Tips untuk menjaga kehamilan agar tetap sehat

Kehamilan adalah suatu keadaan membawa embrio atau janin dalam tubuh wanita. Kondisi ini dapat ditunjukkan dengan hasil positif pada over the counter tes urine, dan dikonfirmasi melalui tes darah, USG, deteksi detak jantung janin, atau X-ray. Kehamilan berlangsung selama sekitar sembilan bulan, diukur dari tanggal periode menstruasi terakhir wanita (LMP). Hal ini konvensional dibagi menjadi tiga trimester, masing-masing sekitar tiga bulan panjang.

Cara-cara menjaga kehamilan

Agar bayi yang ada di dalam kandungan tetap sehat tentu anda sebagai seorang ibu harus mengetahui bagaimana cara menjaga kesehatan tubuh agar kehamilan tetap sehat serta terhindar dari faktor yang memengaruhi kehamilan anda, dan berikut di bawah ini adalah cara-cara nya.

1. Mulai kehamilan dengan berat badan yang ideal

Hal yang paling penting yang dapat anda lakukan sebelum hamil, selain dari mengambil vitamin prenatal, anda juga harus memulai kehamilan pada berat badan yang sehat dan ideal. Dan anda juga bisa menurunkan berat badan anda jika perlu, apalagi jika anda memiliki penyakit kolesterol yang tinggi sebaiknya anda melakukan pengobatan agar saat anda hamil bisa terhindar dari penyakit serta sehat sampai pada proses persalinan di mulai.

2. Menjaga kalori dalam tubuh

Anda tidak perlu terlalu banyak memasukkan ataupun mengeluarkan kalori karena kalori yang ideal pada ibu hamil yaitu sekitar 340 sampai 450 jumlah kalori. Kemudian pilih juga cemilan yang sehat dan ahli gizi Frances Largeman-Roth, penulis Feed Belly: The Pregnant Mom Healthy Eating Guide juga menyarankan bahwa ibu hamil yang mengkonsumsi snack setiap 3 jam sekali mampu melindungi ibu tersebut dari gangguan obesitas. Karena obesitas adalah salah satu penyebab timbulnya penyakit kanker ovarium yang dapat memengaruhi proses kehamilan anda.

3.Berolahraga secara teratur

Olahraga adalah salah satu cara yang baik untuk tetap menjaga kebugaran tubuh, dan ini juga akan membantu anda saat hamil karena membawa janin dalam perut. Olahraga juga dapat mengembalikan bentuk tubuh anda seperti semula saat anda sudah melalui proses persalinan. Penelitian telah membuktikan bahwa ibu hamil yang sering melakukan olahraga dapat membantu anda mengurangi stres, serta dapat meningkatkan tingkat serotonin, zat kimia otak yang terkait dengan suasana hati.

4. Katakan tidak pada alkohol

Jika anda sedang hamil kemudian megkonsusmsi alkohol, maka bayi yang ada di dalam perut juga dapat menghirupnya melalui aliran darah, melintasi plasenta, dan bayi anda bisa berakhir dengan tingkat yang lebih tinggi dari alkohol dalam darah daripada yang anda miliki.Sedikitnya satu gelas sehari dapat meningkatkan peluang ada untuk memiliki bayi dengan berat lahir rendah dan meningkatkan risiko untuk masalah belajar, berbicara, rentang perhatian, bahasa, dan hiperaktif.

5. Berhenti merokok

Merokok meningkatkan risiko keguguran, masalah pertumbuhan, solusio plasenta, dan kelahiran prematur. Beberapa penelitian bahkan telah dikaitkan merokok dengan peningkatan risiko memiliki bayi dengan bibir sumbing. Merokok selama kehamilan meningkatkan kemungkinan bahwa bayi akan lahir mati atau mati pada masa bayi. Tidak pernah terlalu terlambat untuk berhenti atau mengurangi. Bahkan jika anda bukan seorang perokok, cobalah untuk tinggal di tempat atau lingkungan yang jauh dari asap rokok.

6. Istirahat yang cukup

Jika sakit punggung yang mengganggu tidur anda, cobalah untuk tidur di sisi kiri dengan lutut ditekuk. Anda bahkan dapat menempatkan bantal untuk mengurangi tekanan pada punggung anda. Yoga, dan pijat hangat juga bisa membantu anda dalam mengatur pernapasan.

7.  Kunjungi dokter gigi secara teratur

Perawatan gigi sangat penting selama kehamilan. Hal ini karena tubuh Anda memproduksi lebih tinggi dari tingkat normal estrogen dan progesteron, yang keduanya (di tingkat tinggi) dapat bertanggung jawab untuk menyebabkan gingivitis dan penyakit gusi, yang mengarah ke perdarahan, sensitivitas gusi, dan gusi bengkak secara teratur.

8. Konsumsi makanan kaya kalsium

Kalsium sangat penting untuk wanita hamil, anda harus mencoba untuk mengkonsumsi tambahan 1.000 miligram kalsium per hari. Sumber besar kalsium termasuk yogurt, keju keras, susu, dan bayam. Dengan mengkonsumsi lebih banyak kalsium, anda akan membantu dalam perkembangan tulang dan saraf anak. Vitamin D penting untuk di konsumsi juga, seperti yang diperlukan bagi tubuh anda untuk menyerap kalsium. Hal ini ditemukan di sebagian besar makanan yang sama seperti kalsium, serta sereal dan roti.

9. Asam Folat

Anda akan mendapatkan asam folat dalam suplemen prenatal. Namun, anda harus mencoba untuk makan asam folat secara alami dalam makanan untuk hasil terbaik. Asam folat bertanggung jawab untuk enzim berfungsi untuk memproduksi darah pada bayi anda. Makanan yang mengandung asam folat termasuk kale, lobak, bayam, labu, dan kacang-kacangan. Semua makanan ini mengandung nutrisi bermanfaat lainnya, jadi cobalah untuk makan 1-2 porsi per hari.

10. Zat besi

Besi digunakan dalam tubuh untuk produksi sel darah, baik dalam tubuh Anda sendiri dan anak yang ada dalam kandungan. Makanan yang mengandung kadar tinggi zat besi termasuk daging merah, bayam, dan biji-bijian yang diperkaya zat besi (seperti roti tertentu dan sereal). Mendapatkan setidaknya satu porsi makanan penuh besi ini per hari.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *