Kenali Gejala Pada Sindrom Antifosfolipid

Kenali Gejala Pada Sindrom Antifosfolipid,- Sindrom Antifosfolipid merupakan gangguan yang terjadi pada sistem pembekuan darah. Kondisi ini terbilang bahaya karena dapat menyebabkan trombosit pada arteri dan vena. Jika dialami oleh ibu hamil kemungkinan besar dapat menimbulkan terjadinya keguguran. 

Kenali Gejala Pada Sindrom Antifosfolipid

Pada umumnya darah manusia bersifat encer dan mudah mengalir. Namun, ketika seseorang mengalami gangguan darah seperti sindrom antifosfolipid maka aliran darah tersebut akan terhambat. Selain itu, darah juga berfungsi sebagai pembawa nutrisi dan oksigen ke seluruh tubuh. Saat darah mengental dan lajunya menjadi lambat maka kamu akan berpotensi kekurangan nutrisi, hormon, serta oksigen. 

Nah supaya kamu lebih paham dan mengerti mengenai sindrom ini, sebaiknya kenali gejala pada sindrom antifosfolipid sebelum kondisi semakin memburuk. Karena secara keseluruhan penyakit ini dapat menyebabkan penderitanya mengalami kondisi lebih serius apabila tidak diatasi dengan benar dan menyebabkan komplikasi pada organ lainnya.


Kenali Gejala Pada Sindrom Antifosfolipid


Banyak sekali gejala yang mudah dikenali dari kondisi ini. Dan berikut merupakan beberapa gejala sindrom antifosfolipid yang paling umum dan sering terjadi pada sebagian besar pengidapnya. 

  • Migrainnyeri kepala sedang hingga parah yang terasa berdenyut yang umumnya hanya mengenai sebelah sisi kepala saja. Hal ini terjadi karena darah yang menuju ke otak melambat dan darah yang mengental membuat aliran darah jadi terhambat, jika terus dibiarkan maka bisa menjadi penyebab stroke.
  • Vertigo – yaitu gejala sering yang muncul pada penderita sindrom antifosfolipid yaitu seperti seorang yang mabuk. Biasanya gejala ini ditandai dengan keadaan yang seperti berputar – putar, meskipun penderita sedang berbaring dan atau berdiri. Hal ini dikarenakan pasokan oksigen ke otak yang berkurang akibat pengentalan darah sehingga terjadi gangguan keseimbangan.
  • Daya ingat menurun – penderita sindrom antifosfolipid bisa mengalami hilang ingatan dimana mereka lupa nama – nama keluarga, bahkan mereka bisa lupa dengan apa yang baru saja mereka lakukan atau katakan.
  • Urin bercampur darah – fungsi ginjal adalah menyaring darah dan mengeluarkan cairan yang tidak diperlukan tubuh bersama urin. Saringan ginjal sangat lah halus dan apabila darah mengental, bisa menyebabkan perobekan pada glomerulus pada ginjal. Akibatnya air seni akan berwarna kemerahan, tanda mulai bocornya saringan ginjal.
  • Gangguan penglihatan – penderita dapat mengalami pandangan ganda, berbayang, bahkan sama sekali tidak melihat apapun (pandangan kabur yang berakhir dengan pingsan). Hal ini terjadi karena pasokan darah ke jaringan arteri dan vena mata mengalami hambatan akibat darah mengental.
  • Gangguan kulit – gangguan kulit yang terjadi pada penderita sindrom antifosfolipid berupa noda disekitar lengan dan kaki (istilah medisnya livedo reticularis) berupa bercak merah kebiruan di kulit yang disebabkan gangguan pembuluh darah.
  • Trombosis – merupakan gejala penggumpalan atau pembekuan darah karena darah yang terlalu kental. Hal ini karena darah menggumpal terjadi jika sindrom ini tidak ditangani secara serius. Trombosis dapat terjadi pada organ mana saja, termasuk yang vital seperti mata, hati dan ginjal.
  • Gangguan pada usus – darah yang kental dapat mempengaruhi aliran darah ke usus sehingga menyebabkan sakit pada bagian perut, demam ataupun pendarahan pada anus ketika duduk. Selain itu penderita sindrom antifosfolipid ibu hamil  juga bisa mengalami keguguran yang berulang.
Adapun penyebab dari sindrom Antifosfolipid diantaranya ↵
  1. Radikal Bebas – menyebabkan seseorang terkena pengentalan darah, radikal bebas yang bisa menyebabkan darah menjadi kental adalah polusi udara dan masih banyak lagi lainnya.
  2. Genetik – saat anda mempunyai garis keturunan dengan riwayat penyakit ini, maka anda pun beresiko bernasib sama dengan keluarga anda tersebut.
  3. Ras etnis tertentu (terutama Kaukasia) – mungkin memiliki kecenderungan genetik terhadap darah kental. Cacat pada gen koagulasi mempengaruhi kemampuan tubuh untuk mematikan saklar yang mengaktifkan proses pembekuan. Cacat ini juga dapat mempengaruhi kemampuan tubuh untuk membersihkan deposito fibrin yang terbentuk sebagai hasil dari proses pembekuan.

Nah setelah mengetahui gejala dan penyebab darah kental maka kita harus sering – sering memeriksakan diri ke dokter, untuk mengetahui bagaimana kondisi kesehatan kita dan penyakit apa yang sekiranya kita derita. Terimkasih telah mengunjungi laman web kami 🙂

Posted By : Tokoacep.info

Kenali Gejala Pada Sindrom Antifosfolipid Kenali Gejala Pada Sindrom Antifosfolipid Sejak Dini  Kenali Gejala Pada Sindrom Antifosfolipid Sejak Dini  Kenali Gejala Pada Sindrom Antifosfolipid Sejak Dini  Kenali Gejala Pada Sindrom Antifosfolipid Sejak Dini  Kenali Gejala Pada Sindrom Antifosfolipid Sejak Dini  Kenali Gejala Pada Sindrom Antifosfolipid Sejak Dini  Kenali Gejala Pada Sindrom Antifosfolipid Sejak Dini Kenali Gejala Pada Sindrom Antifosfolipid Sejak Dini  Kenali Gejala Pada Sindrom Antifosfolipid Sejak Dini 

Tulisan ini dipublikasikan di Darah dan tag , , , , , , , , , , , , , , . Tandai permalink.