Tanaman Obat Yang Bagus Untuk Mengatasi Batuk Terus Menerus

Tanaman Obat Yang Bagus Untuk Mengatasi Batuk Terus Menerus,- Batuk berfungsi untuk membersihkan saluran pernapasan dari bakteri. Batuk akan berubah menjadi penyakit berbahaya apabila terjadi secara terus menerus. Terdapat dua macam batuk paling berbahaya dan harus benar-benar diperhatikan keberadaannya. Yakni batuk akut dan kronis. Batuk akut biasanya terjadi selama 2-3 minggu sedangkan batuk kronis dapat berlangsung lama hingga berbulan-bulan.

Bagaimana dengan kondisi batuk yang terjadi secara terus-menerus? Apakah dikategorikan ke dalam batuk akut? Atau kronis?

Tanaman Obat Yang Bagus Untuk Mengatasi Batuk Terus Menerus

Batuk secara terus-menerus, adalah batuk yang berlangsung lebih lama dari kondisi pada umumnya. Sehingga secara tidak langsung masuk ke dalam kategori kronis yang apabila dibiarkan akan berakibat fatal untuk kesehatan. Gejala batuk kronis atau terus menerus biasanya didasari dengan rasa gatal pada tenggorokan. Penyebabnya pun beragam. Mulai dari kebiasaan merokok, alergi, gangguan tenggorokan hingga penyakit bronkitis kronis.

Pada awalnya mungkin batuk tidak mengganggu. Tapi lama kelamaan bukan hanya rasa tidak nyaman yang bisa anda rasakan melainkan pula kegaduhan akibat suara yang ditimbulkan dari batuk tersebut. Ini pastinya akan membuat anda semakin tidak percaya diri dong? Nah maka dari itulah kamu tidak boleh membiarkan keadaan ini berangsur lama. Segera cari solusi dan temukan pengobatan untuk mengatasi batuk terus menerus. 

Banyak cara yang dapat dipilih mulai dari pengobatan dengan konsumsi resep dokter hingga yang lebih efektif dengan mengkonsumsi atau membuat sendiri ramuan dari rempah-rempah pilihan. Namun meski bisa memilih sesuka hati, tetap saja kami sarankan anda untuk memilih jenis pengobatan tradisional. Kenapa harus dengan obat alami?

Pertama. Bahannya mudah ditemukan dan dijumpai dimana saja. Bisa di pasar, warung atau dapur kita sendiri. Yang kedua, namanya juga alami jadi sudah pasti kamu akan terhindar dari yang namanya efek samping atau ketergantungan obat. Lebih luar biasanya lagi kamu juga tidak berisiko mengalami overdosis obat.

Karena dalam beberapa dekade penggunaan obat tradisional yang berlebihan memiliki potensi sangat kecil untuk menimbulkan overdosis. Oleh karena itu, yuk atasi batuk dengan bahan alami yang jauh lebih aman. Berikut adalah tanaman obat yang bagus untuk mengatasi batuk terus menerus.

Tanaman Obat Yang Bagus Untuk Mengatasi Batuk Terus Menerus

Tanaman Obat Yang Bagus Untuk Mengatasi Batuk Terus Menerus

Mengingat pengobatan rumahan itu simpel dan mudah. Jadi bisa dipastikan kamu juga tidak akan merasa kesulitan untuk mendapatkan bahan-bahannya. Tak perlu berlama-lama lagi, inilah tanaman obat yang bagus untuk mengatasi batuk terus-menerus.

  • Kunyit. Di dalam kunyit terdapat kandungan anti inflamasi yang cukup kuat untuk membuang bakteri jahat yang berkembang di saluran pernapasan.
  • Bawang putih. Mengandung antioksidan tinggi yang berperan penting dalam mengusir kuman atau virus penyebab batuk yang tak kunjung sembuh.
  • Minum teh jahe. Sifat hangat yang dimiliki jahe mampu melonggarkan tenggorokan secara cepat dan menghilangkan rasa sakit akibat batuk kering. Untuk batuk berdahak pun teh jahe sangat direkomendasikan karena mampu menghilangkan dahak.
  • Nikmati ramuan cengkeh. Bentuknya memang mungkin, tapi jangan salah cengkeh mempunyai segudang manfaat bagi kesehatan termasuk untuk mengatasi batuk terus menerus. Ambil cengkeh secukupnya lalu rebus ke dalam 1 gelas air. Setelah itu, tiriskan dan minum air rebusan cengkeh tadi sebanyak 1 kali sehari.
  • Berkumur dengan air garam. Batuk, pilek, dan sariwan bisa dengan mudah diobati menggunakan air garam. Campurkan 1 sendok makan garam ke dalam segelas air hangat kemudian kumur-kumur sebanyak 2 kali sehari.
  • Mandi dengan air hangat. Kelembaban lingkungan cukup berpengaruh pada penderita batuk. Jika anda mengalami batuk yang tak kunjung sembuh dengan disertai sakit di dada, cobalah mandi dengan air hangat agar dapat meningkatkan suhu badan.
  • Hindari makan gorengan. Gorengan cenderung dibuat dengan minyak jelantah yang dipakai berulang kali. Penggunaan minyak goreng berulang tersebut sangat berisiko dan akhirnya membuat tenggorokan terasa gatal dan tersiksa hingga menyebabkan batuk.

Itulah tanaman obat yang bagus untuk mengatasi batuk terus menerus. Selain dapat membunuh virus penyebab batuk juga bisa menyembuhkan batuk dengan reaksi yang lebih cepat. Mengkonsumsi sup ayam secara rutin selama batuk menyerang juga telah dipercaya mampu melegakan tenggorokan dan gejala batuk kronis.


Kenapa seseorang bisa menderita batuk terus menerus?

Ada beberapa alasan paling mendasar yang membuat seseorang menderita batuk yang tak kunjung sembuh. Salah satu faktor utamanya adalah infeksi paru-paru yang disebabkan dari kotornya jaringan dalam paru-paru sehingga dengan mudahnya dapat memicu pertumbuhan virus dan bakteri.

Alasan lain kenapa seseorang mudah terserang batuk yang tak kunjung sembuh adalah kondisi kesehatan tertentu seperti penyakit asma. Penyakit saluran pernapasan tersebut merupakan ancaman cukup serius karena bisa menyebabkan penderitanya mengalami batuk dalam durasi yang lama. 

Bahkan dalam beberapa kasus, penderita batuk terus menerus bisa muncul hanya karena kita tidak mencukupi kebutuhan mineral. Semua orang pasti tahu, bahwa air merupakan asupan yang terbilang penting bagi tubuh. Itulah sebabnya mengapa penderita dehidrasi mudah terserang batuk dan jenis penyakit lainnya.

Karena mineral memiliki peranan pada semua kinerja organ dalam tubuh. Menghisap aroma dari air hangat tampaknya akan bermanfaat untuk kamu yang mengalami batuk, sebab aroma terapi ini mampu melegakan tenggorokan.


Apa yang terjadi jika batuk tidak segera diobati?

Batuk akan berkembang menjadi penyakit lebih serius apabila tidak diobati dalam waktu yang tepat. Bahkan batuk akan sangat berpengaruh pada beberapa aspek kehidupan dan bisa mengganggu gaya hidup. Anda akan mengalami kesulitan berbicara bahkan jarang menyelesaikan pembicaraan karena terhambat oleh batuk. Selain itu, teman-temanmu juga cenderung akan menjauh karena takut tertular infeksi dari batuk yang diderita. 

Tak cukup sampai disitu saja, batuk lambat laun juga akan merusak organ tubuh. Bayangkan saja setiap kali anda batuk maka dada dan punggung akan merasa tertekan dan tekanan tersebut umumnya bisa memicu rasa nyeri pada otot-otot di sekitarnya. Satu hal lagi bahwa batuk bukan hanya berdampak buruk untuk kita, tapi juga orang lain yang berada disekitar anda. Batuk mempunyai peranan kuat untuk melakukan penyebaran, baik itu secara langsung maupun tidak. 

Orang-orang akan lebih berhati-hati untuk berinteraksi dengan anda karena tidak mau tertular oleh virus yang bersarang pada tubuh. Intinya, kondisi kesehatan sekecil apapun tidak boleh dianggap remeh. Karena dalam jangka waktu yang tidak bisa diprediksi kondisi tersebut bisa berkembang menjadi penyakit yang lebih serius. Jika sudah seperti ini, mungkin pengobatan alami pun tidak cukup kuat untuk melawan penyebabnya.

Mengapa? Semakin parah kondisi penyakit yang dialami maka semakin besar pula kekuatan penyakit tersebut untuk melawan sistem kekebalan tubuh. Oleh karenanya lebih pandailah dalam menjaga kesehatan karena sehat itu tidak mahal. Cukup berikan apa yang dibutuhkan oleh tubuh, maka kesehatan akan terjamin 100%.

Tulisan ini dipublikasikan di Manfaat dan tag , , , , , . Tandai permalink.