Tips Menghilangkan Jerawat Batu Dan Mencerahkan Kulit

Kulit merupakan perlindungan pertama manusia yang berfungsi melindungi organ dan atau daging dalam tubuh manusia. Kulit berfungsi sebagai alat sekresi karena mempunyai kelenjar keringat. Selain itu, kulit juga sangat berfungsi untuk pengatur dan penyeimbang suhu tubuh, alat peraba, tempat membuat vitamin D dengan bantuan dari sinar matahari.

Dalam kulit terdapat 3 lapisan penyusunnya yang terdiri dari lapisan epidermis, dermis dan hipodermis. Lapisan epidermis berfungsi melindungi kulit dari bahaya cahaya sinar ultra violet dan memberikan warna (pigmen kulit), dan menggantikan kulit yang mati. Dermis merupakan lapisan kulit yang ke2, di dalam dermis terdapat pembuluh darah, akar rambut, ujung syaraf, kelenjar keringat, dan kelenjar minyak. Dan lapisan ke3 merupakan hipodermis yang menjadi tempat penyimpanan lemak dan berfungsi sebagai penahan panas tubuh dan melindungi dari benturan.

Kulit wajah merupakan bagian kulit dari tubuh kita yang sangat rentan dan sensitif karena ketebalannya yang tidak seperti kulit dari bagian tubuh kita yang lainnya, alias tipis. Setiap hari wajah kita tidak tertutupi oleh pakaian, tidak seperti kaki dan tangan. Sebagian orang menutupi wajahnya dengan cara memberi lapisan perlindungan dengan make up agar kulit wajah tidak langsung terpapar sinar matahari dan terkena debu. Namun yang harus diwaspadai bahwa fakta dari kosmetik juga bisa menjadi penyebab terjadinya masalah pada kulit wajah yang akhirnya menimbulkan jerawat karena kandungan kimia berbahaya di dalamnya.

Dalam kosmetik tertentu terkadang mencampurkan bahan merkuri di dalamnya, merkuri merupakan bahan logam berbahaya dan bersifat racun. Selain itu, merkuri juga bisa menimbulkan perubahan pada warna kulit, alergi, iritasi, jerawat dan bintik hitam pada wajah. Wanita sering tergiur dengan produk kecantikan apalagi dengan harga murah, tipsnya pilihlah kosmetik yang sudah berstandar dan kenali komposisinya. Coba juga Anti Acne Cream untuk solusi kulit wajah seperti jerawat batu.

Banyak hal yang harus kita hindari agar kulit wajah kita tetap besih dan bercahaya, pemilihan makanan yang tepat dan minum air 1 liter sehari bisa sangat membantu untuk pencegahan. Namun jika anda sudah mengalaminya anda tidak perlu kahwatir saya akan membagikan tips seputar menghilangkan jerawat batu dan mencerahkan kulit dengan bahan alami. Dengan bahan alami kita tidak perlu khawatir mengenai efek samping, namun anda harus bersabar jika hasilnya belum terlihat juga setelah beberapa minggu / bulan pemakaian. Berikut tipsnya :

  1. Tomat, buah yang juga tergolong sayuran ini sangat kaya akan vitamin E yang bisa mengurangi peradangan akibat jerawat batu, menghilangkan flek hitam, dan membantu mencerahkan kulit. Anda hanya tinggal mengirisnya dan mengoleskannya ke wajah.
  2. Jeruk nipis, buah asam ini mengandung aktibakterial, anti-inflamasi dan antibiotik alami yang efektif sebagai penghilang jerawat batu, namun memakai jeruk nipis akan sedikit terasa perih karena menyerap ke dalam pori-pori.
  3. Mengkudu, seperti yang kita tahu buah ini sangat pahit dan tidak enak untuk dimakan, namun ternyata dibalik itu khasiatnya lebih penting dari pada rasanya. Mengkonsumsi buah mengkundu bisa memperlancar aliran darah dan membuang darah kotor penyebab munculnya jerawat.
  4. Putih telur, dalam putih telur mengandung protein yang bisa mengatasi penyumbatan kotoran pada pori-pori dan membuat kulit kencang. Buat masker dengan putih telur, oleskan ke wajah kemudian kupas setelah putih telurnya mengering.
  5. Bawang putih, bumbu masakan ini mampu mengeringkan jerawat batu. Selain itu, sifat antiseptiknya juga berguna untuk melawan bakteri penyebab jerawat batu, bahkan hingga ke lapisan kulit paling dalam.
  6. Kentang, dalam kentang terkandung suatu zat yang bernama “alkali” yang dapat bermanfaat untuk membersihkan kelenjar minyak yang menyumbat pori-pori kulit. paurtlah kelapa dan kemudian oleskan ekstraknya ke wajah anda.
  7. Teh hijau, bukan untuk dikonsumsi tapi teh hijau kali ini adalah untuk menguapi wajah anda. Dalam teh hijau terdadapt kandungan anti-oksidan yang sangat baik untuk kulit, caranya seduh teh hijau dengan air panas dan ketika uapnya muncul posisikanlah wajah anda ke uap tersebut.
  8. Daun mahkota dewa, tanaman mahkota dewa memiliki kandungan anti iritan dan anti radang sehingga sangat efektif untuk meredakan peradangan dan membasmi jerawat. Haluskan buah, daun atau umbinya lalu tempelkan pada wajah anda.
  9. Lidah buaya, tanaman hias ini juga berguna untuk peradangan pada jerawat dan mencegah bakteri berkembang. Gel alaminya membantu meremajakan kulit wajah anda dan menyehatkan kulit.
  10. With hazel, tanaman ini sangat kaya akan manfaat dan bekerja sebagai disinfektan, bahan ini berguna untuk mengurangi jumlah bakteri pada wajah dan pori-pori.
  11. Pepaya, dalam pepaya terkandung enzim yang disebut papain yang memiliki fungsi mengurangi peradangan dan mencegah munculnya nanah. Buah pepaya juga dapat menghilangkan sel-sel kulit mati dan membuat wajah lebih lembut dan halus.
  12. Kulit pisang, mengandung lutein sebuah antioksidan yang dapat mengurangi pembengkakan, peradangan serta mendorong sel-sel baru. Caranya, gosokanlah kulit pisang ke wajah anda dan makan saja pisangnya.
  13. Stroberi, buah yang asam ini memiliki kandungan kadar asam salisilat tinggi yang dapat menghilangkan jerawat secara cepat. Asam ini berfungsi untuk membuka pori-pori yang tersumbat dan menetralisir bakteri sehingga tak menyebabkan infeksi.
  14. Daun mint, Mint memiliki kandungan mentol yang berfungsi sebagai anti inflamasi dan penghilang nyeri pada jerawat, dan bisa menghuilangkan efek kemerahan akibat adanya jerawat.
  15. Baking soda, bahan yang sering kita jadikan sebagai campuran dari bahan kue ini mengandung antideptik yang dapat melawan bakteri dan jamur pada jerawat serta dapat mengeringkan minyak berlebih pada kulit.
  16. Oatmeal, manfaat oatmeal sangatlah banyak. makanan yang kaya dengan serat ini sangat baik bagi tubuh dan efekrtif membersihkan pencernaan dan mendetoksifikasi tubuh kita.

Itulah bahan-bahan alami yang bisa mencegah dan menghilangkan jerawat membandel pada wajah, namun anda harus sabar ketika menggunakannya. Anda hanya tinggal memilih metode mana dan bahan apa yang akan digunakan untuk merawat wajah cantik anda. Sekian tips dari saya, terimakasih.


Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *