Risiko kesehatan terkait dengan penggunaan Ponsel!

Telepon seluler dan handphone yang sekarang ini sudah menjadi bagian integral dari telekomunikasi yang modern di setiap kehidupan manusia. Di banyak negara penggunaan ponsel sudah menjadi salah satu hal yang dianggap penting dalam berbagai aktivitas keseharian mereka.

Namun, apakah anda tahu bahwa handphone memiliki pengaruh buruk bagi kesehatan? Mungkin anda akan mengabaikan hal tersebut atau bahkan anda berpura-pura untuk tidak mengetahuinya.

Risiko kesehatan terkait dengan penggunaan ponsel dapat menyebabkan tumor pada otak akibat dari radiasi pancaran cahaya yang di timbulkan handphone tersebut.

Selain itu, para ilmuwan juga telah melaporkan bahwa efek kesehatan yang merugikan dari penggunaan ponsel dapat mengakibatkan terjadinya perubahan pada aktivitas otak, waktu reaksi dan pola tidur. Berikut ini adalah risiko kesehatan akibat dari penggunaan ponsel.

Bahaya penggunaan Ponsel Untuk Kesehatan

Menyebabkan kanker

Seperti dilaporkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), ponsel memancarkan frekuensi radio (RF) 1000 kali lebih besar dari apa yang dipancarkan dari BTS. Hal ini jelas bahwa emisi meningkat ini mungkin memiliki beberapa efek buruk pada kesehatan pengguna.

Meskipun tidak ada bukti yang jelas menunjukkan bahwa paparan medan RF meningkatkan risiko kanker, tetapi Badan Internasional untuk Penelitian Kanker telah mengklasifikasikan RF sebagai karsinogen yang mungkin pada manusia.

Namun, baru-baru ini studi oleh para peneliti Swedia menemukan hubungan antara penggunaan ponsel dan kanker dan tumor otak. Hal ini menunjukkan bahwa perkembangan tumor otak akibat penggunaan ponsel dapat mengambil setidaknya 20-25 tahun. Dan tidak ada yang benar-benar digunakan ponsel selama itu.

Menyebabkan gangguan tidur

Entah bagaimana waktu malam selalu menjadi favorit di antara mengobrol biasa dan bergosip aneh. Tapi apakah anda tahu bahwa alasan utama mengapa anda kurang tidur? Beberapa studi telah menyimpulkan ini.

Salah satunya adalah penelitian kohort oleh Sara THOMEE et al yang menemukan bahwa penggunaan ponsel yang tinggi dikaitkan dengan gangguan tidur. Faktor utama untuk pola tidur terganggu semakin terbangun di tengah malam karena cincin mobile dan getaran dan peningkatan penggunaan ponsel pasca-malam sampai tengah malam.

Menyebabkan infertilitas

Hati-hati untuk anda para laki-laki! Telepon anda bahkan dapat membuat anda tidak subur. Sampai sekarang ada cukup bukti untuk menunjukkan bahwa radiasi ponsel dapat menurunkan jumlah sperma pada laki-laki.

Untuk mengidentifikasi apakah sama berlaku pada manusia, Wdowiak A dan rekan melakukan penelitian yang mengungkapkan bahwa sekelompok orang yang menggunakan ponsel memiliki jumlah sel sperma menurun dalam air mani, yang mengarah ke infertilitas ( kesuburan ).

Menyebabkan gangguan pendengaran

Hari ini, setiap orang alternatif di jalan telah terpasang dengan earphone. Tetapi itu bukan satu-satunya alasan mengapa gangguan pendengaran meningkat di masa muda dan orang dewasa.

Radiasi ponsel anda merupakan faktor tambahan yang membuat anda tuli. Studi melaporkan bahwa paparan jangka panjang untuk elektromagnetik bidang (EM) dari ponsel kontribusi untuk mengurangi fungsi pendengaran.

Sebuah studi oleh Oktay MF dan Dasdag S menunjukkan bahwa orang yang mengangkat panggilan telepon selama kurang lebih 2 jam setiap hari berada pada risiko yang lebih tinggi dari gangguan pendengaran dibandingkan dengan mereka yang sedang menggunakan dengan waktu 10 sampai 20 menit.

Menyebabkan Infeksi

Apakah beberapa banyak dari anda menggunakan ponseldi kamar kecil? Berikut adalah alasan mengapa anda tidak seharusnya melakukan hal tersebut. Ponsel tidak hanya berfungsi sebagai rumah untuk data berharga anda, tetapi juga membawa jutaan organisme menular.

Sebuah studi menemukan bahwa ponsel sangat terkontaminasi dengan organisme dari asal tinja. Keduanya adalah ceruk untuk beberapa kuman seperti E.coli (diketahui menyebabkan muntah dan diare ) dan Staphyloccocus aureus (diketahui menyebabkan infeksi kulit).

Menyebabkan masalah pada mata

Banyak orang menggunakan ponsel mereka untuk membaca e-book, melakukan web surfing, dan lain-lain selain dari SMS. Ketika anda melakukannya, mencolok layar dan ukuran huruf kecil maka hal tersebut dapat menempatkan banyak ketegangan pada mata anda, terutama jika anda membaca dalam keadaan gelap.

Ponsel memiliki layar yang lebih kecil sehingga anda cenderung juling atau membuka mata anda terbuka lebar dan berkedip dengan jumlah yang lebih kecil. Hal ini dapat menyebabkan mata kering, iritasi dan kemerahan.

Tindakan pencegahan untuk mengurangi paparan radiasi ponsel

Bukti sejauh ini menunjukkan bahwa ponsel tidak berbahaya, tetapi risiko jangka panjang dan konsekuensi yang belum di klarifikasi. Jika anda khawatir, anda dapat mengurangi ekspos terhadap RF radiasi dengan cara berikut ini :

  • Memilih model ponsel yang memiliki tingkat penyerapan spesifik rendah (SAR), yang mengacu pada jumlah radiasi RF yang diserap oleh jaringan tubuh
  • Menggunakan telepon rumah jika tersedia
  • Menjaga ponsel anda dari panggilan singkat
  • Menggunakan hands-free
  • Tidak membawa ponsel anda dekat dengan tubuh ketika diaktifkan
  • Menjadi waspada terhadap klaim bahwa perangkat pelindung atau ‘perisai’ dapat mengurangi ekspos terhadap radiasi RF. Meski tidak ada bukti yang menunjukkan perangkat ini bekerja. Bahkan, mereka dapat meningkatkan radiasi RF, karena ponsel secara otomatis akan meningkatkan output RF untuk memerangi efek perisai untuk mendapatkan tingkat terbaik komunikasi.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *