Tiga jenis penyakit yang di sebabkan oleh virus

Sebenarnya banyak jenis penyakit lainnya yang di sebabkan oleh virus, namun yang paling berbahaya dan sering kita jumpai adalah ke-3  jenis penyakit di bawah ini :

POLIO

Polio (juga dikenal sebagai poliomyelitis) adalah penyakit yang sangat menular yang disebabkan oleh virus yang menyerang sistem saraf. Anak-anak berusia di bawah 5 tahun lebih mungkin untuk kontrak virus dari kelompok lain. Diperkirakan bahwa 95-99 persen orang yang terkena virus polio tidak menunjukkan gejala. Hal ini dikenal sebagai polio subklinis. Bahkan tanpa gejala, orang yang terinfeksi virus polio masih dapat menyebarkan virus dan menyebabkan infeksi pada orang lain.

Tanda polio yang dapat berlangsung dari satu sampai 10 hari :

  • Demam
  • Sakit tenggorokan
  • Sakit kepala
  • Muntah
  • Kelelahan
  • Radang selaput

Gejala-gejala polio antara lain:

  • Hilangnya refleks
  • Kejang parah dan nyeri otot
  • Longgar dan floppy anggota badan, kadang-kadang hanya pada satu sisi tubuh
  • Kelumpuhan mendadak, sementara atau permanen
  • Tungkai cacat, terutama pinggul, pergelangan kaki, dan kaki

Pencegahan penyakit polio :

Ada beberapa makanan yang baik untuk di konsumsi dalam jangka panjang bagi penderita polio, yaitu :

  • Makanan yang mengandung protein, fungsi dari protein yaitu untuk membantu pertumbuhan dan perbaikan tubuh dan pembekuan dara
  • Makanan yang mengandung karbohidrat, fungsinya yaitu untuk menambah energi dan ntuk membantu tubuh menyerap vitamin tertentu dan untuk memberikan asam lemak esensial (EFA), yang memiliki peran penting bagi tubuh
  • Makanan berserat atau mengandung serat yang tinggi, ini berfungsi untuk membantu anda supaya merasa kenyang, dan mengontrol kadar gula darah dan menjaga sistem pencernaan anda  agar tetap sehat
  • Mengkonsumsi vitamin dan mineral, karena vitamin dan mineral memiliki fungsi untuk berbagai proses dalam
    tubuh, termasuk pertumbuhan dan perbaikan pencernaan
  • Mengkonsumsi air putih, karena air dapat membantu mengoptimalkan tubuh. Air sangat penting untuk proses kimia dalam tubuh dan untuk mengangkut nutrisi di sekitarnya

HEPATITIS

Hepatitis mengacu pada kondisi peradangan hati. Ini umumnya disebabkan oleh infeksi virus. Hepatitis dapat disebabkan oleh kerusakan hati dari konsumsi alkohol yang berlebihan. Hal ini kadang-kadang disebut hepatitis sebagai beralkohol. Alkohol menyebabkan hati membengkak dan meradang. Penyebab beracun lainnya termasuk terlalu sering menggunakan obat atau paparan racun.

Tanda dan gejala hepatitis :

  1. Mudah lelah
  2. Gejala seperti flu
  3. Urine berwarna gelap
  4. Tinja pucat
  5. Sakit perut
  6. Kehilangan selera makan
  7. Penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan
  8. Kulit dan mata yang berwarna kuning

Hepatitis menular melalui darah dan dapat dicegah dengan :

  1. Tidak berbagi jarum suntik narkoba
  2. Tidak berbagi pisau cukur
  3. Tidak menggunakan sikat gigi orang lain
  4. Tidak menyentuh darah tumpah

Pencegahan  penyakit hepatitis :

Ada beberapa makanan yang baik untuk di konsumsi dalam jangka panjang bagi penderita hepatitis, yaitu :

  1. Minyak zaitun, minyak zaitun adalah lemak sehat yang dianjurkan sebagai makanan yang harus di konsumsi oleh penderita hepatitis.
  2. Buah-buahan dan sayuran ini menjadi salah satu bagian penting untuk membantu dalam pemulihan dari penyakit hepatitis ini. Karena buah dan sayuran sangat penuh dengan nutrisi penting dan mudah dicerna.
  3. Makanan yang mengandung protein yang sehat dalam bentuk susu rendah lemak dan daging tanpa lemak, kacang-kacangan, telur dan kacang kedelai juga baik untuk di konsumsi.
  4. mengkonsumsi biji-bijian, karena biji-bijian sangat bermanfaat untuk penderita hepatitis. Ini bisa dalam bentuk roti gandum atau beras merah, pasta gandum atau bubur. Termasuk biji-bijian lain seperti gandum utuh, nasi, gandum, dan jagung.

Flu burung

Gejala flu burung pada manusia dapat bervariasi dan berkisar dari gejala khas” flu (demam, sakit tenggorokan, nyeri otot) untuk infeksi mata dan pneumonia. Penyakit yang disebabkan oleh virus H5N1 adalah bentuk yang sangat parah  dari pneumonia yang mengarah ke pneumonia virus dan kegagalan multiorgan pada banyak orang yang terinfeksi.

Gejala sering masuk ke masalah pernapasan yang parah, pneumonia, dan gangguan pernapasan akut. Meski pun flu burung sangat mudah menular kepada burung lainnya, tetapi flu burung jarang sekali menular ke manusia, namun walaupun begitu, anda tetap harus waspada karena penyakit bisa datang kapan dan di mana saja. Faktor risiko bagi orang yang tertular flu burung biasanya orang-orang yang berhubungan dengan burung dan peternakan unggas hingga kotoran burung.

Flu burung  biasa terjadi karena disebabkan oleh :

  • Virus influenza yang telah berevolusi secara khusus diadaptasi untuk memasuki flu burung. Ada tiga jenis utama influenza: A, B, dan C.
  • Virus yang menyebabkan flu burung adalah influenza tipe A virus influenza diklasifikasikan lebih lanjut dengan menganalisis dua protein pada permukaan virus.
  • Protein yang disebut hemagglutinin (H) dan neuraminidase (N). Ada berbagai jenis hemagglutinin dan neuraminidase protein. Misalnya, virus patogen flu burung baru-baru ini memiliki tipe 5 hemagglutinin dan 1 neuraminidase. Dengan demikian, virus ini di beri nama  “H5N1”

Gejala flu burung

  1. Demam (di atas 38 Celcius atau 100.4 Fahrenhait)
  2. Merasa tidak enak badan (malaise)
  3. Batuk (biasanya kering atau berdahak)
  4. Sakit tenggorokan
  5. Nyeri otot dan / atau nyeri
  6. Mual, muntah dan diare
  7. Sakit kepala, nyeri sendi dan mudah lesu
  8. Sekresi hidung (hidung meler atau bersin)
  9. Insomnia, dan infeksi mata

Pencegahan penyakit flu burung :

Beberapa hal yang perlu di lakukan agar terhindar dari penyakit flu burung yaitu :

  • Membersihkan tempat atau kandang unggas setiap hari
  • Mencuci tangan menggunakan air hangat dan sabun atau pembersih tangan yang lainnya, setelah anda melakukan kontak dengan unggas
  • Jangan menyentuh burung
  • Hindari tempat, benda atau yang lainnya dengan kotoran burung di atasnya
  • Jika anda berjalan dan menyadari Anda telah melangkah di kotoran burung, membersihkan alas kaki Anda dengan sabun dan air.

Jika anda sudah terkena penyakit flu burung, maka anda bisa melakukan pengobatan alami dengan bahan bahan berikut ini :

  1. Bawang putih adalah obat alami yang kuat dengan kemampuan luar biasa untuk melindungi diri dari flu burung. Bawang putih memiliki kandungan sebagai anti-virus dan antibiotik. Bawang putih paling ampuh bila di remas pertama dan kemudian dimakan mentah atau dibuat menjadi teh
  2. Kunyit, senyawa kurkumin yang terdapat di dalam kunyit sebagai anti inflamasi  yang dapat mengurangi beberapa efek mematikan dari flu burung
  3. Teh hijau, teh hijau memiliki sifat anti-virus dan membatasi pelepasan enzim, neuraminidase. Dianjurkan untuk minum sekitar tiga sampai enam cangkir teh hijau setiap hari.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *