23 Obat Bronkitis Kronis Yang Bisa Dibuat Sendiri

23 Obat Bronkitis Kronis Yang Bisa Dibuat Sendiri,- Bronkitis merupakan jenis penyakit cukup umum yang sering dikeluhkan banyak orang. Bronkitis terbentuk akibat peradangan yang meninfeksi jaringan bronkial. Penderita bronkitis seringkali mengalami batuk berdahak yang tidak kunjung membaik meski sudah dilakukan pengobatan. Lendir yang dimiliki si penderita bronkitis juga cenderung berubah-ubah warna. 

Ada dua jenis bronkitis yang sering menyerang manusia yaitu bronkitis akut dan kronis. Seseorang dikatakan menderita penyakit bronkitis akut jika kemunculan utamanya disebabkan oleh infeksi di saluran udara dalam paru-paru, sedangkan bronkitis kronis merupakan kondisi dimana iritasi berlangsung secara terus menerus di saluran bronkial.

Sejauh ini penyakit bronkitis masih diatasi dengan cara mengurangi risiko. Paling besar berpengaruh pada penyakit ini adalah kebiasaan merokok. Rokok memang bisa menenangkan pikiran dan memperbaiki mood, namun kebiasaan ini kurang bagus sebab dapat merusak susunan fungsi saraf, mengotori sel darah dan memengaruhi kinerja paru-paru. Tak sedikit kasus kanker paru-paru yang memakan korban akibat kebiasaan merokok. Jika kamu tidak mau hal ini terjadi sebaiknya hentikan kebiasaan buruk tersebut dari sekarang.

Lebih bahayanya lagi, bronkitis kronis tidak selalu memperlihatkan gejala. Sehingga tidak heran kalau penderitanya baru merasakan setelah memasuki usia lanjut dengan ciri-ciri stamina menurun dan batuk yang tidak sembuh-sembuh. Jika sudah begini maka dipastikan dapat merusak fungsi paru-paru dan penderitanya juga mengalami kesulitan bernapas. Dalam kasus yang sering terjadi, bronkitis kronis dapat berkembang dan menimbulkan reaksi komplikasi seperti gagal jantung, pembekuan darah, serta kematian dini.

Bagaimana jika sudah terlanjur menderita bronkitis kronis? Apakah tidak ada pengobatan yang bisa dicoba agar kondisi kembali pulih? Tenang dan jangan khawatir. Sekarang sudah banyak pengobatan bronkitis kronis yang bisa dicoba, mulai dari yang biasa hingga mahal sekali pun. Nah, supaya tidak menimbulkan efek samping parah sebaiknya anda coba gunakan 23 Obat Bronkitis Kronis Yang Bisa Dibuat Sendiri berikut ini. ↵


23 Obat Bronkitis Kronis Yang Bisa Dibuat Sendiri


Banyak jenis pengobatan tradisional yang dapat mengobati bronkitis kronis. Tidak melulu menggunakan medis, inilah 23 obat bronkitis kronis yang bisa dibuat sendiri di rumah. Selain lebih minim budget, juga lebih praktis dan bahan-bahannya pun sangat mudah didapatkan.

1. Minum cukup air putih

Sesederhana itu? Ya betul sekali. Mengobati bronkitis kronis paling praktis dan mudah dilakukan adalah minum air putih. Memenuhi kebutuhan mineral dalam tubuh dapat mengurangi produksi lendir berlebih pada rongga hidung, sehingga anda tidak kesulitan bernapas. Mineral juga mampu menggantikan cairan yang hilang selama peradangan menyerang paru-paru. Pastikan anda tidak menikmati jenis minuman lain kecuali air putih. 

2. Nikmati buah nanas dan ramuan jahe panas

Di dunia ini banyak sekali bahan tradisional yang bisa dimanfaatkan untuk mengobati penyakit bronkitis, termasuk buah nanas dan teh jahe panas. Kedua bahan alami ini mampu menenangkan selaput lendir yang meradang sehingga tidak mengganggu sistem pernapasan. Silakan coba buat kombinasi buah nanas dan jahe panas untuk meredakan peradangan di hidung sehingga lapisan hidung tidak terkikis dan menipis akibat produksi lendir yang menggumpal.

3. Coba terapi uap

Terapi uap diyakini dapat mengatasi rasa pengap pada hidung akibat bronkitis. Sejauh ini, terapi uap aman digunakan dan memiliki hasil cukup baik pada penderita bronkitis. Terapi uap juga sangat dianjurkan karena berguna untuk mengurangi produksi lendir sehingga penderita bronkitis bisa bernapas dengan bebas tanpa terganggu oleh lendir. Terapi uap sangat mudah dilakukan, pertama kamu siapkan baskom dengan ukuran sedang. Setelah itu, tuangkan air hangat ke dalamnya. Jika sudah siapkan handuk kemudian tutup baskom dengan handuk dan anda bisa mulai untuk menghirup uapnya.

4. Lebih sering makan sup ayam

Sup ayam bukan cuma bagus untuk penderita flu dan batuk, melainkan juga bagi penderita bronkitis. Ini dikarenakan sup ayam terbukti mampu melawan infeksi pada sistem pernapasan yang terjadi akibat efek inflamasi. Selain itu, sup ayam juga dapat mengurangi produksi lendir, dan akan merangsang lendir supaya mudah dikeluarkan dari hidung.

5. Makan buah pisang

Selain bagus untuk sistem pencernaan, ternyata pisang juga bisa mengatasi penyakit bronkitis. Pisang mengandung antibiotik dan anti virus alamiah yang bekerja menyingkirkan lendir berlebih. Selian itu, kandungan vitamin C dalam buah pisang juga dapat menyehatkan tubuh dan menjaganya agar tidak mudah terserang penyakit dalam seperti bronkitis ini. Untuk mengobati bronkitis yang masih belum terlalu parah, anda bisa mengkonsumsi buah pisang secara rutin. 

Itulah berbagai ramuan jitu untuk mengobati bronkitis. Semoga cocok dan bisa dicoba di rumah juga. Jadi lebih praktis dan tidak terlalu mengeluarkan biaya banyak. Untuk penyakit bronkitis yang sudah sangat kronis, sebaiknya konsultasi dulu dengan ahli kesehatan atau bisa menghubungi kami langsung dengan cara klik tombol whatsApp yang tersedia di sisi kiri artikel.

Posted By : Tokoacep.info

Tulisan ini dipublikasikan di Gangguan Kesehatan dan tag , , , , , , , , . Tandai permalink.