Cara Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh Menurut Imunologi

Cara Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh Menurut Imunologi,- Tidak ada satu orang pun yang menginginkan terjadinya suatu penyakit. Itu mengapa alasannya anda perlu menjaga sistem kekebalan tubuh agar dapat melawan berbagai bentuk dari infeksi yang terjadi pada manusia. Oleh sebab itu, anda dapat menggunakan cara-cara berikut untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang disarankan oleh imunologi.


Cara Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh Menurut Imunologi


1. Olahraga secara teratur

Olahraga merupakan salah satu bentuk dari pola hidup sehat. Hal ini dapat meningkatkan kesehatan jantung, menurunkan tekanan darah, membantu mengontrol berat badan dan melindungi diri dari berbagai penyakit. Tetapi, apakah olahraga juga membantu menjaga sistem kekebalan tubuh agar tetap sehat? Sama seperti diet sehat, olahraga juga dapat memberikan kontribusi untuk kesehatan umum yang baik.

Oleh karena itu, olahraga juga dapat menjaga sistem kekebalan tubuh agar tetap sehat. Latihan dapat berkontribusi secara langsung dengan mempromosikan sirkulasi darah yang baik sehingga memungkinkan sel-sel dan zat dari sistem kekebalan tubuh untuk bergerak melalui tubuh dan bebas melakukan pekerjaan fisik secara efisien.

Cara Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh Menurut Imunologi

Beberapa ilmuwan mencoba untuk mengambil langkah berikutnya agar dapat menentukan apakah latihan secara langsung dapat mempengaruhi kerentanan seseorang terhadap infeksi atau tidak. Beberapa penelitian telah menemukan bahwa jika latihan ekstrim yang sering anda lakukan maka dapat menyebabkan seseorang yang melakukannya mengalami serangan berbagai penyakit yang akhirnya tubuhnya akan lebih rentan untuk terkena penyakit autoimun.

Itu sebabnya mengapa anda hanya diwajibkan untuk melakukan latihan 10 sampai 20 menit dalam satu hari. Meski waktu latihan yang anda gunakan tidak banyak setidaknya sistem kekebalan tubuh anda akan tetap sehat serta tidak mudah untuk terkena suatu penyakit.

2. Konsumsi makanan penguat sistem kekebalan tubuh

Jika anda sedang mencari cara untuk mencegah filek di musim dingin maka langkah pertama yang dapat anda lakukan adalah anda harus mengontrol makanan yang anda konsumsi. Ketika tubuh anda mengkonsumsi makanan tertentu maka dapat membantu anda untuk menjaga sistem kekebalan tubuh agar tetap sehat sehingga anda dapat melakukan aktivitas fisik dengan baik.

Perlu diingat bahwa kunci dari sistem kekebalan tubuh yang sehat adalah konsumsi nutrisi yang tepat. Anda dapat mengkonsumsi makanan dan minuman berikut ini, agar dapat meningkatkan serta menguatkan sistem kekebalan tubuh anda, berikut adalah makanan dan minuman yang dapat anda konsumsi:

  • Kunyit. Studi terbaru yang dipublikasikan di BBA Clinical menunjukkan bahwa konsentrasi tinggi kurkumin yang terdapat dalam kunyit, menjadikan kunyit memiliki warna yang khas. Selain kunyit dapat dijadikan obat untuk sistem kekebalan tubuh ternyata manfaat mengesankan dari kunyit untuk lambung menurut para ahli juga menjadi bukti yang kuat bahwa kunyit benar-benar dijadikan sebagai ramuan yang sangat ampuh.
  • Brokoli. Brokoli merupakan salah satu sayuran sehat yang dapat anda konsumsi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh anda karena mengandung vitamin A,C, dan vitamin E serta berbagai macam antioksidan.
  • Bawang putih. Anda wajib menyertakan rempah-rempah yang satu ini, karena bawang putih memiliki sifat kekebalan tubuh yang dapat meningkatkan autoimun anda.Cara Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh Menurut Imunologi
  • Jahe. Sifat hangat yang dimiliki jahe dipercaya dapat digunakan untuk menjaga sistem kekebalan tubuh agar tidak mudah terserang oleh penyakit.
3. Hindari Stress

Stress akut dapat memompa sistem kekebalan tubuh anda. Oleh sebab itu, anda sangat disarankan untuk mengurangi atau bahkan menghindari stress sebisa mungkin. Misalnya saja anda mengalami stress psikologis, maka hal tersebut dapat meningkatkan risiko anda untuk terkena flu dan virus yang lainnya. Kemudian jika anda mengalami stress kronis maka dapat memperburuk keadaan yang akhirnya dapat menyebabkan alergi asthma dan penyakit autoimun.

4. Tidur secara teratur

Kurang tidur dapat mengaktifkan hormon stress dalam tubuh anda yang dapat menekan sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan zat kimia inflamasi yang dapat menyebabkan anda merasa sakit. Kurang tidur yang kronis juga dapat meningkatkan risiko flu. Pria dan wanita yang biasa tidur kurang dari tujuh jam setiap malam hampir tiga kali lebih mungkin untuk mengembangkan penyakit autoimun jika dibandingkan dengan mereka yang tidur delapan jam atau lebih setiap malamnya.

Bingung bagaimana cara anda memiliki tidur pulas di malam hari? Berikut adalah makanan terbaik yang membantu anda tertidur pulas agar dapat tidur secara teratur pada malam hari agar dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh anda.Cara Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh Menurut Imunologi

5. Pilih suplemen dan Vitamin yang baik

Studi telah menghubungkan bahwa kekurangan seng, selenium, asam folat, dan vitamin A, B6, C, D, dan vitamin E dapat mengurangi fungsi dari sistem kekebalan tubuh. Tetapi para ilmuwan belum menentukan tingkat yang tepat dari nutrisi untuk meningkatkan kekebalan tubuh yang optimal.

Oleh sebab itu anda disarankan untuk mengkonsumsi vitamin serta suplemen yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Perlu diingat bahwa jika anda memiliki tingkat berlebihan seng paradoks maka dapat menekan fungsi dari sistem kekebalan tubuh anda. Anda harus mengkonsumsi makanan sehat untuk memenuhi kebutuhan tubuh anda.

Berikut adalah cara meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang disarankan oleh imunologi. Hal yang menakjubkan tentang sistem kekebalan tubuh adalah bahwa hal itu terus-menerus beradaptasi dan belajar sehingga tubuh dapat melawan bakteri atau virus yang berubah seiring dengan berjalannya waktu. Cara Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh Menurut Imunologi

Posted By : Tokoacep.info

Tulisan ini dipublikasikan di Gangguan Kesehatan dan tag , , , , , , , , . Tandai permalink.