Makanan Terbaik dan Terburuk Untuk Sistem Pencernaan

Makanan Terbaik dan Terburuk Untuk Sistem Pencernaan,- Kamu sedang mengalami gangguan pencernaan? Cari makanan terbaik yang bisa dikonsumsi supaya kondisi membaik? Tepat sekali. Kami sudah merangkum sejumlah makanan terbaik dan terburuk untuk sistem pencernaan. Selain dapat memperbaiki sistem pencernaan, makanan-makanan ini juga bisa membuat kamu lebih sehat karena mengandung banyak sekali vitamin,enzim dan nutrisi untuk tubuh.

Makanan Terbaik dan Terburuk Untuk Sistem Pencernaan

Makanan Terbaik dan Terburuk Untuk Sistem Pencernaan

Makanan yang baik untuk sistem pencernaan

Ada banyak sekali jenis makanan sehat yang dapat mempromosikan kesehatan sistem pencernaan manusia. Dan berikut adalah beberapa diantaranya : 

  • Bit merah. Bit sangat baik untuk sistem pencernaan seperti mengatasi sembelit serta dapat mengatasi berbagai penyakit yang terdapat di lambung, hal ini bisa terjadi karena bit merah memiliki kandungan yang kaya akan serat.
  • Apel. Kutipan tentang “satu buah apel di pagi hari akan membuat dokter pergi” itu memang sangat benar, karena buah apel dapat menjadi makanan yang sangat baik dan dibutuhkan oleh sistem pencernaan dalam tubuh manusia.
  • Biji chia. Biji chia ini berasal dari meksiko yang merupakan makanan yang kaya dengan sumber yang kaya nutrisi dan antioksidan. Biji chia ini ada yang berwarna cokelat, putih dan hitam. Ketiganya merupakan sumber yang kaya akan serat dan dapat mengurangi peradangan serta mengatur fungsi usus.
  • Timun jepang. Timun jepang sangat baik untuk dikonsumsi untuk melancarkan dan mendetoksifikasi tubuh. Selain itu timun jepang juga berfungsi untuk membersihkan usus dan saluran pencernaan pada tubuh kita.
  • Jahe. Jahe adalah obat yang sangat efektif untuk mengobati berbagai penyakit yang terjadi pada sistem pencernaan. Jahe mengandung anti bakteri yang dapat membunuh kuman dalam saluran pencernaan dan menyembuhkan rasa mual dan kembung.
  • Alpukat. Buah hijau yang satu ini kaya akan serat dan mengandung lemak tunggal yang sehat dan membuatnya mudah dicerna bahkan oleh balita. Alpukat juga membantu mempertahankan saluran pencernaan agar tetap sehat. Alpukat yang kaya dengan kandungan beta karotan juga dapat membantu dalam mengembangkan lapisan mukosa yang sehat.
  •  Daging tanpa lemak. Protein merupakan asupan penting untuk tubuh manusia, tetapi ketika tubuh manusia mengalami potongan lemak yang tidak benar, maka akan tidak baik pula untuk sistem pencernaan. Untuk itu, anda di anjurkan untuk mengkonsumsi daging tanpa kulit dan tidak terlalu sring mengkonsumsi jeroan. Makanan Terbaik dan Terburuk Untuk Sistem Pencernaan
Makanan Terburuk untuk Sistem Pencernaan
1. Pemanis buatan

Bagaimana pemanis buatan mempengaruhi anda ? Jika anda memotong kalori dan menambahkan pemanis buatan daripada gula asli pada kopi anda, maka hal tersebut dapat mempengaruhi sistem pencernaan anda yang dapat meningkatkan peradangan dalam tubuh anda. Secara umum, pemanis buatan yang sering di konsumsi oleh kalangan masyarakat, terbuat dari gula alkohol yang berdampak besar pada sistem pencernaan dan dapat menyebabkan diare. Selain itu pemanis buatan juga dapat meningkatkan kadar gula dalam tubuh yang dapat menimbulkan penyakit diabetes pada tubuh anda.

2. Cokelat

Kafein yang terdapat dalam cokelat dapat memicu terjadinya penyakit magg pada orang-orang yang rentan terkena penyakit pada sistem pencernaan. Selain itu cokelat juga dapat mengakibatkan terjadinya penyakit diare. Makanan Terbaik dan Terburuk Untuk Sistem Pencernaan

3. Fast food

Mengkonsumsi fast food dapat menyebabkan anda untuk terkena serangan penyakit diabetes tipe 2, serangan jantung, kenaikan berat badan, menyebabkan kembung, kram dan masalah lain yang terjadi pada sistem pencernaan. Jika anda tidak bisa mengurangi atau bahkan berhenti untuk mengkonsumsi makanan cepat saji, maka anda memiliki kemungkinan besar untuk terkena penyakit komplikasi. Sebaiknya anda fahami dampak buruk fast food agar anda lebih faham dengan dampak buruk makanan yang sering anda konsumsi.

4. Buah dan Sayuran

Buah dan sayuran akan sangat buruk jika dikonsumsi oleh orang-orang yang memiliki sistem pencernaan yang sensitif. Buah dan sayur memiliki jumlah tinggi serat yang larut dan dapat menyebabkan kembung dan diare. Anda bisa mencoba untuk memasak sayuran yang akan anda makan, memasak sayuran dapat memproduksi dan memungkinkan makanan agar lebih mudah untuk di cerna. Makanan Terbaik dan Terburuk Untuk Sistem Pencernaan

5. Kopi

Kopi memang memiliki manfaat, namun untuk penderita magh, kopi akan sangat berbahaya jika dikonsumsi. Kopi dapat menimbulkan iritasi pada lambung, selain itu kopi juga dapat merangsang produksi asam di lambung yang dapat mengakibatkan perut mulas dan timbulnya penyakit GERD.

6. Produk susu

Salah satu makanan yang sulit di cerna adalah susu. Produk susu menjadi makanan yang sulit di cerna karena laktosa gula yang terdapat dalam produk susu tidak bisa dicerna dengan baik, saat laktosa gula dalam susu tidak bisa di cerna maka dapat menimbulkan perut menjadi kembung. Apalagi jika anda terlalu banyak mengkonsumsi laktosa gula maka akan masuk ke dalam usus besar dan perut anda akan mengalami diare. Makanan Terbaik dan Terburuk Untuk Sistem Pencernaan

7. Makanan pedas

Jika anda mengalami mual, muntah, dan diare maka anda harus menghindari makanan yang dapat merangsang sistem pencernaan.  Ini termasuk makanan pedas, karena makanan pedas dapat menjadi penyebab timbulnya penyakit pada sistem pencernaan untuk beberapa orang yang memiliki sistem pencernaan yang sensitif. Makanan Terbaik dan Terburuk Untuk Sistem Pencernaan

8. Makanan asam

Salah satunya adalah saus tomat, dan buah-buahan seperti lemon, jeruk, limau, dan grapefruits dapat menyebabkan masalah pada sistem pencernaan. Banyak orang yang tidak menyadari bahwa soda juga dapat menimbulkan masalah pada sistem pencernaan. Jika anda memiliki sistem pencernaan yang sensitif sebaiknya anda hindari makanan yang asam.

Posted By : Tokoacep.info

Tulisan ini dipublikasikan di Pencernaan dan tag , , , , , , , . Tandai permalink.