Cara Berhenti Mengkonsumsi Soda Untuk Menjaga Kesehatan

Cara Berhenti Mengkonsumsi Soda Untuk Menjaga Kesehatan,- Soda merupakan salah satu minuman favorit yang diandalkan semua orang. Tua muda semua menyukai minuman ini, selain praktis rasanya juga sedap. Kendati demikian, tahukah anda bahwa soda sangat buruk untuk kesehatan? Bahkan dalam kasus yang umum terjadi, banyak orang yang mengidap radang usus akibat kebiasaan minum minuman bersoda.

Memiliki rasa manis dan sentakan energi dari minuman bersoda membuat siapa saja merasa segar dan nyaman ketika meminumnya. Padahal sebenarnya, jika dikaji lebih dalam soda sangat membahayakan kesehatan apalagi kalau dijadikan kebiasaan dan minum setiap hari. Tidak menutup kemungkinan, kamu akan mengalami kerusakan ginjal. 

Itulah sebabnya kenapa anda harus mulai berhenti dari sekarang. Ingin terlepas dari minuman bersoda? Tepat sekali karena dalam artikel ini akan dijelaskan bagaimana cara berhenti mengkonsumsi soda untuk menjaga kesehatan anda.


Cara Berhenti Mengkonsumsi Soda Untuk Menjaga Kesehatan

Cara Berhenti Mengkonsumsi Soda Untuk Menjaga Kesehatan

Alasan kenapa kamu harus berhenti minum soda ;

Berisiko mengalami kelebihan kalori. Seperti yang diketahui, soda mengandung kalori dan tambahan gula yang dapat menyebabkan tubuh tidak memiliki mineral dan vitamin. Atau bahkan, dalam kondisi yang sudah parah tubuh sudah tidak dapat memproduksi karbohidrat berkualitas lagi.

Tidak cukup sampai disitu bahkan soda mampu menimbulkan berbagai kerusakan lainnya pada tubuh. Sebuah penelitian menunjukan bahwa konsumsi soda terlalu banyak memiliki keterkaitan erat dengan kerusakan gigi, diabetes, dan kerusakan tulang. Jika kondisi ini dibiarkan maka dapat memicu terjadinya Osteoporosis.

Apa kaitannya minum soda dan diabetes? Kalau kamu penasaran silakan bisa lihat disini.

Lantas bagaimana caranya berhenti minum soda?
♣ Coba campur soda dengan air

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mencampurkan air ke dalam soda. Tujuannya untuk mengurangi asupan gula ke dalam tubuh, dengan begini maka risiko terserang diabetes akan sedikit berkurang. 

Selanjutnya, anda harus mulai untuk melacak kalori. Maksudnya, kamu harus bisa mengontrol jumlah kalori dalam tubuh, pantau secara berkala supaya hasilnya stabil. Dengan kedua cara ini dipastikan sedikit demi sedikit kamu akan mulai meninggalkan kebiasaan minum soda. 

Lebih bagus, catat setiap kalori yang masuk ke tubuh, penting untuk diketahui bahwa mengkonsumsi minuman beralkohol termasuk soda secara terus menerus akan berdampak buruk untuk kesehatan pinggang. Hal ini terbukti tatkala seseorang kerap mengeluhkan rasa sakit dibagian pinggul setelah seharian minum minuman bersoda.

♣ Melakukan Latihan

Lagi dan lagi, kalori yang harus kamu perhatikan. Setelah melakukan cara pertama, kini berlanjut untuk mengikuti paduan selanjutnya. Kamu harus bisa menyeimbangkan berapa kalori yang masuk dan berapa banyak pula latihan yang diperlukan guna membakar kalori tersebut.

Berdasarkan sebuah study pada tahun 2014 Jhons Hopkins University menjelaskan bahwa seseorang yang mengkonsumsi soda sebanyak 20 ons di dalam botol, memerlukan latihan selama 50 menit untuk mengeluarkan kalori dalam tubuh.

Artinya, semakin banyak soda yang kamu minum maka semakin lama durasi olahraga yang diperlukan. Seperti yang telah dijelaskan bahwa kelebihan kalori dalam tubuh sangat tidak baik bagi kesehatan, itulah alasannya kenapa kamu harus mulai memerhatikan setiap takaran gizi dalam tubuh. Cara Berhenti Mengkonsumsi Soda Untuk Menjaga Kesehatan

Dari kedua cara diatas para peneliti cukup mendapatkan hasil yang memuaskan karena anggotanya mulai bisa mengurangi soda. Ketika kamu sudah bisa mengerti apa itu kalori, bagaimana cara kerjanya terhadap tubuh, dan berapa takaran yang harus dihasilkan setiap harinya, maka kamu bisa menjadi seseorang yang lebih baik dan mencintai diri sendiri.

Dan kalaupun diperlukan, cara diatas tentu dapat digunakan supaya kamu bisa mengurangi minuman bersoda. Ingat, meskipun enak dan menyegarkan dahaga namun pada kenyataannya minuman bersoda ini tidak baik bagi organ tubuh.

Anda juga bisa melakukan tips kebugaran agar dapat menjaga tubuh sehingga tidak memerlukan sebotol soda untuk menambah energi.Cara Berhenti Mengkonsumsi Soda Untuk Menjaga Kesehatan

♣ Beralih ke teh tanpa gula

Daripada mengkonsumsi sebotol soda lebih baik minum teh tanpa gula, bahkan secangkir kopi di pagi hari pun bukan hal yang buruk untuk dilakukan selagi masih dalam porsi yang wajar. Teh tanpa gula sendiri mempunyai banyak manfaat, diantaranya terhindar dari diabetes karena memang tidak ada kandungan gula.

Yang kedua, kamu bisa menikmati sensasi kesegaran yang tak kalah nikmat dari segelas teh hangat di pagi hari. Bahkan kalau memang suka, kamu bisa mencampurkannya dengan perasan lemon atau pappermint supaya terasa lebih lezat.

Cara ini pun tak kalah efektif dari kedua cara diatas, karena dengan menggantikan soda dengan teh, maka seiring berjalannya waktu kamu akan mulai terbiasa. Ya, terbiasa menikmati hari-hari tanpa minuman bersoda. Dan paling penting, kamu pun akan sadar bahwa minuman tersebut memang tidak baik bagi kesehatan.


Manjakan Diri Anda Dengan Produk Alami

Maksud produk alami disini adalah kamu harus mulai membiasakan diri untuk mengkonsumsi bahan-bahan alami baik itu makanan atau pun minuman. Pilihlah santapan yang memang tidak mengandung sirup jagung, fruktosa dan lainnya.

Masukan jus buah ke dalam menu harian anda sebagai minuman paling alami. Cara-cara ini bisa membantu kamu terlepas dari gelembung soda dan gula tambahan. Hindari pula tempat dan situasi tertentu seperti club malam atau tempat tongkrongan yang menyediakan soda.Cara Berhenti Mengkonsumsi Soda Untuk Menjaga Kesehatan

Dengan begini, maka kamu lebih mudah untuk mengubah kebiasaan buruk. Setelah mampu berhenti mengkonsumsi soda, mungkin kamu akan memahami bahwa soda pada dasarnya hanyalah minuman yang dibuat dari gula tambahan dan perasa buatan saja, sehingga tidak memiliki manfaat sedikitpun untuk tubuh.

Jika tidak memiliki manfaat baik bagi tubuh, untuk apa anda masih mengkonsumsinya?  Mau merusak tubuh sendiri? Jika hal tersebut masih dilakukan mungkin anda termasuk seseorang yang tidak menginginkan kesehatan untuk tubuh anda sendiri. Cara Berhenti Mengkonsumsi Soda Untuk Menjaga Kesehatan

Post By : Tokoacep.info

Tulisan ini dipublikasikan di Info Kesehatan Lainnya dan tag , , , , . Tandai permalink.