Stress, Gerbang Utama Penyakit Masuk

Kesehatan secara umum diartikan sebagai kesehatan jasmani dan rohani yang tidak terganggu oleh suatu penyakit apapun. Penyakit jasmani berhubungan dengan penyakit yang kita alami di luar ogan tubuh maupun di dalam tubuh. Sedangkan penyakit rohani adalah gangguan pada mental seseorang yang mengakibatkan gangguan jiwa seperti depresi, stress atau trauma.

Ketika seseorang yang sehat secara jasmani dan rohani, maka ia akan senantiasa menjalani rutinitas sehari-harinya dengan ceria dan tanpa beban. Namun seiring bertambahnya usia kita, maka beban yang dijalanipun akan lebih kompleks. Orang yang tidak bisa mengontrol dirinya karena kegiatan yang menumpuk dan tidak terselesaikan akan menyebabkan seseorang tertekan, di sinilah terjadinya kesehatan rohani kita terganggu. Jika kesehatan rohani kita terganggu, maka kesehatan jasmani pun akan melemah dan memudahkan penyakit masuk ke tubuh.

Sebenarnya tidak ada usia tertentu di mana seseorang bisa rentan terkena stress, karena anak-anak dan usia lanjutpun bisa mudah terkena stress dengan banyaknya permasalahan yang ia alami. Masalah yang terlalu difikirkan akan membuat seseorang semakin gelisah dan jika tidak ditangani dengan benar maka akan berbahaya.

Apa Faktor Penyebab Stress ?

Stress, Gerbang Utama Penyakit MasukStress merupakan Ketidakmampuan mental seseorang menghadapi persoalan yang terjadi di dalam hidupnya, sehingga mengakibatkan perubahan tindakan pada seseorang dan dapat mempengaruhi kesehatan tubuhnya . Ketika seseorang menghadapi suatu persoalan, otak akan menyuruh tubuh untuk melepaskan hormon dan mengubahnya menjadi energi untuk mengambil suatu tindakan. Itulah kenapa kita sulit berfikir jernih saat kita sedang stress, dan terbawa emosi. Di kalangan anak-anak stress juga bisa dialami karena adanya tekanan dari orang tua, lingkungan sekolah atau bahkan dari teman. Biasanya para orangtua mengalami stress karena adanya tekanan dari bos, masalah ekonomi, atau masalah sosial. Tidak tercapainya pemecahan masalah (problem solving) bisa jadi membuat seseorang malah mengambil jalan buntu atau tindakan yang sangat buruk.

Dampak Negatif Stress Bagi Tubuh Anda

  • Penyakit jantung, tahukah anda ? Sebagian serangan jantung diakibatkan karena keadaan seseorang sangat gelisah atau cemas. Karenanya aliran darah menjadi tersendat dan otak tidak mampu lagi mengontrol emosinya.
  • Diabetes, pada saat stress supplai serotonin dalam otak akan berkurang, maka produksi insulin pun akan berkurang. Insulin adalah hormon yang diproduksi pankreas untuk mengatur/menurunkan kadar glukosa dalam darah jika kadar insulin berkurang, maka kemampuan menetralisir glukosa pun akan terhambat dan terjadilan diabetes.
  • Penuaan dini, stress akan menyebabkan pengurangan panjang leukosit telomere. Saat Anda mengalami stres, telomere dapat memendek dengan cepat dan memicu penuaan dini.
  • Stroke, stres pada dasar¬≠nya mengganggu metabolisme yang mengakibatkan tekanan darah, sehingga memicu stroke.
  • Asam lambung, ketika anda stress lapisan pada lambung yaitu mukosa lambung akan menjadi lebih rentan, sehingga asam lambung pun akan lebih mudah mengiritasi lapisan lambung dan menghasilkan rasa nyeri.
  • Sakit kepala, saat emosi otak akan berkerja keras sehingganya syaraf-syaraf pada otak pun menegang dan menyebabkan seseorang terkena sakit kepala.
  • Obesitas, saking stressnya anda mencari pelarian. Pelariannya itu makanan, kalo seseorang stress dia akan memakan apapun yang akan membuatnya merasa nyaman, tidak peduli itu makanan yang berlemak atau makanan yang berat yang tidak memiliki nutrisi bagi tubuh.
  • Darah tinggi, orang yang stress biasanya akan cepat marah itu di karenakan peningkatan daya kerja¬† jantung bekerja lebih keras dari biasanya untuk mengedarkan darah melalui pembuluh darah yang kita sebut darah tinggi.
  • Disfungsi seksual, penyebabnya bisa terjadi karena adanya kecemasan dan kegelisahan pada seseorang, sehingga seorang pria biasanya sangat sulit untuk mencapai ereksi sesuai yang di inginkannya.
  • Asma, ketika seseorang sedang tertekan karena stress atau emosi, mereka akan bernapas lebih berat, cepat dan pendek. Itulah kenapa penderita asma bisa kambuh dan yang tidak mempunyai penyakit asma pun bisa terkena.
  • Penyakit lainnya, sangat penting untuk diperhatikan bahwasanya stress sangat mengganggu sistem kekebalan tubuh, yang pada akhirnya menyebabkan rentan terhadap infeksi dan flu, sembelit, diare, insomnia, dan mulas.

Cara Mengatasi Stress

  1. Curhat, cara ini biasanya sangat efektif untuk dilakukan, jika kita membagi permasalahannya dengan orang lain kita akan lebih merasa plong dan stress kita berkurang. Minta lah pendapat seseorang untuk masalah anda, jangan di pendam Sendiri. Namun ada baiknya jika kita curhat kepada orang-orang yang sudah kita percaya, seperti kepada pasangan, orangtua, saudara atau sahabat dan jangan ragu untuk mengungkapkan isi hati anda.
  2. Melakukan hobi, dengan melakukan hobi kita akan mendapatkan kesenangan dan menenangkan fikiran karena pada saat itu fikiran kita akan fokus pada hobi yang kita jalani.
  3. Pergilah ke spa, ketika anda lelah dengan rutinitas dan tidak ingin memikirkannya, hal yang satu ini sangat menyenangkan untuk di coba. Anda bahkan akan mendapatkan lebih dari apa yang anda harapkan sebelumnya.
  4. Olahraga, pada saat olahraga tubuh kita akan melepaskan hormon serotonin yang bisa membuat seseorang merasa senang. Olahraga akan meredakan emosi negatif yang ada pada diri seseorang dan berfungsi sebagai pengobatan tradisionalnya depresi.
  5. Berekreasi, meluangkan waktu dengan teman atau keluarga dengan mengadakan rekreasi akan meninggalkan semua yang membuatkan kita stress. Saat berkumpul tentu saja seseorang tidak akan merasa dirinya sendiri dan dia masih bisa tertawa walau sebegitu banyaknya tekanan yang kita dapati selama menjalani hidup ini.
  6. Tidur, waktu tidur adalah waktu yang sangat menyenangkan. Setelah seharian penuh dengan kerjaan maka tidurlah, anda tidak perlu stress. Tidur akan mengembalikan semua energimu yang hilang, selain itu tidur 8 jam sehari akan meremajakan tubuh dan siap melakukan aktifitas di hari berikutnya.
  7. Berfikir positif, berfikir positif memang sangat sulit dilakukan, apalagi saat kita sudah mendapatkan kemarahan bos. Tapi dengan berfikir positif anda bisa menghendle perasaan anda yang terbawa emosi.
  8. Mandi / berwudhu atau minum, sensasi dingin dari air biasanya akan membuat seseorang merasa sejuk kembali dan kandungan oksigen dari air bisa merefresh tubuh hingga fikiranpun akan terasa dingin kembali.
  9. Jangan terlalu difikirkan, dari pada di fikirkan mending anda pergi kepada seseorang yang bisa membantu anda dalam menyelesaikan pekerjaan anda. Jika tidak ada seseorang yang bisa membantu mungkin sekarang sudah banyak aplikasi atau situs-situs yang bisa menjawab pertanyaan anda.

Nah itulah sederet informasi dari saya semoga dapat bermanfaat, dan selalu lah bahagia karena sebagian penyakit bermunculan dari adanya faktor rohani yang terganggu sehingga berdampak pada kesehatan jasmani anda. Tidak hanya kebutuhan jasmani saja yang harus di penuhi, tetapi rohani kita juga butuh beberapa kebutuhan seperti hiburan, kesenangan, dan pendekatan diri kepada pencipta kita. Sekian dari saya, terimakasih atas perhatiannya.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *