Perbedaan Tumor Jinak dan Tumor Ganas Menurut Peneliti

Ketika anda di diagnosis bahwa anda memiliki penyakit tumor, mungkin anda akan mendapatkan respon instan dari emosinal, mental bahkan secara fisik. Pertanyaannya adalah apakah itu tumor jinak atau tumor ganas? Bagaimana cara anda mengetahui perbedaan dari keduanya? Perbedaan antara tumor jinak dan tumor ganas merupakan suatu hal yang penting!

Memahami apa yang membuat pertumbuhan tumor jinak atau ganas adalah hal terbaik yang dapat mengenali prognosis anda. Berbagai langkah mungkin harus anda ambil untuk memperbaiki ketidakseimbangan yang menyebabkan tumor itu terjadi. Semua karakteristik tumor tertentu ditimbulkan dari sel-sel yang tidak dibutuhkan dan sel-sel rusak dan hancur didalam tubuh anda. Berikut adalah perbedaan dari tumor jinak dan tumor ganas menurut peneliti.

Tumor Jinak

Jika dokter anda memberitahukan bahwa anda menderita tumor jinak, itu berarti tandanya anda tidak terkena kanker. Tumor hampir mirip dengan kanker karena pertumbuhannya sama yaitu hasil dari sel-sel yang tidak normal. Tetapi tumor jinak ini tidak seperti kanker, tumor jinak tidak menyebar ke area lain didalam tubuh seperti otak atau paru-paru.

Tumor jinak juga tidak mempengaruhi jaringan yang terdapat di dekat dimana tumor jinak itu berada. Selain itu, sebuah penelitian mengatakan bahwa tumor jinak juga tidak berbahaya hanya saja lokasi dimana tumor jinak itu berada dapat menimbulkan ancaman.

Ancaman tersebut akan lebih berisiko jika massa menempatkan tekanan darah pada saraf, arteri utama, dan arteri otak, bahkan tumor jinak dapat menyebabkan masalah yang serius. Intinya adalah tumor jinak tidak bersifat kanker, tumor jinak masih bisa dihilangkan, dan dalam banyak kasus tumor jinak tidak tumbuh kembali. Sel tumor jinak juga tidak menyebar ke bagian lain dari tubuh.

Tumor Ganas

Jika sebelumnya anda sudah mengetahui apa itu tumor jinak, sekarang anda akan mengetahui juga apa itu tumor ganas agar anda dapat membedakan keduanya. Tumor ganas adalah kanker dan terdiri dari sel-sel yang tumbuh di luar kendali. Sel-sel pada tumor ini dapat menyerang jaringan lain yang berada didekatnya dan menyebar ke bagian lain dari tubuh.

Penelitian terbaru mengatakan bahwa “Terkadang sel kanker tersebut akan menjauh dari tempat awal dimana sel-sel tersebut berada dan akan menyebar ke organ lain termasuk tulang dimana sel-sel tersebut dapat terus tumbuh dan membentuk tumor yang lainnya”. Hal tersebut dikenal sebagai metastasis atau kanker sekunder. Metastasis dapat menjaga nama lokasi asli dari kanker seperti kanker pankreas yang telah menyebar ke hati masih disebut kanker pankreas.

Bagaimana? Apakah sekarang anda sudah mengetahui perbedaan dari keduanya? Jika sudah, mungkin ada jenis-jenis dari tumor jinak dan tumor ganas yang harus anda ketahui, karena jenis dari keduanya juga dapat memainkan peran dalam mencari tahu perbedaan dari tumor yang anda derita, berikut ini adalah jenis-jenis tumor jinak dan tumor ganas yang perlu anda ketahui.

Sebagian jenis umum dari Tumor Jinak:

  • Adenoma. (Jaringan epitel yang menutupi organ-organ dan kelenjar)
  • Meningioma. (Tumor yang menyerang otak dan sumsum tulang belakang)
  • Fibroma atau Fibroid. (Jaringan ikat dari setiap organ. Biasanya paling sering ditemukan di rahim)
  • Pappilomas. (Tumor yang menyerang kulit, payudara, selaput leher rahim, dan lendir)
  • Lipoma. (Yaitu tumor yang menyerang sel lemak. Ini adalah yang paling sering terjadi dari banyak kasus, mengetahui gejala dan penyebab lipoma adalah tindakan yang harus anda lakukan agar dapat mencegahnya)
  • Myoma. (Tumor yang menyerang jaringan otot. Penyakit myoma ini dapat anda sembuhkan dengan menggunakan bahan-bahan alami. Informasi tentang cara mengobati penyakit myoma mungkin akan membantu anda untuk melakukan proses penyembuhan)
  • Osteochondromas. (Tumor yang menyerang tulang. Tergantung lokasi dan ukuran tumor jinak, mungkin tidak akan diperlukan pengobatan. Dokter anda akan memonitor dan melacak gejala pasien serta akan melakukan tes interval tertentu)

Jika anda didiagnosis terkena tumor jinak, mungkin anda harus mengubah pola makan dan diet anda, tumor jinak dapat berubah menjadi tumor ganas tetapi itu jarang terjadi. Secara keseluruhan, para peneliti mengatakan bahwa tumor jinak akan memberikan respon baik pada pengobatan dan prognosis yang menguntungkan.

Sebagian jenis umum dari tumor ganas:

  • Sarkoma. (Tumor ganas yang mempengaruhi otot, tendon, lemak dan tulang rawan)
  • Karsinoma. (Tumor ganas yang mempengaruhi organ dan jaringan kelenjar seperti payudara, leher rahim, prostat, paru-paru dan tiroid)

Para peneliti mengatakan bahwa tumor ganas pada awalnya tidak menimbulkan gejala dan indikasi pertama yang mungkin akan anda lihat adalah ada sesuatu yang tidak nyaman, mungkin anda akan terdeteksi karena ada benjolan yang menyakitkan. Jenis tumor yang “elastis” adalah jenis tumor yang memungkinkan tumor tersebut tumbuh cukup besar sebelum mereka terdeteksi.

Sekarang anda sudah mengetahui apa itu tumor ganas dan apa itu tumor jinak. Semakin banyak anda mengetahui tentang pencegahan, semakin baik anda dapat menjaga terhadap semua pertumbuhan tumor dalam tubuh anda. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh melalui diet, olahraga dan pilihan gaya hidup sehat. Untuk mendapatkan itu semua anda dapat mencari tips untuk menjaga kebugaran bagi tubuh anda, karena itu semua adalah garis pertama dari pertahanan bagi tubuh.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *