Gejala, Penyebab Serta Faktor Risiko Spinal Stenosis

Gejala, Penyebab Serta Faktor Risiko Spinal Stenosis,- Spinal stenosis (Stenosis tulang belakang) adalah penyempitan ruang terbuka dalam tulang belakang yang dapat menempatkan tekanan pada sumsum tulang belakang dan syaraf yang berjalan melalui tulang belakang untuk lengan dan kaki. Gejala Penyebab Serta Faktor Risiko Spinal Stenosis

Spinal Stenosis sering terjadi di punggung bagian bawah dan leher. Spinal Stenosis biasanya tidak menimbulkan gejala, namun untuk sebagian orang mungkin akan mengalami kesemutan, rasa sakit, mati rasa, kelemahan otot dan masalah dengan kandung kemih normal atau fungsi dari usus.Gejala Penyebab Serta Faktor Risiko Spinal Stenosis


Gejala, Penyebab Serta Faktor Risiko Spinal Stenosis


Gejala Penyebab Serta Faktor Risiko Spinal Stenosis

Apakah penyebab Spinal Stenosis?
Penuaan

Perubahan tulang belakang pada orang tua adalah penyebab paling umum dari Spinal Stenosis. Hal ini terjadi karena jaringan yang mendukung tulang belakang untuk berubah menjadi tebal dan keras. Kemudian, pada usia yang sudah memasuki usia lanjut sendi dan dan tulang dapat berubah menjadi besar. Terakhir karena tulang dapat menonjol keluar pada usia yang sudah tua dan ini sering dinamakan dengan (taji tulang).

Radang sendi

Dalam beberapa kasus arthritis, degeneratif memburuk dari waktu ke waktu. Kondisi tersebut dapat menyebabkan timbulnya penyakit Stenosis tulang belakang. Dua bentuk dari Arthritis dapat mempengaruhi timbulnya penyakit Stenosis tulang belakang. Diantaranya adalah :Gejala Penyebab Serta Faktor Risiko Spinal Stenosis

  • Steoarthritis. Ciri-cirinya sebagai berikut. Penyakit ini adalah bentuk yang paling umum dari arthritis, paling sering terjadi pada orang paruh baya dan lebih tua, permanen, kemungkinan juga akan melibatkan banyak sendi dalam tubuh. Ciri lain dari penyakit ini adalah jaringan sulit untuk menipis sehingga membuat sendi menjadi sering kaku bahkan tidak bergerak sama sekali, jaringan yang dimaksud adalah tulang rawan.
  • Rheumatoid arthritis. Ciri-cirinya sebagai berikut. Mempengaruhi kebanyakan orang di usia lebih muda dari orang-orang yang menderita penyakit osteoarthritis, menyebabkan jaringan lunak sendi membengkak dan dapat mempengaruhi organ-organ internal dan sistem.

Penyakit ini juga dapat menyebabkan munculnya stenosis tulang belakang dan dapat mengalami kerusakan parah terutama pada sendi. Untuk mengatasi penyakit yang berhubungan dengan persendian anda sebaiknya anda pelajari informasi tentang pengobatan untuk mengatasi penyakit pada persendian agar tidak berkembang menjadi Spinal Stenosis.

Faktor Keturunan

Beberapa orang dilahirkan dengan kondisi yang menyebabkan stenosis tulang belakang. Misalnya, beberapa orang dilahirkan dengan kanal tulang belakang yang kecil. Penyebab lainnya yaitu ketika bayi dilahirkan bayi tersebut memiliki tulang belakang yang melengkung (scoliosis).Gejala Penyebab Serta Faktor Risiko Spinal Stenosis

Penyebab lain dari stenosis tulang belakang adalah :

  • Cedera
  • Tumor tulang belakang
  • Terlalu banyak fluoride dalam tubuh
  • Penyakit Paget (penyakit yang mempengaruhi tulang)
  • Deposit kalsium pada ligamen yang berjalan di sepanjang tulang belakang.
Apa saja gejala dari Spinal Stenosis?

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa Spinal Stenosis biasanya tidak menimbulkan gejala, namun gejala yang mungkin terjadi pada beberapa orang meliputi :

  • Rasa nyeri pada kaki saat turun
  • Rasa nyeri pada leher dan punggung
  • Memiliki masalah kesehatan pada kaki

Salah satu jenis Stenosis tulang belakang, yaitu syndrom cauda equine, ini adalah sindrom yang sangat serius. Jenis ini terjadi ketika ada tekanan pada saraf di punggung bawah. Gejala yang mungkin termasuk adalah :

  • Masalah berhubungan seks
  • Hilangnya kontrol usus atau kandung kemih
  • Nyeri, kelemahan, atau hilangnya rasa di satu atau kedua kaki
Bagaimana cara mengatasi Spinal Stenosis?

Beberapa obat-obatan herbal dapat membantu mengobati gejala yang berhubungan dengan Spinal Stenosis anda. Stenosis tulang belakang dapat memampatkan sumsum tulang belakang atau saraf akar tulang belakang dan menyebabkan sakit punggung yang sangat luar biasa.

Kunyit

Kunyit juga di kenal dengan curcuma longa adalah ramuan yang sangat dikenal bisa mengatasi penyakit stenosis tulang belakang anda. Kunyit telah digunakan untuk membantu mengurangi peradangan yang terkait dengan kondisi musqouloskeletal, seperti stenosis tulang belakang.

Dr Michael T. Murray, seorang dokter naturopati dan penulis buku “The Healing Power of Herbal,” menyatakan bahwa kunyit adalah ramuan kuat anti-inflamasi bila diambil secara lisan. Tilgner memperingatkan bahwa ramuan ini tidak harus digunakan selama kehamilan, karena kemampuannya untuk merangsang rahim anda.

Banyak minum

Penyakit yang terjadi pada sistem syaraf khususnya tulang belakang bisa terjadi karena anda kurang mengkonsumsi air. Sehingga tidak ada pelumas yang membuat fungsi syaraf menjadi lebih baik. 90% dari tubuh kita bergantung pada air, selain itu manfaat air untuk tubuh manusia dapat menurunkan berat badan tanpa harus diet. Kekurangan konsumsi air juga dapat menyebabkan beberapa penyakit seperti syaraf terjepit, batu ginjal serta penyakit lainnya pada persendian.

Olahraga teratur

Hampir semua orang bisa mendapatkan keuntungan dari peregangan jaringan lunak (otot, ligamen, dan tendon) di dalam dan sekitar tulang belakang. Mulailah secara perlahan untuk mengurangi nyeri pada bagian tubuh yang terkena spinal stenosis. Anda harus melakukan olahraga setidaknya 30 menit dalam waktu tiga kali dalam seminggu. Jika anda tidak kuat, cobalah latihan di dalam kolam.

Daya apung air membuat anda lebih mudah untuk bergerak dan mendapatkan berbagai gerakan. Olahraga teratur dapat membantu meningkatkan fleksibilitas dan keseimbangan, memungkinkan anda untuk bergerak lebih baik. Ini bukan hanya baik untuk kesehatan fisik Anda, tetapi juga dapat meningkatkan kebugaran agar terhindar dari cedera tulang belakang.

Tulisan ini dipublikasikan di Gangguan Kesehatan dan tag , , , . Tandai permalink.