Cara Mengobati Puting Lecet Akibat Menyusui

Cara Mengobati Puting Lecet Akibat Menyusui,- Ketika hamil, payudara anda dipenuhi dengan kolostrum, yaitu semacam zat penting yang mengandung nutrisi lengkap. Setelah melahirkan, zat kolostrum tersebut akan berubah seiring dengan adanya rangsangan dari hormon. Seketika itulah terbentuk ASI. Cara Mengobati Puting Lecet Akibat Menyusui

Cara Mengobati Puting Lecet Akibat Menyusui

Air susu ibu mempunyai nutrisi yang sempurna untuk menunjang kebutuhan si buah hati. Umumnya, seorang ibu dianjurkan memberikan ASI ekslusif selama 6 bulan masa pertumbuhan anak. Memberikan asi ekslusif juga bukan hanya dapat menjamin tumbuh kembang sang anak, namun juga bisa melindungi bayi dari berbagai penyakit seperti radang paru-paru, infeksi, hingga meningkatkan kecerdasan dan fungsi otak sang anak.

Lamanya proses menyusui yang harus dilakukan tersebut memang menguntungkan untuk bayi, namun kamu juga harus tau bahwa menyusui terkadang dapat membuat puting mengalami iritasi, pecah-pecah hingga munculnya peradangan. Meski sebagai seorang ibu kamu akan ikhlas dan sukarela melakukannya, namun dari sisi lain tidak ada satu pun wanita yang mau jika salah satu anggota tubuhnya mengalami kerusakan.

Berdasarkan ilmu penelitian yang ada, dikatakan bahwa puting payudara yang mengalami karusakan akibat menyusui bisa diobati secara alami menggunakan ekstrak minyak daun mint. Kamu pasti sudah tahu bahwa daun mint memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan, dan salah satu dari manfaat tersebut tidak lain untuk mengobati lecet pada puting akibat menyusui. Mau tau caranya seperti apa? Inilah cara mengobati puting lecet akibat menyusui.Cara Mengobati Puting Lecet Akibat Menyusui


Cara Mengobati Puting Lecet Akibat Menyusui


Daun mint, tanaman unik yang mempunyai sensasi dingin dan aroma menenangkan. Sejak zaman dahulu, daun mint telah digunakan sebagai tanaman yang dapat menyembuhkan berbagai penyakit. Berbeda dari tanaman-tanaman lainnya, tumbuhan ini hanya bisa dimanfaatkan daunnya saja. Selain banyak digunakan sebagai pelengkap dalam berbagai masakan, daun mint juga sering dijadikan campuran pada pasta gigi karena memiliki aroma segar yang dapat membuat mulut terasa nyaman ketika menggosok gigi. Cara Mengobati Puting Lecet Akibat Menyusui

Terlepas dari banyaknya manfaat yang dihasilkan daun mint, kali ini kita hanya akan berfokus untuk membahas manfaat daun mint untuk puting lecet pasca menyusui. Menurut penelitian, daun mint dapat diolah sebagai obat alami untuk mengobati puting lecet. Hal ini dikarenakan dalam daun mint terkandung sejumlah antiseptik yang sangat bermanfaat untuk mencegah terjadinya pertumbuhan bakteri jahat dalam payudara.Cara Mengobati Puting Lecet Akibat Menyusui

Tak hanya itu saja, bahkan anti inflamasi dalam daun mint mempunyai kemampuan khusus mengatasi peradangan, iritasi, serta infeksi pada puting gatal, lecet dan berair. Ini alasannya kenapa wanita menyusui zaman dulu sering memanfaatkan daun mint untuk mengatasi rasa sakit akibat gigitan sang buah hati.Cara Mengobati Puting Lecet Akibat Menyusui

Bagaimana cara mengolah daun mint untuk mengobati puting lecet?

Kamu bisa mengolah tanaman bermanfaat ini dengan cara menyiapkan daun mint secukupnya, kemudian rebus ke dalam satu gelas air. Setelah itu biarkan terlebih dahulu selama satu malam. Pada keesokan harinya, barulah kamu gunakan air rebusan tersebut dengan cara mengoleskannya pada bagian puting yang mengalami lecet atau peradangan.

Cara Mengobati Puting Lecet Akibat Menyusui

Penelitian lainnya baru-baru ini mempublikasikan bahwa daun mint merupakan satu-satunya spesies yang mempunyai kandungan minyak esensial paling bagus. Pada bulan Januari tahun 2010 seorang peneliti dari Jurnal Agronomi juga mengatakan bahwa daun mint mempunyai tingkat vitamin A sangat tinggi yang bagus untuk produksi ASI secara menyeluruh. 

Selain bagus untuk mengobati puting lecet akibat menyusui, minyak daun mint juga berkhasiat untuk meredakan rasa sakit yang ditimbulkan oleh penyakit rematik. Ini terjadi karena daun mint mampu merelaksasi otot kaki dan tangan.Bahkan aroma yang dimiliki tanaman ini pun mempunyai peranan tersendiri yaitu sering jadikan bahan pembuatan parfum oleh beberapa perusahaan besar. 

Aroma wanginya yang khas tersebut bisa menenangkan pikiran dan merubah mood buruk seseorang menjadi lebih baik.Ini sangat bagus untuk relaksasi otak, supaya bisa fresh kembali. Banyak sekali kan manfaatnya? Jadi buat kalian yang punya keluhan seperti puting gatal, bengkak atau lecet. Bisa mencoba daun mint sebagai solusinya.

Apa yang terjadi jika puting lecet tidak diobati?

Keadaan lecet atau berdarah pada puting setelah menyusui bukanlah kondisi yang wajar. Walaupun tidak terasa sakit namun ASI secara otomatis akan bercampur dengan darah tersebut. Jika sampai ini terjadi, maka kemungkinan besar akan berbahaya bagi payudara itu sendiri. Hal ini terjadi umumnya diakibatkan oleh posisi menyusui yang salah. Selain itu lecet pada puting juga dapat disebabkan oleh kulit kering.

Adapun cara yang harus kamu pahami supaya puting tidak lecet saat menyusui :

Meskipun menyusui terlihat sederhana dan mudah, namun kenyataannya aktivitas ini memerlukan keterampilan ahli yang harus dipelajari agar menyusui menjadi lebih efektif setra menyenangkan.

  • Hal pertama yang harus dipelajari adalah bagaimana caranya memposisikan bayi dengan benar di payudara. Awalnya, mungkin bayi akan mencari payudara dan pada situasi ini, tugas anda adalah membuat bayi berada di posisi yang nyaman. Hal ini berguna supaya bayi dapat menelan air susu ibu sehingga tidak tumpah kemana-mana. 
  • Kedua, dekatkan bayi pada payudara. Kamu harus bisa membujuk bayi sepintar mungkin agar mau menyusu. Dengan begini, anda pun tak perlu khawatir akan mengalami kerusakan pada puting payudara.
  • Terakhir, pastikan bahwa anda menyusui dalam waktu 5 sampai 40 menit, atau sesuaikan dengan kebutuhan. Ini penting untuk menjaga kesehatan puting dan proses menyusui agar berjalan lancar. Selain itu hindari memposisikan bayi terlalu atas, karena dikhawatirkan akan mengganggu proses penyusui dan membuat bayi merasa tidak nyaman.

Jika anda mengalami benjolan atau puting lecet secara tiba-tiba meski tidak menyusui maka kemungkinan besar anda mengalami kanker payudara. Oleh karena itu, hal ini tidak boleh dibiarkan. Segera konsultasi dengan dokter kepercayaan anda supaya bisa dilakukan penanganan yang lebih tepat. 

Berikut informasi seputar cara mengobati puting lecet akibat menyusui. Berbagai kemungkinan bisa saja terjadi menyerang kesehatan payudara anda, entah itu akibat menyusui atau bukan. Cara terbaik yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan pencegahan sejak dini guna menghindari munculnya beragam risiko.

Posted By : Tokoacep.info

Tulisan ini dipublikasikan di Manfaat dan tag , , , . Tandai permalink.