Gejala Dan Pencegahan Penyakit Pada Otak Manusia

Gejala Dan Pencegahan Penyakit Pada Otak Manusia,- Otak memiliki kendali terhadap seluruh sistem kerja manusia, saat otak kita sehat maka akan menunjang kualitas kesehatan dan keadaan psikologis seseorang sebaliknya saat otak mengalami gangguan maka akan memengaruhi kesehatan dan fungsi otak akan menurun. Maka dari itu otak disebut sebagai pusat pengatur tubuh manusia yang berperan aktif dan penting bagi kehidupan, saat otak berhenti bekerja maka tubuh akan mati dan berhenti bergerak.

Volume otak kita sekitar 1.350 CC dan terdiri dari 100 juta sel syaraf. Sel syaraf yang rusak sedikitnya akan menyebabkan perubahan pada psikologis seseorang seperti disfungsional otak. Disfungsional otak merupakan penyakit yang mempengaruhi kejiwaan seseorang,misalnya; Demensia, kepikunan, halusinasi, autisme, paranoid, psikopat, epilepsi dan sebagainya.

Bahayanya saat otak kita mengalami gangguan lebih parah seperti kanker atau radang otak maka bukan hanya berdampak buruk bagi kesehatan tetapi menyebabkan komplikasi pada organ tubuh lainnya dan mengacu pada kematian. Bukankah kita sendiri ingin berumur panjang ? Jika begitu, seharusnya kita menjaga baik-baik otak kita agar tetap berkualitas dan bebas dari gangguan penyakit.


Gejala Dan Pencegahan Penyakit Pada Otak Manusia


Gejala Dan Pencegahan Penyakit Pada Otak Manusia

Banyak sekali gejala yang bisa dilihat ketika otak kita bermasalah, dan beberapa diantaranya adalah berikut ini ;

  • Sakit kepala yang terjadi secara mendadak dan menyakitkan
  • Melemahnya otot atau otot berhenti bekerja
  • Tidak mampu melakukan aktivitas sederhana seperti berbicara dengan benar
  • Kehilangan ingatan
  • Kepekaan terhadap cahaya
  • Pusing
  • Lumpuh atau mati rasa
  • Hilangnya penglihatan
  • Disorientasi atau kebingungan
  • Leher kaku
  • Merasa tidak enak badan
  • Hilang kesadaran
  • Penglihatan yang buram
  • Muntah
  • Nyeri pada kaki
  • Kejang-kejang
  • Perubahan kondisi mental, seperti linglung.
  • Halusinasi.
  • Otot yang lemas.
  • Gangguan pada kemampuan bicara atau pendengaran.
Penyakit-penyakit Berbahaya Pada Otak :
  1. Tumor Otak, penyakit ini biasanya sering dikaitkan dengan gaya hidup seseorang yang sangat tidak sehat seperti merokok, minum alkohol, pengaruh obat-obatan yang sering dikonsumsi dalam kurun waktu yang sangat panjang, mengkonsumsi makanan berlemak, memakai minyak goreng berulang-ulang, adapun penyebabnya karena suatu benturan yang menyebabkan adanya perkembangan abnormal pada otak.
  2. Pembuluh darah pecah, saat pembuluuh darah pecah pada bagian otak maka akan menyebabkan brain hemorrhage atau pendarahan pada bagian otak, dengan demikian sel-sel yang ada pada otak bisa mati dan menyebabkan stroke.
  3. Radang otak, ensefalitis adalah inflamasi yang terjadi pada otak. Radang otak bisa menyerang siapa saja termasuk anak-anak, belum dapat dipastikan penyebab penyakit ini namun di duga penyakit ini berasal dari virus atau bakteri.
  4. Artheroclerosis, penyumbatan pembuluh darah pada kasus ini biasanya disebabkan karena adanya plak yang terdapat pada endotel sehingga menyebabkan terganggu laju aliran darah pada otak dan menyebabkan penggumpalan darah pada daerah tersebut.
  5. Thrombosis, ini terjadi pada pembuluh darah yang mengalami oklusi sehingga menyebabkan iskemik jaringan otak yang dapat menimbulkan edema dan kongesti disekitarnya.. Hal ini dapat terjadi karena penurunan aktifitas simpatis dan penurunan tekanan darah yang dapat menyebabkan iskemik cerebral.
Langkah Untuk Mencegah Penyakit Otak :
  1. Batasi penggunaan handphone. Radiasi layar hanphone dapat menyebabkan otak terkontasminasi. Pastikan anda tidak menyimpan handphone terlalu dekat dengan kepada ketika tidur dan alangkah lebih baik apabila kamu menggunakan headset saat menelpon.
  2. Jaga pola makan. Asupan makanan sangat penting untuk diperhatikan, jika anda sering mengkonsumsi makanan bernutrisi maka kesehatan otak pun pasti terjamin dengan baik.
  3. Hindari stres. Bukan tidak boleh stres, namun ketika stres saraf pada otak akan menegang. Jika sudah begini, pastikan kamu istirahat dan sempatkan waktu untuk refreshing supaya otak kembali segar dan pikiran pun kembali baru.
  4. Hindari makanan berlemak. Lemak bukan hanya merugikan tubuh melainkan juga kesehatan dan fungsi otak, itulah sebabnya kenapa kamu harus mengurangi makanan berlemak.
  5. Konsumsi vitamin C. Vitamin C sangat bermanfaat bagi tubuh karena selain bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh juga mampu meningkatkan daya ingat seseorang termasuk mereka yang sudah tidak muda lagi.
  6. Jaga kebersihan. Bagaimana pun lingkungan sangat berpengaruh pada kondisi kesehatan seseorang, lingkungan yang bersih bisa membuat kita terhindar dari berbagai ancaman termasuk penyakit yang menyerang otak.
  7. Mencuci tangan, sebagian besar kita melakukan aktifitas kita dengan tangan, ketika kita makan dengan menggunakan tangan tanpa mencuci tangan maka tidak menutup kemungkinan akan ada bakteri masuk ke tubuh kita.
  8. Olahraga, dengan olahraga jantung akan lebih cepat memompa darah kita ke seluruh organ tubuh, sehingga suplai darah yang di perlukan organpun akan terpenuhi.
  9. Banyak Minum, sebagian tubuh kita terdiri dari air, dalam air terkandung mineral dan oksigen, keduanya akan di angkut dan diedarkan melalui pembuluh darah ke seluruh tubuh termasuk otak.

Kesimpulannya selama kita menjaga kebersihan diri maupun lingkungan dan menerapkan gaya hidup sehat, semua penyakit Insyaalloh tidak akan datang. Demikian penjelasan dari saya dan maaf bila ada kesalahan pada penulisan teks yang saya buat, salam sehat Indonesia.

Tulisan ini dipublikasikan di Gangguan Kesehatan dan tag , , , . Tandai permalink.