Tips Menghilangkan Jerawat Batu Dan Mencerahkan Kulit

Tips Menghilangkan Jerawat Batu Dan Mencerahkan Kulit,- Kulit merupakan salah satu bagian tubuh yang berfungsi melindungi diri dari berbagai gangguan. Kulit juga berguna sebagai alat sekresi karena mengandung kelenjar keringat di dalamnya. Dalam ilmu medis, kulit telah dikaitkan sebagai salah satu pengatur dan penyeimbang suhu tubuh, alat peraba dan sebagai tempat memproduksi Vitamin D.

Tips Menghilangkan Jerawat Batu Dan Mencerahkan Kulit

Dalam kulit terdapat 3 jaringan penyusun diantaranya :
  • Epidersmis. Lapisan epidermis berfungsi melindungi kulit dari bahaya cahaya sinar ultra violet, memberikan pigmen kulit, serta meregenerasi sel kulit yang sudah rusak.
  • Dermis. Dalam dermis terdapat pembuluh darah, akar rambut, ujung saraf, kelenjar keringat dan kelenjar minyak.
  • Hipodermis. Bermanfaat sebagai tempat penyimpanan lemak dan berfungsi sebagai penahan panas tubuh dan melindungi kulit dari benturan.

Dari ketiga lapisan kulit di atas, kulit wajah merupakan bagian paling sensitif dan rentan karena tingkat ketebalannya jauh lebih tipis daripada kulit pada bagian tubuh lainnya. Itulah alasannya kenapa perempuan sering menggunakan pelembap untuk wajah supaya tidak terpapar sinar matahari langsung. Meski efektif, tapi kamu tetap harus waspada karena kosmetik juga bisa menjadi penyebab munculnya masalah pada kulit wajah hingga akhirnya menimbulkan jerawat, bintik kemerahan dan peradangan.

Jika sudah seperti itu, apa yang dapat dilakukan? Pertama. Kamu harus berhenti menggunakan kosmetik, kedua penuhi asupan nutrisi dengan baik dan yang ketiga, jangan terlalu lama berada dibawah teriknya matahari meski kamu sudah menggunakan tabir surya karena bagaimana pun paparan sinar UV yang terlalu lama dapat merusak kulit dan menyebabkan kulit panas terbakar. Jika semua cara tersebut sudah dilakukan namun belum ada perubahan, mungkin cara dibawah ini akan berguna bagi anda.


Tips Menghilangkan Jerawat Batu Dan Mencerahkan Kulit


  • Makan tomat. Tomat kaya akan kandungan vitamin E, ini penting untuk tubuh karena bisa mengurangi peradangan akibat jerawat batu. Selain itu tomat juga berkhasiat untuk menghilangkan flek hitam dan mencerahkan kulit. Makan 1-2 buah tomat secara rutin atau bisa juga digunakan sebagai masker dengan cara di blender.
  • Gunakan jeruk nipis. Dalam jeruk nipis terdapat kandungan antibakteri, anti-inflamasi dan antibiotik alami yang sangat efektif untuk menghilangkan jerawat batu. Meski pemakaian jeruk nipis dapat menyebabkan sensasi perih namun hal tersebut tidak terlalu berbahaya karena itu adalah proses dari penyerapan air jeruk ke dalam pori-pori.
  • Mengkudu. Buah yang satu ini memang pahit, namun dibalik itu semua ternyata buah mengkudu berkhasiat untuk melancarkan aliran darah dan membuang darah kotor di wajah, dimana hal tersebut merupakan penyebab dari munculnya jerawat.
  • Putih telur. Protein dalam putih telur bermanfaat mengatasi penyumbatan kotoran para pori-pori dan membuat kulit lebih kencang. Anda bisa menggunakan putih telur dengan cara dimaskerkan ke wajah kemudian bilas apabila sudah mengering.
  • Kentang. dalam kentang terkandung suatu zat yang bernama “alkali” yang dapat bermanfaat untuk membersihkan kelenjar minyak yang menyumbat pori-pori kulit. paurtlah kelapa dan kemudian oleskan ekstraknya ke wajah anda.

Banyak hal yang harus kita hindari agar kulit wajah kita tetap bersih dan bercahaya, pemilihan makanan yang tepat dan minum air 1 liter sehari bisa sangat membantu untuk pencegahan.

Tulisan ini dipublikasikan di Penyakit Kulit dan tag . Tandai permalink.