Ramuan Herbal untuk Menurunkan Kolesterol Tinggi

Makan makanan organik adalah cara terbaik untuk mencapai kesehatan yang optimal. Praktek diet yang baik dapat membantu mengurangi faktor risiko dari suatu penyakit. Kolesterol tinggi bisa dicegah dengan memakan makanan organik yang tepat dan gaya hidup yang sehat.

Pengerasan arteri yang disebut juga dengan aterosklerosis merupakan gangguan umum yang terjadi ketika lemak, kolesterol, dan zat lainnya terbentuk di dinding arteri serta membentuk struktur keras yang disebut dengan plak.

Anda tidak pernah terlambat untuk mengontrol atau memeriksa tingkat kolesterol dan melakukan sesuatu untuk menurunkan kolesterol tinggi yang anda miliki. Ramuan herbal dibawah ini dapat membantu menurunkan kolesterol anda tanpa harus menggunakan obat-obatan yang berbahan dasar zat-zat kimia sehingga menimbulkan efek samping pada tubuh anda.

Ramuan Herbal untuk Kolesterol Tinggi

Gunakan Ramuan Cabai rawit

Rempah-rempah yang memiliki rasa pedas dan panas ketika dimakan ini memiliki sifat anti inflamasi yang berfungsi untuk kesehatan jantung. Cabai rawit memiliki kandungan bahan aktif yang mungkin dapat bertanggung jawab dan bermanfaat untuk menurunkan kolesterol yang tinggi.

Menurut Penelitian yang telah dilakukan oleh American Chemical Society mengatakan bahwa capsaicin yang terdapat dalam cabai rawit dapat mengurangi penumpukan kolesterol dalam darah serta membantu mengeluarkannya melalui feses. Anda dapat menambahkan 1/4 sendok teh cabai rawit kedalam teh favorit anda, anda juga dapat mencampurkan cabai rawit tersebut dalam sup atau bahkan membuatnya menjadi segelas jus merah.

Gunakan Ramuan Bawang putih

Bawang putih sering sekali disebut dengan “obat kuat alami” karena sifat penyembuhan yang dimilikinya. Bawang putih memiliki konsentrasi tinggi senyawa yang mengandung sulfur atau yang sering disebut dengan allicin. Selain itu, bawang putih juga dapat mengurangi risiko kardiovaskular dan dikenal dapat menurunkan kadar kolesterol tinggi serta trigliserida. Banyak penelitian yang telah menunjukan kemampuan bawang putih untuk menurunkan kolesterol.

Sebuah studi yang diterbitkan baru-baru ini dalam Journal of Nutrition juga menjelaskan bahwa bawang putih dapat mengurangi jumlah kolesterol yang dapat diserap oleh tubuh. Makan 2 siung bawah putih yang sudah dihancurkan setiap hari. Atau anda juga dapat mengunyah peterseli setelah mengkonsumsi bawang putih tersebut, hal ini dilakukan bertujuan untuk menghilangkan bau bawang dalam mulut setelah anda mengunyahnya.

Gunakan Ramuan Kunyit

Daftar manfaat kesehatan dari kunyit sepertinya tidak diragukan lagi dan tidak pernah berakhir. Kunyit memiliki sifat anti inflamasi yang dapat membantu melawan kanker payudara, flu, melawan penyakit alzheimer serta manfaat lainnya dari kunyit. Studi telah menunjukan bahwa bahan aktif curcumin yang terdapat dalam kunyit dapat menurunkan kadar kolesterol secara keseluruhan. Tambahkan 1/4 sendok teh kunyit untuk anda olah menjadi teh atau membuatnya menjadi jus favorit anda.

Gunakan Ramuan Terong

Terong merupakan sayuran yang sangat mudah untuk ditemukan disetiap pasar ditempat anda tinggal. Terong memiliki sejumlah kandungan seperti serat yang cukup, kalium, vitamin B1 dan B6, mangan, niasin, asam folat, tembaga serta masih banyak lagi nutrisi penting yang terdapat didalamnya sehingga dapat berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi dalam tubuh.

Kemudian, terong juga mengandung nasunin yang dapat menghambat radikal bebas sehingga dapat meningkatkan sirkulasi darah dengan relaksasi dinding pembuluh darah. Anda dapat mengkonsumsi terong dalam bentuk apapun sesuai yang anda sukai.

Gunakan Ramuan Minyak kelapa

Meskipun minyak kelapa merupakan minyak yang memiliki kandungan lemak jenuh tetapi minyak kelapa dianggap sebagai salah satu pengobatan rumah yang dapat menguntungkan serta efektif untuk menurunkan kolesterol tinggi. Kandungan asam laurat yang terdapat dalam minyak kelapa dapat meningkatkan kolesterol baik (HDL) dan menurunkan kolesterol jahat (LDL). Anda dapat menambahkan minyak kelapa dalam porsi sedang ketika anda memasak, Setidaknya anda dapat mengkonsumsi satu sampai dua sendok makan minyak kelapa ini setiap hari.

Gunakan Ramuan Jahe

Jahe bukanlah bahan rempah yang hanya memiliki fungsi untuk menambah rasa dalam masakan anda. Tetapi, jahe juga dapat menurunkan kadar kolesterol tinggi. Anda bisa membuat teh jahe yang dapat mencegah sakit tenggorokan dan mengontrol kolesterol juga. Selain itu, anda juga dapat menambahkan jahe tersebut ke makanan yang sedang anda masak.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal Of nutrition telah menujukan ekstrak jahe yang dapat mengurangi kadar kolesterol dalam darah dan bahkan dapat memperlambat perkembangan aterosklerosis. Jahe juga dapat membantu menstabilkan gula darah dengan merangsang sel-sel pankreas dengan menurunkan lipid dalam darah. Tambahkan jahe segar kedalam hidangan favorit anda.

Bahan-bahan tradisional tersebut bisa anda dapatkan dengan mudah di dapur anda, hal tersebut akan menjadi satu hal yang menguntungkan bagi anda karena anda tidak harus bersusah payah untuk mencari bahan-bahan tersebut. Bahkan, sangat tidak mungkin jika anda tidak memiliki rempah tersebut karena semuanya sangat mudah sekali untuk didapatkan meski diluar rumah sekalipun.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *