Faktor Risiko Tak Terduga Dari Penyakit Jantung

Faktor Risiko Tak Terduga Dari Penyakit Jantung,- Anda mungkin pernah mendengar tentang faktor risiko penyakit jantung. Tetapi sebenarnya ada faktor risiko lainnya yang kurang umum dan bisa membuat anda tidak menyangka bahwa anda memiliki penyakit jantung dari faktor risiko ini.

Gusi yang buruk dan kurang tidur mungkin memiliki hubungan dengan kesehatan jantung anda. Berikut adalah faktor risiko tak terduga dari penyakit jantung yang perlu anda ketahui.


Faktor Risiko Tak Terduga Dari Penyakit Jantung


Faktor Risiko Tak Terduga Dari Penyakit Jantung

Salah satu penyakit jantung yang paling umum adalah serangan jantung. Serangan jantung dapat terjadi secara tiba-tiba. Tetapi buka itu yang akan saya informasikan. Apakah anda tahu apa yang terjadi selama penyakit jantung berlangsung? Jika jantung anda telah terakumulasi oleh plak selama bertahun-tahun maka hal tersebut dapat cukup menebal dan akan menghalangi aliran darah karena adanya penyempitan.

Setiap tahun 1 dari 4 orang Amerika meninggal karena penyakit jantung. Itu adalah salah satu alasan mengapa penyakit jantung disebut sebagai penyakit paling mematikan nomor 1 di dunia. Selain karena kebiasaan sehari-hari ternyata ada faktor risiko tak terduga yang dapat menyebabkan timbulnya penyakit jantung.

Faktor risiko umum Penyakit jantung :
  1. Usia. Penuaan dapat meningkatkan risiko kerusakan pada otot jantung dan penyempitan serta penebalan yang terjadi pada arteri.
  2. Sejarah keluarga. Sebuah riwayat keluarga dengan penyakit jantung dapat meningkatkan risiko penyakit arteri koroner.
  3. Merokok. Nikotin dan karbon monoksida dapat merusak lapisan serta dapat mengkonstruksi pembuluh darah anda yang akan emrusak lapisan didalamnya.
  4. Tekanan darah tinggi. Tidak terkontrol tekanan darah tinggi dapat mengakibatkan pengerasan dan penebalan arteri, penyempitan pembuluh yang mengalirkan darah dalam tubuh anda.
  5. Diet yang buruk. Diet yang tinggi lemak, garam, gula dan kolesterol dapat berkontribusi terhadap perkembangan penyakit jantung.
  6. Diabetes. Diabetes meningkatkan risiko penyakit jantung. Kedua kondisi berbagi faktor risiko yang sama, seperti obesitas dan tekanan darah tinggi.
Faktor risiko tak terduga Penyakit jantung:
1. Perawatan gigi yang buruk

Studi observasional telah mencatat bahwa orang-orang dengan penyakit jantung juga cenderung memiliki gusi yang buruk. Hubungan yang tepat dari keduanya memang tidak terbukti, tetapi plak yang terakumulasi di gigi anda adalah plak yang sama dengan plak yang menyumbat arteri koroner di jantung anda.

Kesehatan gigi yang baik sangat penting bagi anda terutama jika anda telah didiagnosa dengan murmur jantung. Jadi, merawat gigi anda dengan menggosok gigi dan flossing setiap hari dan mengunjungi dokter gigi secara teratur adalah kunci utama yang perlu anda lakukan.

2. Polusi Udara

Penelitian telah menunjukkan bahwa polusi udara memiliki keterkaitan dengan penyakit kardiovaskular. Jika anda tinggal di sebuah kota dengan kualitas udara yang buruk, membatasi waktu anda untuk berada diluar rumah dan berolahraga di jam-jam yang sibuk merupakan langkah yang dapat anda gunakan agar tidak terkena penyakit jantung.

3. Sleep Apnea

Sleep apnea adalah gangguan yang menyebabkan anda berhenti bernapas, atau memiliki pernapasan yang sangat dangkal, saat anda tidur. Jika anda menderita sleep apnea, anda mungkin tidak tahu bahwa anda telah berhenti bernapas pada malam hari.

Dan ketika anda terbangun kemungkinan besar bahwa anda akan mengalami tersedak atau terengah-engah. Ini menjadi faktor risiko tak terduga yang ketiga dari timbulnya penyakit jantung.

Terlepas dari semua ini, yang jelas apapun yang dapat mengancam dan berisiko bagi jantung akan lebih baik jika anda menghindarinya. Sebab, penyakit jantung bisa hadir pada siapa saja entah itu laki-laki atau perempuan, tua atau muda, semua manusia pasti dapat terkena penyakit jantung dan mengembangkan penyakit tersebut. Untuk itu, disarankan bagi anda untuk memahami hal-hal aneh terkait penyakit jantung.

Tulisan ini dipublikasikan di Jantung dan tag , , , , , , , , . Tandai permalink.