Jenis Olahraga Yang Tidak Beresiko Bagi Ibu Hamil

Jenis Olahraga Yang Tidak Beresiko Bagi Ibu Hamil,- Bergerak aktif, merupakan hal yang harus dilakukan ketika sedang hamil. Selain bergerak anda juga diharuskan untuk melakukan olahraga supaya tubuh lebih berenergi.

Tak sampai di situ, olahraga juga dapat menghilangkan mual, sakit punggung, pusing dan sakit kepala. Dimana hal-hal tersebut merupakan kondisi sering dialami oleh kebanyakan ibu hamil. Meski dituntut untuk bergerak, namun bukan berarti semua jenis olahraga bisa di coba.

Kamu hanya diperbolehkan untuk melaksanakan olahraga ringan, selain tidak berisiko latihan tersebut juga sangat dianjurkan oleh para bidan. Mengapa? Sebab olahraga dapat melatih kelenturan otot, terlebih jika kandungan sudah memasuki usia 6 bulan dokter biasanya akan menyarankan untuk ikut senam hamil dengan tujuan melatih pernapasan.


Jenis Olahraga Yang Tidak Beresiko Bagi Ibu Hamil

Berbicara soal olahraga, senam hamil ternyata mampu menstabilkan aliran darah dan oksigen. Bahkan lebih mengejutkannya lagi, hasil oksigen tersebut cukup berpengaruh pada bayi karena bisa dipergunakan untuk pengembangan saraf dan otak oleh janin.

Tak sampai disitu, manfaat latihan bagi ibu hamil pun ternyata sangat berguna sebagai pencegahan mengurangi risiko kompikasi kehamilan. Pernyataan ini didukung oleh sebuah penemuan yang hasilnya wanita hamil yang aktif bergerak cenderung mampu melewati proses persalinan secara normal ketimbang ibu hamil yang jarang olahraga.

Jenis Olahraga Yang Tidak Beresiko Bagi Ibu HamilMengapa demikian?

Hal ini dikarenakan tubuh perempuan yang aktif bergerak jauh lebih siap ketika menghadapi masa persalinan. Beda lagi kalau anda jarang olahraga kemungkinan besar operasi caesar akan menjadi jalan keluar terakhir.

Jenis olahraga selanjutnya yang dapat diterapkan adalah berjalan. Jalan kaki selama 30 menit bisa membakar kalori, ini bukan hanya baik bagi janin tetapi juga bagus untuk badan sang ibu karena diklaim efektif menurunkan berat badan yang biasanya naik dua kali lipat selama masa kehamilan.

Hal-hal lain yang perlu diperhatikan ibu hamil

  • Berpikir positif
  • Jaga kualitas tidur dengan baik
  • Perbanyak asupan buah dan sayuran
  • Pilih nutrisi paling tepat untuk menjaga kehamilan
  • Hindari kebiasaan merokok (jika anda seorang perokok)
  • Kurangi asupan garam karena hal ini bisa menyebabkan munculnya penyakit hipertensi di kehamilan. Ini jauh lebih berisiko karena dapat mengakibatkan kematian janin dalam kandungan.

Secara keseluruhan, kondisi hamil bukan hal yang bisa dijadikan untuk bermalas-malasan. Tetaplah aktif bergerak dan lakukan aktivitas seperti biasanya. Hanya saja, intensitasnya dikurangi. Jika biasanya anda bekerja selama 10 jam/hari, maka ketika sedang hamil cobalah untuk meluangkan waktu lebih banyak untuk bersantai, olahraga ringan dan aktivitas positif lainnya supaya anda juga tidak gampang stress.

Seperti yang telah diketahui, stres selama ini masih menjadi sumber penyebab terbesar dari kematian janin. Selain itu, stres yang berkepanjangan juga tak baik untuk psikis anda. Maka dari itu, buatlah hidup seceria mungkin supaya kehamilan tetap terjaga dengan baik.

Tulisan ini dipublikasikan di Kehamilan dan tag , , , . Tandai permalink.