4 Alasan Mengapa Anda tidak bisa Hentikan Batuk

4 Alasan Mengapa Anda tidak bisa Hentikan Batuk,- Apakah anda mengalami batuk selama berminggu-minggu? Atau bahkan anda mengalami batuk bertahun-tahun? Tidak kunjung berhenti meski telah meminum obat batuk? Penasaran dengan alasan mengapa batuk anda tidak kunjung berhenti?

Ya, saya yakin anda bertanya-tanya dalam benak anda tentang mengapa batuk anda tidak kunjung berhenti. Jika anda benar-benar penasaran untuk mencari penyebabnya, karena batuk yang dialami tidak kunjung membaik, maka berikut ini adalah penjelasan mengenai 4 alasan mengapa anda tidak bisa hentikan batuk.

4 Alasan Mengapa Anda tidak bisa Hentikan Batuk

4 Alasan Mengapa Anda tidak bisa Hentikan Batuk

1. Adanya penyakit asma/ alergi

Asma adalah penyakit paru-paru kronis dimana saluran udara di paru-paru rentan terhadap inflamasi dan pembengkakan. Seiring dengan sesak dada, sesak napas, dan mengi, batuk adalah gejala karakteristik dari asthma, ketika gejala timbul secara tiba-tiba maka dapat dikatakan bahwa anda mengalami serangan asthma.

Bahkan seseorang yang tidak memiliki asthma jika menghirup serbuk sari maka dapat menyebabkan alergi rhinitis. Hal tersebut merupakan reaksi alergi yang dapat menimbulkan batuk bersamaan dengan gejala seperti hidung tersumbat dan bersin-bersin.

Pemicu terjadinya serangan asma dapat ditimbulkan oleh berbagai faktor, oleh sebab itu sangat penting bagi anda untuk mempelajari cara mengontrol asma agar anda tidak mengalami batuk secara terus-menerus.

2. Pneumonia

Kadang-kadang batuk mungkin akan menandakan penyakit yang lebih parah. Pneumonia dapat berkembang ketika infeksi pernapasan menyebar ke paru-paru yang akhirnya menyebabkan kantung udara di paru-paru mengisi dengan nanah. Jika kantung udara di paru-paru anda berisi dengan nanah maka kesulitan bernapas adalah hasilnya.

Batuk terkadang memang sangat menyakitkan tenggorokan, dan kondisi ini dapat mengancam jiwa dalam hitungan hari. Jika anda mengalami batuk yang disertai dahak hijau serta darah, napas yang sesak serta mengalami ketidaknyamanan di dada maka anda harus segera memeriksakan kesehatan.

Terlebih jika batuk yang anda alami tidak kunjung henti dapat menyebabkan terjadinya paru-paru kering. Batuk yang anda alami bisa saja menjadi gejala dari paru-paru kering, oleh sebab itu pantas bagi anda agar dapat mengetahui perbedaan paru-paru kering dan pneumonia karena keduanya memiliki gejala batuk yang tak kunjung berhenti.

3. Batuk Rejan

Ini adalah salah satu penyakit yang dapat menular. Anda bisa mendapatkan batuk rejan bahkan meski anda sudah di vaksinasi. Jika anda mengalami batuk rejan selama tiga minggu bahkan lebih, hal yang harus anda lakukan adalah mendapatkan antibiotik untuk mengurangi gejala yang ditimbulkan dari batuk tersebut.

Antibiotik dapat mencegah terjadinya penyebaran bakteri ke orang lain. Hal terpenting lainnya adalah karena infeksi dapat menyebabkan penyakit serius bahkan kematian pada bayi.

4. Acid Reflux

Gastroesophageal reflux disease (GERD) terkait dengan sekitar 25% dari kasus batuk kronis. Ketika asam mengalir kembali ke kerongkongan maka dapat mengiritasi ujung saraf dan pada akhirnya memicu terjadinya batuk secara terus menerus. Tetapi hal tersebut akan sangat sulit sekali terdiagnosa.

“Tidak semua orang yang memiliki GERD dapat merasakan mulas”. Jika anda mengalami batuk setelah makan, ketika anda berbaring di malam hari atau setelah anda bangun di pagi hari maka kemungkinan besar anda terkena reflux.

Sebagian besar kasus GERD relatif mudah untuk diperbaiki dengan obat antasida tetapi anda harus berhati-hati karena GERD dan serangan jantung sama-sama memiliki gejala mulas. Apakah anda memiliki berat badan yang berlebih?

Jika iya, maka anda harus berolahraga dan berusaha untuk menurunkan berat badan. Batuk juga bisa dipengaruhi dari berat badan yang berlebih. Oleh sebab itu mulailah untuk hidup sehat dari sekarang. Satu hal yang harus anda ingat, bahwa anda tidak dapat menyepelekan suatu penyakit.

Posted By : Tokoacep.info

Tulisan ini dipublikasikan di Gangguan Kesehatan dan tag , , , , , , , , , , , , , , , , . Tandai permalink.