7 Faktor Risiko Yang Sering Terjadi Pada Kesehatan Pria

7 Faktor Risiko Yang Sering Terjadi Pada Kesehatan Pria,- Jika sebelumnya kita membahas ancaman yang sering terjadi pada kesehatan perempuan, di artikel kali ini kita akan membahas risiko yang sering terjadi pada kesehatan pria. Harapan hidup untuk pria rata-rata hanya 60 sampai 75 tahun. Hal tersebut membuktikan bahwa banyak faktor yang sangat mempengaruhi kesehatan pada tubuh pria terutama untuk mereka yang tidak pernah melakukan kegiatan olahraga sama sekali.

Berapa lama kita hidup dan kualitas hidup itu merupakan bagian terpenting dalam kehidupan. Tubuh kita memerlukan bahan bakar (makanan, air, dan udara) untuk tetap tumbuh dan berkembang. Sama halnya dengan mesin, tubuh manusia juga memerlukan perawatan yang rutin untuk dapat berfungsi dengan baik dalam kehidupan seseorang. Berikut dibawah ini beberapa risiko yang sering mengganggu kesehatan pria.


7 Faktor Risiko Yang Sering Terjadi Pada Kesehatan Pria


7 Faktor Risiko Yang Sering Terjadi Pada Kesehatan Pria

1. Penyakit jantung

Penyakit jantung bisa terjadi kapan saja dan dapat menimbulkan komplikasi yang serius akibat penyakit jantung. Jika penyakit jantung iksemik adalah penyakit yang mematikan maka sama halnya dengan serangan jantung yang dapat menyebabkan kematian secara tiba-tiba.

The American Of Association menyatakan bahwa lebih dari satu dari tiga laki-laki dewasa memiliki beberapa bentuk penyakit kardiovaskular.  Tekanan darah tinggi adalah salah satu penyakit umum pada laki-laki di bawah usia 45 tahun, menurut American Heart Association . Pemeriksaan rutin dapat membantu menjaga detak jantung anda agar dapat berdetak dengan sehat.

2. Penyakit pada pernapasan

Mungkin ini bukan suatu penyakit yang asing untuk para pria, apalagi jika pria tersebut seorang perokok. Batuk pada pria perokok akan berkembang dengan berjalannya waktu dan dapat menjadi sumber dari penyakit kanker paru-paru, emfisema, dan penyakit yang berhubungan dengan sistem pernapasan lainnya.

Menurut American Lung Association, setiap tahun lebih banyak orang yang di diagnosis dapat mengembangkan kanker paru-paru jika dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Pria Afrika dan pria Amerika memiliki risiko lebih tinggi meninggal akibat penyakit ini dibandingkan dengan kelompok ras atau etnis lainnya.

Sementara paparan bahaya seperti asbestos dapat meningkatkan risiko penyakit anda, dan rokok tetap menjadi penyebab utama kanker paru-paru karena jika anda sudah memiliki kebiasaan merokok selama lebih dari 30 tahun maka dapat berisiko untuk pengembangan penyakit PPOK (Penyakit Paru Obstruktif Kronik).

3. Konsumsi Alkohol

Pria yang sering mengkonsumsi alkohol secara berlebihan dapat mengakibatkan kematian dan memiliki risiko tertinggi untuk mengalami berbagai penyakit. Konsumsi alkohol dapat meningkatkan risiko kanker mulut, tenggorokan, kerongkongan, hati, dan usus besar.

Alkohol juga mengganggu fungsi testis dan produksi hormon. Hal ini dapat mengakibatkan impotensi dan infertilitas. Menurut CDC (Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit) pria lebih mungkin dibandingkan perempuan untuk melakukan bunuh diri karena konsumsi alkohol.

4. Penyakit Hati

Hati adalah salah satu bagian organ tubuh yang memiliki peran dan fungsi yang sangat penting untuk kesehatan. Hati dapat membantu anda mencerna makanan dan menyerap nutrisi. Hati juga berfungsi untuk melindungi tubuh anda dari racun.

7 Faktor Risiko Yang Sering Terjadi Pada Kesehatan Pria

Penyakit yang terdapat pada organ hati lebih sering terjadi pada laki-laki dibandingkan dengan perempuan yang berusia 45 tahun. Menurut American Cancer Society, penggunaan alkohol dan tembakau meningkatkan kesempatan laki-laki untuk mengembangkan penyakit hati.

5. Penyakit Diabetes

Jika tidak diobati, diabetes dapat menyebabkan kerusakan saraf dan ginjal, penyakit jantung dan stroke, dan bahkan masalah penglihatan atau kebutaan.  Pria dengan penyakit diabetes yang memiliki kadar testosteron yang lebih rendah dan impotensi seksual dapat menyebabkan peningkatan depresi atau kecemasan. 

The American Diabetes Association (ADA) merayakan ” Untuk manusia  modern zaman sekarang agar lebih memperhatikan kesehatan kadar gula darahnya”. Disarankan untuk pria yang memiliki penyakit diabetes untuk lebih sering berolahraga dan mengkonsumsi makanan sehat.

6. Influenza dan Pneumonia

Influenza dan Pneumoniaadalah dua risiko kesehatan terkemuka untuk pria. Pria yang telah mengalami kelemahan sistem kekebalan tubuh karena PPOK, diabetes, gagal jantung, anemia sel sabit, AIDS, atau kanker lebih rentan terhadap penyakit ini. 

Laki-laki sekitar 25 persen lebih mungkin untuk meninggal akibat penyakit ini daripada wanita, menurut American Lung Association. Pencegahan yang bisa di lakukan untuk menghindari penyakit ini adalah dengan memulai hidup baru dengan cara yang sehat agar bisa terhindar dari berbagai penyakit.

7. Kanker Kulit

Menurut Skin Cancer Foundation, dua dari sepertiga kematian melanoma pada tahun 2013 adalah laki-laki. Ini lebih dari dua kali lipat di bangdingkan dengan perempuan. Enam puluh persen dari semua kematian melanoma adalah laki-laki kulit putih yang berusia di atas 50 tahun. 7 Faktor Risiko Yang Sering Terjadi Pada Kesehatan Pria

Anda dapat membantu melindungi terhadap kanker kulit dengan memakai baju lengan panjang dan celana, topi dengan brims lebar, kacamata hitam, dan tabir surya saat keluar rumah. Anda juga dapat menurunkan risiko kanker kulit dengan menghindari paparan sumber cahaya ultra violet, seperti tanning bed atau sunlamps.

Anda juga bisa mengkonsumsi makanan sehat untuk mencegah kanker kulit untuk mencegah berkembangnya penyakit kanker kulit tersebut. Jadi yang bisa kita ambil dari artikel ini adalah bagaimana cara untuk menjaga tubuh agar tetap sehat dan bugar khususnya untuk pria, karena pria memiliki tanggung jawab hidup yang lebih besar di bandingkan dengan perempuan.7 Faktor Risiko Yang Sering Terjadi Pada Kesehatan Pria

Oleh sebab itu, sebaiknya untuk anda para laki-laki disarankan agar harus bisa menjaga tubuh supaya tetap bugar dan sebaiknya anda mempelajari bagaimana cara menjaga kebugaran tubuh agar dapat terhindar dari berbagai risiko yang dapat mengancam kesehatan tubuh.7 Faktor Risiko Yang Sering Terjadi Pada Kesehatan Pria

Posted By : Tokoacep.info

Tulisan ini dipublikasikan di Gangguan Kesehatan dan tag , , , , , , , . Tandai permalink.