tentang penyebab dan cara mengobati tifus alami dari bahan herbal yang mungkin bisa anda coba.Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah pengetahuan anda.Terima kasih.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *