Apa itu Hepatitis A Hepatitis B dan Hepatitis C

Apa itu Hepatitis A Hepatitis B dan Hepatitis C,- Penyakit tidak pernah pandang bulu dan bisa menimpa siapa saja bahkan bayi baru lahir sekali pun. Bicara mengenai penyakit, dewasa ini virus hepatitis sedang ramai menjadi perbincangan. Virus hepatitis merupakan salah satu penyakit mematikan di dunia yang apabila tidak di tindak lanjuti dapat memberikan bahaya serius bagi penderitanya.

Apa itu Hepatitis A Hepatitis B dan Hepatitis C

Apa itu Hepatitis A Hepatitis B dan Hepatitis C

Hepatitis A

Hepatitis A adalah bentuk yang berpotensi serius dari penyakit hati yang disebabkan oleh virus hepatitis yang menyerang hati. Hepatitis A menyebar melalui kontak dekat dengan orang yang terinfeksi, atau dengan makanan, makanan yang terkontaminasi hepatitis A atau air minum.

Karena virus ditemukan dalam feses (kotoran) dari orang yang terinfeksi, makan makanan yang disiapkan oleh orang yang terinfeksi, yang tidak mencuci tangan nya dengan benar setelah menggunakan kamar kecil, adalah salah satu cara untuk mendapatkan virus (cara untuk menularkan virus).

Makan seafood mentah atau kurang matang dan kerang dari air yang tercemar dengan limbah, atau makan salad hijau yang dicuci dengan air yang terkontaminasi adalah cara lain untuk  terinfeksi hepatitis A. Berbagi penggunaan narkoba peralatan, atau memiliki kontak seksual dengan orang yang terinfeksi juga dapat menularkan hepatitis A.

Anda akan memiliki peningkatan risiko hepatitis A jika anda:
  • Merupakan narapidana di penjara
  • Hidup dengan seseorang yang baru terinfeksi hepatitis A
  • Obat penggunaan injeksi dan berbagi terkontaminasi bahan obat persiapan / injeksi
  • Bepergian ke daerah di mana tempat tersebut terdapat hepatitis A umum ( The Caribbean, Amerika Selatan).

Ada vaksin yang aman dan efektif yang dapat melindungi anda dari hepatitis A. Vaksin ini biasanya diberikan dalam dua dosis enam bulan. Vaksin ini akan memberikan perlindungan sampai 20 tahun. Sebuah vaksin gabungan untuk hepatitis A dan hepatitis B juga tersedia. Sejak hingga 40% dari kasus yang dilaporkan dari hepatitis A terjadi pada wisatawan, disarankan untuk melindungi diri dengan vaksinasi hepatitis A dalam jangka enam minggu sebelum anda bepergian keluar negeri.

Tindakan pencegahan :

  • Hindari makanan mentah atau setengah matang.
  • Cuci tangan anda secara menyeluruh terutama setelah menggunakan kamar kecil, sebelum menyiapkan makanan dan sebelum makan.
Jika anda bepergian ke negara-negara dengan tingkat tinggi hepatitis A :
  • Air botol minuman tanpa es
  • Mencuci buah-buahan segar dan sayuran sendiri
  • Tidak mengkonsumsi makanan mentah termasuk salad
  • Air minum kemasan di rebus dan menggunakannya untuk menyikat gigi
Hepatitis B

Hepatitis B adalah jenis penyakit yang disebabkan oleh virus hepatitis B dan merupakan salah satu jenis yang paling umum dari hepatitis virus (yang lain adalah hepatitis A virus dan virus hepatitis C). Banyak orang yang terinfeksi hepatitis B tidak pernah merasa sakit dan sembuh sepenuhnya.

Penyakit hepatitis B akut dengan kelelahan dan kehilangan nafsu makan dan kulit dan mata mereka menjadi kuning (kondisi yang disebut “jaundice“). Bayi dan anak yang terinfeksi hepatitis B memiliki kemungkinan jauh lebih besar untuk mengembangkan infeksi kronis daripada orang dewasa.

Seseorang yang memiliki akut atau kronis hepatitis B dapat menyebarkan infeksi ke orang lain melalui darah dan cairan tubuh lainnya atau melalui kontak seksual. Virus hepatitis B ditemukan terutama dalam darah, air mani, dan cairan vagina dari orang yang terinfeksi. Air liur juga menjadi cairan tubuh tetapi konsentrasi virus adalah 1.000 hingga 10.000 kali lebih kecil dari apa yang ditemukan dalam darah.

Anda akan memiliki risiko tinggi tertular hepatitis B jika anda :
  1. Dilahirkan dari seorang ibu hepatitis B yang terinfeksi.
  2. Berhubungan seks tanpa kondom dengan orang yang terinfeksi.
  3. Menggunakan obat injeksi dan berbagi obat bahan persiapan / injeksi yang tercampur atau menerima tato atau tindik dengan jarum yang tidak steril atau tinta yang tercampur dengan orang yang menderita hepatitis B.

Jika anda mengetahui bahwa anda telah terkena virus hepatitis B dalam tujuh hari sebelumnya atau kurang, anda dapat menerima suntikan hepatitis B immune globulin yang dapat mencegah anda dari mengembangkan penyakit. Selain itu, tidak ada pengobatan untuk akut hepatitis B.

Hepatitis C

Hepatitis C juga sama dengan hepatitis A dan B yaitu penyakit yang di tularkan oleh virus hepatitis itu sendiri. Seperti hepatitis B, hepatitis C adalah penyakit “diam” karena sering tidak ada gejala muncul sampai hati anda rusak dan hancur. Jika anda menggunakan test, itu akan memakan waktu beberapa hari sampai beberapa minggu untuk sembuh kembali. Tidak ada vaksin untuk melindungi anda terhadap hepatitis C.

Anda akan memiliki risiko tinggi tertular hepatitis C jika anda:
  • Telah menerima darah atau produk darah atau transplantasi organ dari penderita hepatitis.
  • Menggunakan atau memiliki obat injeksi yang digunakan bahkan jika itu hanya sekali atau bertahun-tahun yang lalu.
  • Telah di penjara atau di suntik atau tergores saat vaksinasi, operasi, transfusi darah di daerah di mana hepatitis C adalah umum.
Untuk menghindari tertular hepatitis C, lakukan tindakan pencegahan berikut :
  1. Jangan berbagi jarum.
  2. Mengadopsi praktik seks aman.
  3. Hindari berbagi barang-barang kebersihan pribadi ( pisau cukur, sikat gigi, gunting kuku).
  4. Jika anda memutuskan untuk memiliki tato, tindik, manicure atau pedicure, pastikan bahwa fasilitas menggunakan penggunaan tunggal jarum dan tinta atau mengikuti prosedur sterilisasi yang tepat.
Tips Sehat untuk mengatasi penyakit hepatitis A, B, dan C adalah:
  1. Batasi makan makanan gorengan
  2. Batasi makan makanan berlemak tinggi
  3. Batasi makanan dan minuman yang tinggi gula dan garam
  4. Hindari kerang mentah seperti tiram dan kerang atau daging mentah lainnya
  5. Makan diet seimbang,seperti makan protein tanpa lemak dari unggas, ikan, dan tumbuhan.Apa itu Hepatitis A Hepatitis B dan Hepatitis C
  6. Makan makanan dengan serat tinggi, serat itu, itu sapu alam untuk membantu menghilangkan racun dari tubuh.
  7. Makan kecil sepanjang hari juga lebih baik daripada makan besar. Ini juga akan membantu menstabilkan gula darah.
  8. Batasi daging merah karena ini lebih sulit dan memakan waktu lebih lama untuk sistem anda untuk memecahnya, ditambah dapat menyebabkan perut kembung.
  9. Makan makanan dari semua kelompok makanan dalam porsi yang sehat seperti biji-bijian, protein tanpa lemak, susu rendah lemak, buah-buahan, sayuran dan lemak sehat.Apa itu Hepatitis A Hepatitis B dan Hepatitis C
  10. Menjaga berat badan agar tetap sehat karena hati dapat berfungsi lebih baik daripada jika kita berada di atas atau di bawah berat badan yang ideal.

Cara terbaik adalah untuk membatasi makanan yang memiliki banyak gula dan natrium yang tinggi (garam). Makanan tinggi natrium dan makan terlalu banyak protein akan membuat anda menahan cairan dan dapat menyebabkan racun kelebihan dalam aliran darah anda.Apa itu Hepatitis A Hepatitis B dan Hepatitis C

Hati-hati untuk tidak membatasi protein anda terlalu banyak karena dapat mengakibatkan kurangnya asam amino tertentu yang penting bagi tubuh anda untuk berfungsi dengan baik. Minum banyak air murni, disaring jika memungkinkan. Minum setidaknya 64 ons dalam sehari. Hindari alkohol. Alkohol adalah seperti melempar gas terbakar dengan penyakit hepatitis dan meningkatkan kerusakan. Apa itu Hepatitis A Hepatitis B dan Hepatitis C

Posted By : Tokoacep.info

Tulisan ini dipublikasikan di Gangguan Kesehatan dan tag , , , , , , , , , , , , , , , . Tandai permalink.