Rokok Dan Alkohol Sebagai Penyebab Psoriasis

Rokok Dan Alkohol Sebagai Penyebab Psoriasis,- Psoriasis merupakan penyakit kulit kronis yang menyebabkan terbentuknya plak dan bisa menebal. Sama halnya dengan eksim, psoriasis tidak menular yang terjadi akibat adanya bahan kimia pada sel darah putih khusus yang disebut dengan limposit.

Psoriasis pada umumnya memengaruhi kulit sikut, lutut dan kepala. Jika anda seorang pengidap psoriasis sebaiknya hindari kebiasaan menghisap rokok dan meminum alkohol. Mengapa? Sebab keduanya terbukti menjadi pemicu terbesar dari terbentuknya penyakit kulit satu ini.

Lantas apa yang menyebabkan rokok dan alkohol begitu buruk untuk penderita Psoriasis?  Supaya anda tidak bingung sendirian, lebih baik yuk ikuti ulasan dibawah ini mengenai rokok dan alkohol sebagai penyebab Psoriasis ↵


Rokok Dan Alkohol Sebagai Penyebab Psoriasis


Rokok Dan Alkohol Sebagai Penyebab Psoriasis

Rokok dan Psioriasis

Mungkin kamu masih belum paham dan bertanya-tanya, apa kaitan rokok dengan Psoriasis? Perlu diketahui, menurut Dr. Naldi dan beberapa penelitian lainnya baru-baru ini mengungkapkan bahwa “rokok dapat memengaruhi penyakit psoriasis dengan cara seberapa banyak kita menghisap rokok setiap harinya”.

Ini artinya, rokok dapat meningkatkan risiko 2 kali lipat lebih parah bagi para pengidap Psoriasis. Itu sebabnya mengapa penderita penyakit kulit satu ini tidak diperbolehkan menghisap rokok ataupun mengkonsumsi alkohol. 

Lebih miris, dibandingkan pria ternyata wanita lebih banyak terinfeksi penyakit ini. Bahkan seorang ahli kesehatan pernah mengungkapkan bahwasannya perempuan yang merokok sebanyak 20 batang perhari memiliki risiko 2,5% lebih besar, sedangkan pria 1,7% dari tingkat perokok.

Hal-hal yang perlu di ketahui dari rokok dan Psoriasis
  • Rokok mengandung lebih dari 4000 zat kimia dan 70 diantaranya dapat menyebabkan kanker. Salah satu bahan utama rokok yaitu nikotin terbukti dapat memengaruhi kesehatan kulit dan kekebalan tubuh. Dengan kata lain nikotin mampu meningkatkan pertumbuhan sel kulit, bahkan berpotensi meningkatkan kanker kulit.
  • Rokok bisa mengurangi tingkat kelembapan pada kulit dan membuatnya kering, gatal sehingga menimbulkan penyakit Psoriasis. Sebuah studi di Israel menemukan bahwa seorang wanita perokok aktif memiliki kelembapan kulit yang sangat rendah dibandingkan dengan mereka yang bukan perokok.
  • Rokok dapat mempercepat produksi radikal bebas yang menyebabkan penuaan dini dan terbentuknya keriput. Tak hanya berpotensi menimbulkan penyakit, ribuan bahan kimia dalam tembakau juga bisa menimbulkan kerusakan oksidatif pada sel-sel kulit anda.
Alkohol dan Psioriasis

Jika sebelumnya, wanita lebih berisiko menderita Psoriasis akibat rokok. Maka kali ini sebaliknya, pria lebih rentan terserang psoriasis akibat terlalu sering mengkonsumsi alkohol. Bahkan jika dijadikan kebiasaan, kondisi ini akan semakin memperburuk keadaan si penderita.

Tahukah kamu? Sebuah penelitian telah membuktikan bahwa pria yang mengkonsumsi alkohol lebih rentan terserang psoriasis dibandingkan dengan mereka yang tidak merokok. Selain itu, alkohol juga memiliki efek samping berbahaya bila dikombinasikan dengan obat psoriasis tertentu seperti methotrexate atau acitretin.

Hal-hal yang harus di ketahui dari Alkohol dan Psoriasis
  1. Alkohol menyebabkan kulit kering dan kasar. Tanda dan gejala paling mudah dikenali dari Psoriasis adalah hilangnya kelembapan pada kulit sehingga berubah menjadi sangat kering. Dan jika kamu selalu mengkonsumsi alkohol, maka ini akan semakin memperburuk kondisi karena kulit akan semakin mengering, kasar, bersisik seperti ikan. 
  2. Alkohol tidak bisa bercampur dengan obat-obatan prosiasis. Ini artinya, jika anda mengidap psoriasis kemudian sering konsumsi alkohol, maka sampai kapanpun tidak akan mendapatkan perubahan terbaik. Mengapa? Karena hampir semua kandungan dalam alkohol tidak bisa berteman baik dengan obat psoriasis. 
  3. Minum alkohol menyebabkan kekurangan gizi pada tubuh. Berbagai vitamin B (Vitamin B1, B2, B3, B6, B12, dan asam folat) akan habis oleh alkohol. Selain itu, alkohol juga dapat memperburuk penyerapan berbagai mineral (seng, kalsium, magnesium, asam lemak Omega 3 dan banyak lagi) dan vitamin (vitamin C, vitamin A) dari makanan yang kita nikmati. 

Kenapa bisa demikian? Sebab tubuh tidak bisa lagi memberikan kinerja yang baik karena kandungan dalam alkohol sudah menghambat semuanya. Artinya, tubuh membutuhkan nutrisi penting supaya pertumbuhan dan metabolisme kembali optimal. Kekurangan nutrisi tersebut pada akhirnya akan menurunkan sistem imunitas tubuh dan membuat anda rentan terserang penyakit asing termasuk psoriasis.

Nah itulah penjelasan mengenai rokok dan alkohol sebagai penyebab psoriasis yang bisa kamu ketahui. Sudah jelas kalau rokok dan alkohol tidak baik bagi tubuh begitupun penderita psoriasis. Pilihan sehat yang bisa kamu lakukan sekarang adalah berhenti melakukan dua kebiasaan buruk tersebut. 

Dengan mengubah gaya hidup maka dipastikan anda bisa mendapatkan perubahan signifikan dari penyakit yang diderita. Anda juga harus mulai konsentrasi untuk melakukan olahraga karena berdasarkan sebuah penelitian, olahraga bisa mengurangi gejala psoriasis.

Sma halnya yang tidak lebih penting adalah memilih makanan sehat termasuk buah dan sayuran. Delapan gelas air perhari dan membuang semua kegiatan yang berpotensi  membahayakan kondisi anda adalah sesuatu yang baik untuk diutamakan.

Posted By : Tokoacep.info

Tulisan ini dipublikasikan di Penyakit Kulit dan tag , , , , , , , , . Tandai permalink.