Jenis Kanker Paling Mematikan di Dunia

Jenis Kanker Paling Mematikan di Dunia,- Kita semua pasti tau, kanker adalah penyakit paling menakutkan sekaligus mematikan. Kanker bisa menjalar ke bagian tubuh lain tanpa disadari, itu mengapa sebabnya banyak orang yang takut terserang kanker. Bahkan kanker bisa memengaruhi seluruh hidup manusia. Sebenarnya, sejak awal 1970-an para peneliti telah melakukan penelitian mengenai kanker. 

Hasilnya menunjukan bahwa tingkat kelangsungan hidup seorang penderita kanker bisa menurun seiring dengan tingkat keparahan penyakit. Ini artinya, hidup penderita kanker akan jauh lebih berisiko tatkala penyakit yang dideritanya memasuki stadium lanjut. Itulah kenapa sebabnya penting untuk kita mengetahui beragam jenis kanker. 

Sebab dengan mengetahui berbagai jenis kanker, setidaknya kita bisa melakukan pencegahan sejak dini. Yang pasti, kita bisa melakukan pertahanan untuk tubuh dan menjaga sistem imunitas supaya tidak mudah down. Lantas kanker apa saja sih yang sangat berpengaruh pada kehidupan kita? Berikut kami sudah merangkum berbagai jenis kanker paling mematikan di dunia.

Jenis Kanker Paling Mematikan di Dunia

Jenis Kanker Paling Mematikan di Dunia

♣ Kanker Otak dan sistem saraf

Kanker otak dan sistem saraf merupakan salah satu jenis kanker paling mematikan di dunia. Maka dari itu, jangan sampai anda mengabaikannya. Jika dirasa ada tanda dan gejala yang menyerang, segera periksa ke dokter supaya diberikan tindakan sehingga penyakit tidak menyebar. 

Kanker otak muncul akibat adanya sel-sel kanker yang menyerang otak. Kanker otak bisa berkembang di titik tersebut secara langsung, atau sebagai efek samping dari penyebaran kanker yang hidup pada organ lain. Jika kanker otak tumbuh secara personal, mungkin bisa melibatkan ahli bedah saraf dan enkologi untuk mengatasinya.

Tapi sayang, kebanyakan kanker otak dipicu oleh penyakit lain sehingga cukup sulit untuk ditangani. Sakit kepala, lemah otot, dan kejanggalan semuanya bisa terjadi pada mereka yang mengidap kanker otak. Pada tahun 2017 saja, diperkirakan 23.800 kasus baru didiagnosis mengidap kanker otak dan 16.700 kasus secara keseluruhan berakibat fatal bagi penderitanya.

♣ Kanker Kandung kemih

Awalnya, kanker kandung kemih masih bisa diobati dengan cepat. Namun tetap saja, kanker kandung kemih dianggap paling mematikan. Bahkan tersimpan di urutan kedua sebagai jenis kanker paling mematikan di dunia. Menurut National Cancer Institute, jenis kanker kandung kemih paling umum adalah karsinoma. 

Karsinoma terjadi ketika sel-sel kanker melapisi bagian dalam dari kandung kemih. Keluarnya darah bersamaan dengan urine merupakan indikasi awal paling mudah diketahui dari kanker karsinoma. Meskipun memang banyak tanda lain yang lebih mengkhawatirkan dari ini.

Dalam sebuah laporan dikatakan bahwa seorang perokok berisiko 3 kali lebih mungkin mengembangkan penyakit karsinoma dibandingkan mereka yang sama sekali tidak merokok. Artinya, perokok aktif rentan terhadap infeksi dan memiliki risiko tinggi terserang kanker kandung kemih. Diperkirakan bahwa 79.000 kasus baru di tahun 2017, dan sekitar 16.870 mungkin berakibat fatal.

♣ Kanker Kolorektal

Jenis kanker paling mematikan di dunia urutan ketiga adalah kolorektal. Bahkan jenis kanker ini dianggap paling fatal oleh ahli kesehatan. Kanker kolorektal terbentuk di usus besar atau rektum, sebenarnya pertumbuhannya tidak selalu menjadi kanker namun menurut Centers For Disease Control and Prevention mengungkapkan bahwa kebanyakan sel yang tumbuh berubah menjadi kanker ganas.

Kanker kolorektal atau biasa dikenal dengan polip ini bisa tumbuh dalam usus besar selama bertahun-tahun tanpa menyebabkan gejala apapun. Itu alasannya mengapa dokter selalu merekomendasikan pembersihan usus setelah mencapai usia 50 tahun. Ya benar sekali, usia merupakan faktor utama dari terbentuknya kanker ini dan lebih dari 90% kasus terjadi pada mereka yang berusia lanjut.

Pada tahun 2017, sekitar 135.430 kasus kanker kolorektal baru yang mungkin terjadi dan sekitar 50.260 dapat di diagnosis meninggal dunia akibat penyakit ini. Makan banyak serat melalui buah-buahan dan sayuran sangat penting dalam perencanaan sehat untuk mengatasi penyakit kanker kolorektal, selain itu juga dapat membantu meminimalkan perkembangan yang mungkin terjadi.

♣ Kanker Pankreas

Dalam banyak kasus, awal mulanya kanker pankreas ini akan sulit sekali di deteksi. Tapi, lama kelamaan jika sudah memasuki tahap lanjut maka kanker pankreas ini dapat menimbulkan beberapa gejala yang jelas sekali terlihat. 

Sebelumnya, pankreas yang sehat mempunyai banyak tugas bagi tubuh kita. Organ kecil yang terletak di belakang perut ini bisa membantu menjaga sistem pencernaan, produksi insulin dan metabolisme supaya berjalan lancar. Namun semua itu akan hancur tatkalan sel kanker menyerangnya. 

Menurut Cancer Treatment Centers Of America, kanker pankreas akan memengaruhi beberapa kelenjar yang bertanggung jawab mempromosikan enzim pencernaan dimana enzim tersebut bertugas membantu memecah protein, lemak serta pati. Jika anda mengalami masalah pencernaan, sakit perut, kehilangan selera makan dan sering mual maka kamu harus waspada karena ini merupakan gejala umum yang ditimbulkan kanker pankreas.

Jika anda seorang penderita diabetes atau seseorang yang memiliki kerusakan hati, maka hal tersebut juga dapat berpotensi untuk mengembangkan kanker pankreas. Merokok dan gaya hidup sudah menjadi hal yang pasti dan berperan utama dalam penyakit kanker yang satu ini. Bahkan di tahun ini, ada sekitar 53. 670 kasus baru dan 43.090 menyebabkan kematian dari penyakit kanker pankreas ini.

Jenis kanker apapun sebenarnya akan membahayakan serta mengancam jiwa anda. Dibalik itu semua tentu akan ada penyebab yang menimbulkan terjadinya penyakit kanker pada tubuh anda. Oleh sebab itu, sebaiknya anda harus lebih waspada lagi karena diluar sana masih banyak jenis penyakit yang lebih mematikan dari kanker.

Posted By : Tokoacep.info

Tulisan ini dipublikasikan di Kanker dan Tumor dan tag , , , , , , , , , , , . Tandai permalink.