Solusi untuk mengatasi penyakit Demam Berdarah (DBD)

Penyakit demam berdarah, tentunya sudah sering kalian dengar bukan? Ya, penyakit ini adalah penyakit yang di akibatkan oleh serangan dari gigitan nyamuk aedes aegypti betina lewat air liur gigitan saat menghisap darah manusia. Demam berdarah ini merupakan penyakit yang membuat suhu tubuh penderitanya menjadi tinggi.

Dan pada umumnya penyakit ini juga di sertai dengan nyeri pada otot, persendian, tulang, sakit kepala, dan rasa nyeri di bagian belakang mata. Jika nyamuk aedes aegypti yang menghisap darah manusia tidak tercampur dengan virus, maka penyakit demam berdarah yang anda alami masih dalam batas normal dan wajar. Namun, jika nyamuk tersebut tercampur dengan virus maka penyakit demam berdarah yang anda alami kemungkinan akan menular pada anggota di rumah yang lainnya. Meski sebenarnya penyakit ini tidak berbahaya anda juga harus tetap untuk berhati-hati.

Gejala dari penyakit Demam Berdarah

Jika seseorang mengalami penyakit demam berdarah sebaiknya anda harus cepat menangani nya. Karena jika anda terlambat sedikit saja mengatasi penyakit ini, maka kemungkinan penderita akan meninggal dunia, karena fakta dari beberapa kasus seseorang meninggal dunia akibat terlambat nya penanganan dari penyakit demam berdarah ini.

Gejala dari demam berdarah sendiri yaitu :

  • Mengalami demam dengan suhu yang tinggi lebih dari 2 hari
  • Terasa nyeri di bagian persendian, tulang, dan otot
  • Penderita biasanya pucat, lesu, gelisah, serta dingin di ujung kaki dan tangan
  • Terdapat binti-bintik merah yang tidak hilang
  • Mengalami sakit kepala
  • Terasa mual, muntah dan terdapat ruam di kulit
  • Mengalami pendarahan ringan seperti di hidung, gusi dan mudah memar

Meski gejala-gejala di atas bisa saja gejala dari penyakit lain seperti komplikasi langka yang di tandai dengan sakit di bagian kepala, namun jika gejala tersebut berkembang, dapat di pastikan bahwa anda sedang mengalami penyakit demam berdarah. Orang-orang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah biasanya lebih mudah untuk terserang berbagai penyakit termasuk penyakit demam berdarah tersebut. Dan jika anda mengalami penyakit ini dua kali secara berturut-turut maka penyakit tersebut akan berkembang lebih dari risiko pada gejala pertama.

Penyebab dari penyakit Demam Berdarah

Penyakit demam berdarah ini sebenarnya salah satu jenis penyakit yang di sebabkan oleh adanya virus yang ditularkan oleh gigitan nyamuk aedes aegypti. Virus tersebut awalnya masuk dalam tubuh kemudian dia hidup di sel saluran pencernaan nyamuk, dan sekitar 8 hari 10 hari berikutnya, virus akan menyebar ke kelenjar saliva yang terdapat di tubuh nyamuk, lalu ke tempat produksi saliva atau air liur nyamuk. Oleh karena itu, seseorang yang terkena gigitan nyamuk aedes aegypti secara tidak langsung memindahkan virus dengue bersama air liur nyamuk ke dalam tubuh manusia.

Solusi untuk penyakit Demam Berdarah

Selain ada penyebab dan gejala suatu penyakit tentunya akan ada solusi untuk mengatasi penyakit tersebut, dan anda bisa mengatasi penyakit demam berdarah ini dengan beberapa hal berikut di bawah ini :

1. Daun pepaya

Daun pepaya sangat ampuh untuk mengobati penyakit demam berdarah, karena daun pepaya memiliki kandungan enzim papain, karpain, pseudokarpain, nikotin, kontinin, miosmin, dan glikosida karposid yang bermanfaat untuk menjalani proses penyembuhan penyakit demam berdarah tersebut.

2.Temu ireng

Mengobati demam berdarah juga bisa di lakukan dengan menggunakan daun yang satu ini. Meski daun meniran ini kecil-kecil bentuknya tetapi manfaatnya sangat besar untuk kesehatan manusia, dan tanaman ini sudah di kenal oleh banyak orang di Indonesia. Tanaman ini mengandung triterpenoid, flavoniod, tanin, alkaloid, dan asam fenolat. Anda hanya cukup merebus daun tersebut dengan air bersih kemudian air rebusan tersebut bisa anda minum setelah dingin. Bukan hanya bisa menyembuhkan penyakit demam berdarah saja tetapi juga bisa mengobati penyakit yang lainnya seperti panas dalam, ginjal, dan hati.

3. Temu ireng

Tanaman yang satu ini adalah tanaman yang mengandung minyak astiri (turmeron, zingiberene), kurkuminoid, serta alkaloid, saponin, pati, damar, dan lemak. Selain tanaman ini bisa bermanfaat untuk mengobati penyakit demam berdarah, tanaman ini juga bisa di pakai untuk mengobati penyakit hati kronis.

4. Mengkonsumsi jus kulit manggis

Pada kulit manggis terdapat kandungan antioksidan yang sangat baik untuk tubuh dan kesehatan manusia. Cara untuk mengkonsumsi jus kulit manggis ini cukup mudah, anda cukup mengaruk kulit manggis bagian dalam kemudian blender dengan mencampurkan madu di dalamnya . Dapatkan manfaat lain dari kulit manggis yang bisa anda gunakan untuk kecantikan dan kesehatan tubuh.

5. Teh herbal

Di dalam teh herbal biasanya terdapat kandungan jahe dan kapulaga yang sangat baik untuk mengobati penyakit demam berdarah. Untuk itu anda bisa memilih teh herbal sebagai salah satu cara untuk menyembuhkan penyakit demam berdarah.

Cara mencegah penyakit demam berdarah

1. Menguras bak mandi

Selain anda harus mengkonsumsi makanan-makanan yang sehat untuk menyembuhkan penyakit demam berdarah, anda juga perlu menjaga kebersihan sekitar termasuk bak mandi. Kuras bak atau tempat penyimpanan air minimal satu minggu sekali. Tutup secara rapat tempat penampungan air, supaya nyamuk tidak berkembang biak di tempat tersebut.

2. Mengubur barang bekas

Ketika barang-barang yang sudah tidak terpakai lagi di biarkan begitu saja maka barang-barang tersebut akan di jadikan tempat untuk berkembang biak oleh nyamuk. Seperti kaleng bekas, ban bekas, dan botol-botol bekas yang sudah tidak terpakai lagi.

3. Gunakan obat nyamuk atau body lotion

Pastikan di jendela kamar atau rumah anda tidak ada lubang sekecil apapun untuk mencegah terjadinya penyakit demam berdarah. Gunakan kamper atau kapur barus untuk membuat nyamuk jauh dari lingkungan rumah anda.

4. Merapikan kamar

Jika di kamar anda terdapat banyak baju yang bergantung lebih baik di lipat atau jika bekas memakai sebaiknya di simpan di tempat cucian, karena jika di kamar anda atau ruangan rumah yang lain nya terdapat baju yang bergantungan, itu akan di pakai oleh nyamuk dan di gunakan sebagai tempat berkembangbiaknya nyamuk.

5. Menaburkan bubuk abate

Jika di rumah anda terdapat atau mungkin sulit untuk menguras nya, anda bisa juga menaburkan bubuk abate tersebut. Dan gunakan selama 2 sampai 3 bulan sekali.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *