Pengertian Gejala Dan Cara Mencegah Malaria

Pengertian Gejala Dan Cara Mencegah malaria,- Malaria adalah penyakit yang disebabkan oleh gigitan nyamuk yang sudah terinfeksi parasit. Dengan satu gigitan saja, infeksi malaria bisa langsung terjadi, bahkan dalam banyak kasus berujung dengan kematian. Selain menimbulkan ketidaknyamanan, malarian juga bisa menular dari satu orang ke lainnya jika ada kontak langsung.

Adapun parasit yang menyebabkan terbentuknya malaria adalah Plasmodium, sedangkan nyamuk yang bertugas untuk menyebarkannya adalah Anopheles betina.  Sekarang anda sudah mengetahui apa itu malaria dari pengertian di atas, dan sebelum timbulnya suatu penyakit pasti akan ada gejala yang ditimbulkan oleh penyakit tersebut, di bawah ini adalah gejala yang dapat memicu terjadinya malaria.


Pengertian Gejala Dan Cara Mencegah malaria


Gejala malaria

Gejala akibat malaria biasanya akan muncul dari satu dua minggu setelah tubuh terinfeksi.Gejala yang muncul biasanya :

Pengertian Gejala Dan Cara Mencegah Malaria

  1. Diare
  2. Demam
  3. Nyeri otot
  4. Berkeringat
  5. Muntah muntah
  6. Pusing atau sakit kepala
  7. Menggigil atau kedinginan

Gigitan nyamuk malaria lebih sering terjadi pada malam hari. Setelah terjadinya gigitan, parasit akan masuk ke dalam aliran darah.Dan penyebaran penyakit malaria bisa terjadi karena proses transfusi darah. Parasit akan masuk ke aliran darah dan bergerak ke organ hati. Infeksi ini akan terjadi dan berkembang di organ hati.

Kemudian parasit akan masuk kembali ke aliran darah dan menyerang sel darah merah. Parasit akan memanfaatkan sel darah merah sebagai tempat berkembang biak.Ketika berada di daerah endemis malaria, pendatang lebih rentan terserang malaria.

Sistem kekebalan tubuh mereka tidak sama dengan penduduk daerah endemis malaria dalam melawan parasit. Karena itu disarankan untuk mengkonsumsi obat herbal anti malaria bagi anda yang ingin bepergian ke daerah endemis malaria.

Proses penularan penyakit malaria

Penularan penyakit malaria adalah melalui nyamuk anopheles betina. Ketika nyamuk menggigit seseorang yang terinfeksi malaria, nyamuk tersebut menyedot parasit yang disebut gametocytes. Parasit tersebut menyelesaikan siklus pertumbuhannya di dalam tubuh nyamuk dan kemudian merambat ke kelenjar ludah nyamuk.

Pada saat menggigit anda, nyamuk ini menyuntikkan parasit ke aliran darah manusia menuju ke hati kemudian melipat gandakan diri.Bentuk penularan lain yang dapat terjadi dapat berupa penularan dari wanita hamil ke janin. Malaria juga dapat menular melalui transfusi darah dan memakai jarum  suntik bekas orang yang terinfeksi penyakit malaria.

Pencegahan penyakit malaria

Mencegah tentunya lebih baik daripada mengobati dan menghindari diri dari gigitan nyamuk adalah cara yang paling utama untuk mencegah terjadinya penyakit malaria agar tidak tertular. Beberapa hal dibawah ini bisa mencegah terjadinya penyakit malaria :

  • Melakukan pengasapan secara teratur
  • Menutup ranjang dengan menggunakan kelambu
  • Menggunakan selimut dan baju panjang saat tidur
  • Menutup genangan air yang berpotensi menjadi sarang jentik nyamuk
  • Rajin membersihkan bak mandi agar nyamuk tidak berkembang biak di dalam air.
Pengobatan malaria

Menyembuhkan penyakit malaria bisa dilakukan menggunakan bahan bahan yang bebas dari bahan kimia,Untuk menangani malaria yang disebabkan oleh Plasmodium falciparum, berikut obat-obatan herbal alami yang digunakan :

Sambiloto

Sambiloto adalah salah satu daun yang bisa dimanfaatkan untuk mengobati malaria. Daun sambiloto sebelumnya juga kerap digunakan sebagai obat herbal untuk mengobati berbagai penyakit. Hal ini dikarenakan daun sambiloto memiliki laktone dan flavonoid yang masing-masing mengandung deoxyandrographolide, androphaholide, 14-deoxy-n, 12-didehydroandrographolide, dan homoandrographoline. Pengobatan yang alami dari daun sambiloto yang direbus dengan air bersih untuk di konsumsi airnya.

Daun pare

Daun pare juga memiliki khasiat untuk mengobati penyakit malaria,dengan cara merebus daun pare yang sudah dibersihkan menggunakan air dan tunggu sampai mendidih kemudian minum selagi hangat.

Kebiasaan diri

Kebiasaan yang lebih sering duduk di luar rumah sampai larut malam juga akan memicu datangnya nyamuk dan hinggap di tubuh kita, untuk itu biasakan diri anda mulai dari sekarang untuk memilih pola hidup dan kebisaan yang baik agar tidak merusak kesehatan.

Karena hubungan penyakit malaria dengan kebiasaan diri sendiri itu sangat berkaitan erat karena vektornya bersifat eksofilik dan eksofagik akan memudahkan kontak dengan nyamuk.

Memasang kawat kasa di sekitar rumah

Memasang kawat kasa pada rumah dapat mengurangi masuknya nyamuk ke dalam rumah untuk menggigit manusia,ini sangat penting karena ventilasi yang dilengkapi dengan kawat kasa akan lebih mempersulit nyamuk untuk masuk ke dalam lingkungan rumah kita.

Pola hidup sehat

Banyak orang yang mengatakan bahwa sehat itu sangat mahal dan sebenarnya yang mahal itu sakit.Kesehatan itu sangat murah apabila kita melakukan pencegahan sebelum sakit dengan pola hidup yang sehat.

Mulailah dengan menjaga kebersihan diri sendiri terlebih dahulu. Misalnya mandi teratur minimal 2x sehari, sikat gigi setelah makan, membersihkan kamar tidur, dan sebagainya.

Menghindari kebiasaan buruk

Selain menjaga lingkungan rumah dari nyamuk kamu juga harus mulai menghindari kebiasaan buruk agar bisa terhindar dari penyakit malaria dan hidup yang sehat juga bisa terwujud dengan baik.Pengertian Gejala Dan Cara Mencegah Malaria

Beberapa kebiasaan buruk yang wajib dihentikan antara lain membiarkan genangan air terbuka,lingkungan yang kotor,dan begadang di malam hari yang dapat memudahkan nyamuk untuk menghampiri kita saat kita lengah atau sedang asyik menonton tv di malam hari.Pengertian Gejala Dan Cara Mencegah Malaria

Bagaimana,apakah anda tertarik untuk menjaga kesehatan anda dari penyakit malaria? Itulah sajian bagaimana pengertian dari penyakit malaria dan bagaimana penyakit malaria menular serta cara mengatasinya.Pengertian Gejala Dan Cara Mencegah Malaria

Sebaiknya didasari dari kesadaran akan pentingnya menjaga kesehatan tubuh dan menjauhkan diri dari kebiasaan buruk yang mengundang penyakit. Menjadikan pola hidup sehat sebagai bagian dari kehidupan sehari-hari dapat mendatangkan manfaat jangka panjang.Semoga bermanfaat dan selamat mencobanya.

Posted By : Tokoacep.info

Tulisan ini dipublikasikan di Gangguan Kesehatan dan tag , , , , , , , . Tandai permalink.