Tanda dan Gejala Depresi selama Kehamilan

Depresi adalah jenis gangguan mood yang menyebabkan perasaan sedih dan putus asa. Kehamilan seharusnya menjadi salah satu saat yang paling bahagia untuk wanita.

Namun, sebagian perempuan menganggap bahwa kehamilan adalah sesuatu hal yang membingungkan, menakutkan, stres bahkan depresi.

Menurut The American Congress of Obstetricians dan Gynecologists (ACOG), antara 14-23% wanita akan berjuang dengan beberapa gejala depresi selama kehamilan.

Apakah hubungan Depresi dengan Kehamilan ?

Depresi selama kehamilan, atau antepartum depresi, merupakan gangguan mood seperti depresi klinis. Gangguan mood adalah penyakit biologis yang melibatkan perubahan kimia pada otak.

Selama kehamilan, perubahan hormon dapat mempengaruhi zat kimia dalam otak anda, yang secara langsung berhubungan dengan depresi dan kecemasan. Ini dapat diperburuk oleh situasi kehidupan yang sulit, yang dapat mengakibatkan depresi selama kehamilan.

Depresi setelah melahirkan disebut depresi postpartum. Perubahan hormon dapat memicu gejala depresi postpartum. Ketika anda hamil, tingkat hormon estrogen (ESS-truh-jen)  dan progesteron (Proh-JESS-tur-Ohn) pada perempuan akan sangat meningkat.

Dalam waktu 24 jam pertama setelah melahirkan, kadar hormon akan kembali normal dengan cepat. Para peneliti berpikir perubahan besar dalam kadar hormon dapat menyebabkan depresi.

Apa tanda-tanda Depresi pada Kehamilan ?

Wanita hamil yang mengalami depresi biasanya mengalami beberapa gejala berikut selama 2 minggu atau lebih.

  • Kesedihan persisten
  • Kesulitan berkonsentrasi
  • Tidur terlalu sedikit atau terlalu banyak
  • Kehilangan minat dalam kegiatan yang biasanya anda nikmati
  • Pikiran berulang tentang kematian, bunuh diri, atau keputusasaan
  • Kegelisahan
  • Perasaan bersalah atau tidak berharga
  • Perubahan kebiasaan makan

Beberapa gejala depresi, seperti kelelahan atau kesulitan tidur adalah hal yang normal selama kehamilan . Tapi ketika anda juga memiliki rasa sedih atau putus asa, kehilangan minat atau kesenangan dalam hal-hal yang anda nikmati tidak dapat berfungsi dalam kehidupan sehari-hari anda, mungkin anda mengalami depresi.

Apa saja Faktor risiko Depresi selama Kehamilan ?

Faktor-faktor yang berisiko selama kehamilan ini lebih sering muncul ketika anda sudah melahirkan. Wanita yang mengalami depresi selama kehamilan memiliki risiko lebih besar depresi setelah melahirkan. Preventive Services US Task Force merekomendasikan skrining untuk depresi selama dan setelah kehamilan, terlepas dari faktor risiko seorang wanita untuk depresi.

  • Sebuah sejarah pribadi depresi atau penyakit mental lainnya
  • Sebuah riwayat keluarga depresi atau penyakit mental lainnya
  • Kurangnya dukungan dari keluarga dan teman-teman
  • Kecemasan atau perasaan negatif tentang kehamilan
  • Masalah dengan kehamilan sebelumnya atau kelahiran
  • Pernikahan atau masalah uang
  • Peristiwa kehidupan yang penuh stres
  • Terlalu muda/ terlalu tua
  • Penyalahgunaan zat

Apakah Depresi berpengaruh buruk pada Janin ?

Depresi yang tidak diobati dapat memiliki risiko berbahaya untuk ibu dan bayi. Depresi yang tidak diobati dapat menyebabkan gizi buruk, mengkonsumsi alkohol, merokok, dan perilaku bunuh diri, yang kemudian dapat menyebabkan kelahiran prematur, berat badan lahir rendah, dan masalah perkembangan bayi.

Seorang wanita yang depresi sering tidak memiliki kekuatan atau keinginan untuk merawat dirinya sendiri atau bayinya untuk berkembang. Bayi yang lahir dari ibu yang mengalami depresi mungkin kurang aktif, menunjukkan kurang perhatian dan lebih gelisah daripada bayi yang lahir dari ibu yang tidak memiliki tekanan.

Inilah sebabnya mengapa mendapatkan bantuan yang tepat adalah penting untuk keduanya, ketika ibu hamil mengalami depresi. Jika anda mengambil antidepresan ditrimester ketiga, bayi anda mungkin mengalami penarikan saat lahir.

Ini mungkin akan menjadi ringan dan singkat tetapi bisa termasuk masalah pernapasan, gelisah dan mudah tersinggung, gula darah rendah (hipoglikemia), atau kesulitan makan pada saat bayi sudah dilahirkan.

Pengobatan Depresi selama Kehamilan

Jika anda merasa bahwa anda berjuang dengan depresi, langkah yang paling penting adalah untuk mencari bantuan. Bicarakan dengan dokter anda tentang gejala dan perjuangan yang anda alami selama depresi. Penyedia layanan kesehatan anda menginginkan yang terbaik untuk anda dan bayi anda untuk itu layanan kesehatan tersebut akan menyarankan anda untuk mengkonsumsi Ovary Nutrition Capsule jika anda ingin melakukan perawatan.

Menahan diri untuk mengatasi terlalu banyak pekerjaan sebelum bayi anda lahir .Mungkin anda merasa perlu membersihkan rumah atau melakukan banyak pekerjaan tambahan sebelum anda melahirkan, tetapi hal tersebut bukan hal yang baik ketika anda melakukannya.

Jangan mencoba untuk menangani depresi pada saat kehamilan saja. Menyusul rencana perawatan individual adalah cara terbaik untuk tetap sehat selama kehamilan dan seterusnya. Semua anak berhak mendapatkan kesempatan untuk memiliki ibu yang sehat. Begitu juga sebaliknya, semua ibu layak memiliki kesempatan untuk menikmati hidup mereka dan anak-anak mereka.

Jika anda merasa tertekan selama kehamilan atau setelah melahirkan, tolong beritahu orang yang dicintai dan hubungi dokter anda segera. Selain dari pengobatan yang anda perlukan, anda juga harus memperhatikan hal-hal yang berhubungan dengan kehamilan selama anda hamil, seperti bagaimana cara menjaga kehamilan, serta konsumsi makanan sehat untuk ibu hamil agar terhindar dari berbagai penyakit yang dapat membahayakan kandungan anda.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *