Cara Mudah Untuk Berhenti Dari Kecanduan Merokok

Cara Mudah Untuk Berhenti dari Kecanduan Merokok,- Menendang kebiasaan buruk itu tidak mudah. Butuh perjuangan dan konsistensi yang kuat agar keinginan kita terbebas dari kecanduan rokok dapat terwujud. Jika kamu seorang remaja yang gemar merokok, namun kini sedang berusaha untuk lepas maka berkunjung ke situs ini adalah keputusan cerdas.

Merasa sulit untuk berhenti merokok itu wajar, ya ibaratnya kalau pada perempuan mungkin susah untuk menghentikan kebiasaan yang suka makan makanan pedas. Sama halnya demikian, seorang pria pun tak cukup kuat untuk menghindari rokok. Butuh proses? Itu sudah pasti.

Tapi ingat, kamu harus konsisten. Karena akan sangat percuma kalau kamu menjalani proses tapi di sela-sela kegiatan masih suka menyempatkan menghisap sebatang rokok. Untuk kasus ini, mungkin sebaiknya kamu belajar lebih dalam mengenai pilihan dan mempersiapkan diri untuk berhenti dari kecanduan rokok.

Tanyakan pada diri sendiri, apakah sejauh ini kamu sudah benar-benar yakin untuk berhenti merokok? Jika jawabannya adalah YA, maka ulasan dalam artikel ini bisa kamu terapkan guna memudahkan anda berhenti dari kecanduan rokok. Mau tau apa saja? Yuk ketahui cara mudah untuk berhenti dari kecanduan merokok berikut ini ↵


Cara Mudah Untuk Berhenti dari Kecanduan Merokok


Cara Mudah Untuk Berhenti Dari Kecanduan Merokok

Merokok adalah kebiasaan umum yang sering dilakukan banyak orang. Tak hanya pria, bahkan sekarang wanita pun banyak yang suka merokok. Diklaim dapat memberikan ketenangan pada pikiran dan jiwa, rokok sangat laris di pasaran.

Padahal di bungkusnya sudah ada peringatan bahwa “rokok membunuhmu” dan itu nyata adanya. Tapi sayang meski di bungkus rokok tertulis sebuah peringatan, tampaknya lebih banyak orang yang menghiraukan pesan tersebut daripada mempertimbangkannya.

Sekali anda berani mencoba rokok, maka dipastikan akan mengalami kecanduan. Sama seperti alkohol dan narkoba, rokok juga dapat mengatasi kecemasan, depresi, stress, bahkan kebosanan. Tak heran kalau banyak dari kita yang menjadikan rokok sebagai pelarian dan teman setia yang senantiasa menemani.

♣ Berani mengambil keputusan

Apabila kamu sudah mengambil keputusan untuk berhenti merokok, maka kini saatnya kamu harus pandai mengelola keputusan tersebut. Cobalah berpikir secara rasional, bukankah hidup tanpa rokok akan jauh lebih baik daripada melanjutkannya sebagai seorang perokok?

Coba berikan pertanyaan tersebut pada diri anda. Pikirkan baik-baik, bahwa rokok membawa kerugian sangat besar pada tubuh dan kesehatan.Bahkan rokok bisa merusak kulit dan membuat tampilan fisik terlihat lebih tua daripada usianya.

Jadi silakan kelola keputusan yang sudah dibuat sebaik mungkin. Pertimbangkan bagaimana rokok memengaruhi lingkungan, gaya hidup dan orang-orang yang anda sayangi.Tanamkan pada diri sendiri bahwa jika anda berhenti merokok maka dapat memberikan manfaat bagi orang lain.

♣ Identifikasi pemicu dari rokok

Ada beberapa hal yang menyebabkan seseorang selalu ingin mengisap rokok. Diantaranya kebiasaan nongkrong, minum kopi dan paling lumrah adalah stres. Entah stres akibat pekerjaan, pertemanan, percintaan atau lainnya.

Namun yang pasti, rokok selalu menjadi pilihan tepat untuk menenangkan pikiran. Kenali berbagai pemicu tersebut dengan demikian maka secara tidak langsung anda juga akan menghindari rokok. Berikan respon secepat mungkin saat seseorang menawarkan rokok.

Katakan bahwa anda sedang berusaha berhenti merokok, dengan begitu mereka akan lebih menghargai dan membantu anda dengan tidak menawarkannya lagi.Paling penting dan harus diutamakan, coba kamu pelajari bagaimana caranya mengelola stres. Karena pada dasarnya pemicu terbesar seseorang merokok adalah stres.

Cobalah pergi ke tempat Gym, gunakan siasat ini untuk menghadapi stres supaya tidak berakhir dengan rokok. Intinya, ada banyak hal lebih positif yang bisa kamu lakukan ketika stres. Entah itu olahraga, boxing atau lainnya.

♣ Buat rencana sebaik mungkin

Pilih tanggal yang tepat untuk memulai rencana yang sudah anda susun. Persiapkan diri dalam dua minggu merupakan waktu yang cukup untuk menghentikan kebiasaan merokok.

Jangan pilih hari dimana anda sedang stres, karena hal tersebut dapat membuat keyakinan goyah kembali. Mulailah ketika hati sedang dalam suasana bahagia, dengan begitu maka anda akan lebih siap untuk tidak merokok pada hari tersebut.

♣ Makan buah dan sayuran

Selama proses berhenti merokok sedang berlangsung, pastikan tubuhmu tidak kekurangan nutrisi. Pastikan kebutuhan badanmu tercukupi setiap harinya supaya anda tidak berpikir untuk merokok.

Penting untuk diketahui juga, jika anda seorang wanita sebaiknya tidak diet jika benar-benar sedang berusaha menjauhi rokok. Ciri paling mudah dikenali ketika anda berhasil berhenti merokok adalah kenaikan berat badan. Untuk mencegahnya, anda bias mencoba tips-tips dibawah ini ↵C


Cara mencegah kenaikan berat badan setelah berhenti merokok


Kenaikan berat badan merupakan salah satu masalah umum ketika anda berhenti merokok. Beberapa orang bahkan menggunakannya sebagai alasan untuk tidak berhenti merokok.Cara Mudah Untuk Berhenti dari Kecanduan Merokok

Meski benar, bahwa memang banyak perokok akan meningkat pada waktu 6 bulan setelah mereka berhenti merokok. Tetapi, sekarang anda tidak perlu khawatir lagi. Anda dapat berhenti merokok tanpa mengalami kenaikan berat badan yang signifikan.

  • Konsumsi makanan sehat. Batasi asupan lemak dalam tubuh anda, mencari makanan pilihan dengan rendah lemak akan membuat berat badan anda dalam keadaan ideal. Hal yang terpenting adalah hindari alkohol, soda manis dan minuman berenergi lainnya.
  • Minum banyak air. Setidaknya anda meminum 6 sampai 8 gelas perhari. Hal tersebut akan membantu anda merasa kenyang dan mencegah anda dari lapar. Air juga dapat menyiram racun dalam tubuh anda.
  • Makanan bebas kalori. Pilihan terbaik termasuk juga permen karet dengan rendah gula, wortel dan seledri, dapat membantu anda untuk mencegah keanaikan berat badan.

Selain anda dapat mengkonsumsi makanan dan minuman tersebut, anda juga bisa mencicipi teh hijau untuk menurunkan berat badan yang anda miliki setelah anda berhenti merokok. Semua hal yang baik akan dimulai dengan kebiasaan yang baik juga, jadi anda tidak perlu mengkhawatirkan dampak dari apa yang anda lakukan jika itu adalah hal baik. Cara Mudah Untuk Berhenti dari Kecanduan Merokok

Posted By : Tokoacep.info

Tulisan ini dipublikasikan di Info Kesehatan Lainnya dan tag , , . Tandai permalink.